-->

Cara Setting DVR Hikvision Ke Komputer dengan Mudah

Cara Setting DVR Hikvision Ke Komputer

Cara Setting DVR Hikvision Ke Komputer - CCTV adalah perangkat yang punya peran besar dalam menjaga keamanan rumah, toko atau tempat-tempat lainnya. Salah satu merk CCTV yang banyak digunakan adalah DVR Hikvision. CCTV ini fleksibel, bisa kita setting menggunakan banyak perangkat. Berikut akan dijelaskan bagaimana cara setting DVR Hikvision ke komputer dan smartphone. 


Sebagai pemilik rumah atau tempat usaha, rasanya tidak tenang meninggalkannya begitu saja. Ada banyak resiko dan ancaman yang datang dari lingkungan. Ini memicu perasaan was-was apabila kita hendak bepergian dalam waktu lama.


Supaya keamanan tetap terjaga, CCTV solusi yang tepat. Meskipun alat ini tidak menjamin toko atau rumah aman dari maling, setidaknya ia mampu melakukan pemantauan secara real time 24 jam.


DVR Hikvision dilengkapi dengan fitur-fitur canggih, sehingga monitor tidak hanya menggunakan komputer dekstop saja. CCTV ini sangat fleksibel dalam hal pemantuan, karena terhubung ke jaringan internet dan bisa kita akses melalui smartphone. 


Supaya bisa terhubung ke smartphone, ada beberapa setting yang harus dilakukan. Lebih jelasnya mari kita simak cara setting DVR Hikvision ke komputer dan smartphone berikut ini.

Bagaimana Cara Setting DVR Hikvision Ke Komputer? Simak Tutorialnya Berikut Ini!

Ada beberapa cara setting DVR Hikvision ke komputer, bisa menggunakan software bawaan, browser dan juga aplikasi pada smartphone. Langsung saja, mari kita bahas satu persatu.

1. Setting DVR Hikvison Menggunakan Software IVMS 4200

Pilihan pertama, kita bisa menggunakan software IVMS 4200. Ini adalah software yang memang khusus untuk monitoring kamera CCTV pada komputer. Langkah awal, silahkan unduh dan install IVMS 4200 terlebih dahulu.


Supaya proses pengunduhan tidak memakan waktu lama, pastikan koneksi internet stabil. Kemudian, install seperti biasanya. Setelah selesai dengan persiapan aplikasi mari kita lanjutkan ke proses setting atau konfigurasinya.


Buka aplikasi IVMS 4200. Pada tampilan utama, Anda akan melihat banyak menu seperti control panel pada komputer biasanya, silahkan pilih Device Management. Ada beberapa menu dalam Device Management, silahkan klik Add New Device Type, lalu pilih Hik-Connect Device.


Pada bagian ini, Anda harus register akun Hik-Connect terlebih dahulu karena untuk menautkan perangkat baru, pengguna harus login terlebih dahulu. Klik login, masukkan username dan password yang Anda miliki. 


Apabila proses login ini berhasil, software akan menampilkan daftar device yang terhubung. Setelah tampilan ini muncul, klik Group. 


Tampilan Group adalah tempat dimana kita bisa menambahkan device baru untuk DVR Hikvision. Perhatikan bagian kiri pada tampilan Group, pilih import atau tombol (+). Tambahkan nama group sesuka hati, kemudian klik Import All dan tunggu beberapa saat.


Jika sudah selesai, keluar dari tampilan import dan kembali ke Control Panel halaman awal tadi, pilih Main View untuk menampilkan kamera. Silahkan klik dan drag nama group yang sudah Anda buat tadi, arahkan ke Main View dan tunggu beberapa saat.


Apabila Main View sudah menampilkan kamera, tandanya cara setting DVR Hikvision ke komputer menggunakan software IVMS 4200 ini berhasil.

2. Cara Setting DVR Hikvision Menggunakan Browser

Apabila tidak memungkinkan untuk mengunduh dan menginstall software, Anda tetap bisa melakukan konfigurasi DVR Hikvision menggunakan browser. Bagaimana caranya? Mari kita simak bersama-sama.

Setting Modem

Daripada cara pertama, setting DVR Hikvison menggunakan browser akan lebih rumit. Ada dua konfigurasi yang perlu Anda lakukan, pertama konfigurasi modem barulah DVR Hikvisio -nya sendiri. 


Sebelum itu, pastikan Anda menggunakan browser Internet Explorer, karena plug in DVR Hikvision kompatibel dengan browser ini daripada yang lain, seperti Chrome atau Mozilla. 


Langkah awal setting modem adalah menghilangkan tanda checklist pada DHCP pengaturan networdk DVR supaya IP tidak berubah. Kemudian, silahkan buka settingan modem dengan cara melakukan pemanggilan IP gateway.


Silahkan masukkan alamat IP dengan benar, kemudian tekan enter. Anda akan diminta login terlebih dahulu. Silahkan login menggunakan username dan password masing-masing. Tugas Anda setelah berhasil login adalah menambahkan IP DVR supaya bisa melakukan setting lebih lanjut. 

Setting DVR Hikvision

Selesai dengan setting modem, mari kita lanjutkan menyimak cara setting DVR Hikvision ke komputer melalui browser berikut ini. Silahkan buka website Hik-Connect, login menggunakan akun masing-masing.


Pada tahap ini, Anda harus mengunduh plug in DVR terlebih dahulu. Unduh plug in nya terlebih dahulu, kemudian install. Apabila sudah selesai silahkan refresh halaman website Hk-Connect.


Apabila plug in berhasil terinstall, maka akan tampil tombol play. Klik tombol tersebut untuk menampilkan kamera. 


Demikianlah dua cara setting DVR Hikvision ke komputer. Kedua cara ini mekanisme kerjanya tidak jauh berbeda. Anda bebas ingin menggunakan cara yang mana. Semoga informasi ini membantu dalam menyelesaikan permasalahan Anda ya!