-->

Bagaimana Cara Menghitung Kalori Makanan Online? Simak Informasinya, Yuk!

Cara Menghitung Kalori Makanan Online

Cara Menghitung Kalori Makanan Online - Memilih makanan yang tepat adalah faktor paling berpengaruh terhadap suksesnya program diet seseorang. Memilih makanan bukan berdasarkan rasa atau jenisnya saja, tetapi memperhatikan jumlah kalorinya. Menghitung kalori jadi persoalan rumit, karenanya kita membutuhkan aplikasi menghitung kalori makanan online.


Aplikasi ini bisa kita gunakan dengan mudah, dan hasil perhitungannya juga akurat. Namun sebelum itu, kita perlu tahu dulu apa sebenarnya fungsi kalori bagi tubuh manusia. Kalori adalah energi yang terdapat dalam makanan atau minuman yang kita konsumsi.


Tiap-tiap makanan punya kandungan kalori yang beragam. Konsumsi kalori yang cukup penting untuk menunjang fungsi tubuh, seperti bernafas, berfikir dan menjalankan aktivitas biasanya. Bagaimana kalau tubuh kekurangan asupan kalori?


Dampak yang paling terasa, tubuh kehilangan tenaga untuk melakukan berbagai aktivitas, lemah dan tidak berdaya. Asupan kalori yang berlebihan juga tidak baik untuk tubuh, karena berubah menjadi lemak jahat sebagai pemicu datangnya berbagai penyakit.


Berat badan tidak ideal juga dipengaruhi oleh jumlah kalori yang berlebih pada tubuh. Inilah kenapa kita harus menghitung jumlah kalori supaya program diet berjalan dengan sukses. Tapi bagaimana cara menghitung kalori makanan? Mari kita simak informasi lengkapnya berikut ini!

Panduan Menghitung Kalori Makanan Online dengan Aplikasi Mobile

Menghitung kalori makanan bisa kita lakukan dengan cara yang sederhana. Pertama, coba kalikan berat badan Anda saat ini dengan angka 15. Angka ini adalah perkiraan jumlah kalori untuk mempertahankan berat badan saat ini apabila Anda tergolong aktif dalam beraktivitas. 


Ukuran cukup aktif disini, Anda melakukan 30 menit aktivitas fisik dalam waktu 24 jam. Baik itu naik turun tangga, berjalan atau olahraga rutin. Supaya lebih mudah memahaminya, mari kita simak contoh berikut ini.


Seorang wanita memiliki berat badan 70 kilogram, tingginya hanya 150 sentimeter saja. Supaya wanita ini bisa mendapatkan berat badan ideal, ia harus diet dan mengurangi 6,8 kilogram lagi. Untuk menghitung jumlah kalori, kalikan 70 dengan angka 15. Berapa hasilnya?


Hasil itu adalah perkiraan konsumsi kalori untuk wanita tersebut dalam setiap harinya. Sederhana saja bukan? Namun, perhitungan manual ini hanya memberitahu berapa jumlah kalori yang perlu kita konsumsi.


Lantas bagaimana cara menghitung kalori untuk setiap jenis makanan? Disini, kita butuh aplikasi menghitung kalori makanan online. Kami telah menyiapkan beberapa rekomendasi aplikasi hitung kalori makanan yang bisa Anda jajal. 

1. MyFitnessPal

Aplikasi penghitung kalori paling populer saat ini adalah MyFitnessPal. Aplikasi ini bisa membantu Anda menghitung jumlah kalori pada berbagai jenis makanan, karena memiliki database terbesar untuk ukuran aplikasi serupa. 


Tak sekedar menghitung kalori saja, MyFitnessPal menjadi personal trainer program diet yang Anda kerjakan. Aplikasi ini memiliki kemampuan riset resep makanan sehat, sekaligus menghitung jumlah kalorinya.


Jadi, Anda hanya perlu mengikuti saran dari aplikasi tersebut untuk menjalankan program diet. Sangat membantu bukan?

2. Lose It!

Aplikasi menghitung kalori makanan online satu ini tak kalah unik dari MyFitnessPal. Lose It dapat menemani aktivitas Anda seperti jurnal. Anda bisa menuliskan makanan apa saja yang sudah Anda konsumsi dalam satu hari.


Lose It akan membantu menghitung jumlah kalorinya. Sehingga Anda bisa memantau asupan kalori pada tubuh dengan cara seperti ini. Untuk menjaga pola hidup sehat, Anda harus mengisi jurnal Lose It setiap harinya. Aplikasi ini akan memberikan notifikasi peringatan ketika Anda lupa untuk mengisinya. 

3. FatSecret

Tak kalah menarik dari dua sebelumnya, FatSecret adalah aplikasi menghitung kalori yang bisa Anda nikmati secara gratis. Ada banyak sekali fitur yang tersedia, seperti informasi nutrisi setiap makanan, serta resep makanan sehat untuk program diet. 


Aplikasi ini tersedia dalam bahasa Indonesia, dan bisa Anda unduh melalui Google Play Store untuk penggua android, atau Apple App Stroe untuk pengguna iOS. 

4. Cronomoter

Rekomendasi aplikasi hitung kalori makanan selanjutnya adalah Cronomoter. Aplikasi ini populer karena sifatnya yang fleksibel. Cronomoter akan menyesuaikan kebutuhan kalori sesuai dengan penggunanya. Misalkan saja pada ibu hamil atau menyusui.


Selain itu, Cronomoter juga memberikan nasihat kalori sesuai dengan program diet yang Anda lakukan. Cukup berikan informasi detail tentang program diet atau kondisi Anda saat ini, lalu biarkan Cronomoter memberikan saran terbaiknya.


Sayangnya, aplikasi ini tidak bisa Anda nikmati secara gratis. Ada biaya berlanggangan untuk menikmati seluruh fitur yang tersedia. 

5. SparkPeople

Berbeda dengan aplikasi sebelumnya, SparkPeople adalah komunitas untuk memberikan dukungan hidup sehat dengan menjaga pola makan. Aplikasi ini dilengkapi dengan artikel-artikel dari pakar ahli.


Tak cuma mengukur jumlah kalori, Anda juga bisa belajar banyak dari orang lain yang juga sedang menjaga pola makanan sehat. Diet sendirian akan terasa berat, sehingga Anda butuh lingkungan suportif untuk hal ini.SparkPeople adalah aplikasi menghitung kalori makanan online yang bisa Anda jadikan solusi. 


Demikianlah beberapa rekomendasi aplikasi menghitung kalori makanan online yang bisa Anda unduh dan install di smartphone masing-masing.