-->

Cara Membuat Kamera HP Menjadi CCTV Menggunakan Bluetooth


Cara Membuat Kamera HP Menjadi CCTV Menggunakan Bluetooth - Pemakaian CCTV di rumah terbilang penting, karena kemampuannya dalam melakukan pemantuan sangat kita butuhkan. Namun, harga alat ini lumayan mahal sehingga banyak orang enggan membelinya. Persoalan ini bisa Anda atasi dengan mudah, lho! Dengan cara membuat kamera HP menjadi CCTV menggunakan bluetooth.


Kalau punya dua HP, atau HP bekas yang sudah tidak terpakai, jangan dibiarkan begitu saja. Mari manfaatkan untuk sesuatu yang bermanfaat, misalkan saja kamera CCTV. Kemampuannya dalam memantau ruangan memang tidak maksimal seperti CCTV umumnya.


Namun, HP bisa jadi alternatif yang patut diperhitungkan. Untuk ukuran ruangan yang tidak terlalu besar, seperti kamar tidur atau ruang kerja, kinerja HP sebagai CCTV sangat lumayan dan terbilang efektif. 


HP yang sudah usang sering kali kita abaikan begitu saja. Dengan alasan kinerjanya tidak lagi mampu memenuhi kebutuhan, sehingga perlu ganti HP yang punya spesifikasi lebih tinggi. Daripada terus usang dan menjadi sampah begitu saja, ada baiknya kita manfaatkan sebagai kamera pengawas. Kalau dijual pun, harganya anjlok drastis kan? 


Ada banyak sekali komponen pada ponsel genggam yang bisa kita manfaatkan atau daur ulang. Contoh mudahnya adalah kamera. Ini akan menjadi solusi hemat apabila tidak mau membeli CCTV dengan harga mahal.


Untuk mengubah kamera HP menjadi CCTV, kita bisa memanfaatkan teknologi bluetooth, dan aplikasi tambahan. Lantas bagaimana langkah-langkahnya? Langsung saja kita simak panduan lengkap berikut ini!


Dua Cara Membuat Kamera HP Menjadi CCTV Menggunakan Bluetooth

Mahalnya harga CCTV selalu menjadi alasan orang-orang enggan memasang alat ini. Padahal CCTV punya peran penting untuk memastikan lingkungan tetap aman. Ketika terjadi kemalingan atau tindak kriminal, pelaku akan terekam kamera.


Rekaman tersebut bisa menjadi bukti pendukung ke jalur hukum. Supaya tetap aman tetapi tidak keluar modal banyak, Anda bisa menyiasatinya dengan cara membuat kamera HP menjadi CCTV menggunakan bluetooth.


Meskipun kamera HP, kemampuannya tidak bisa Anda sepelekan begitu saja. Kinerja nya tidak sebaik CCTV pada umumnya, salah satunya adalah tidak mampu rotasi 360 derajat. Sehingga cara ini tidak cocok untuk mengawasi area yang luas.


Untuk membuat HP menjadi CCTV menggunakan bluetooth, kita membutuhkan aplikasi tambahan. Langsung saja, mari kita simak langkah-langkahnya!


1. Membuat Kamera HP Menjadi CCTV dengan IP Webcam

IP Webcam adalah aplikasi populer untuk merubah kamera HP menjadi CCTV. Aplikasi ini punya kemampuan merekam dengan baik, bukan cuma gerakan tetapi juga suara. Supaya aplikasi ini bekerja maksimal sebagai kamera pengawas, Anda membutuhkan HP sebagai kamera, dan perangkat lain sebagai monitor.


Pastikan juga, HP yang akan digunakan sebagai kamera terhubung dengan jaringan internet, ya! Kalau sudah, langsung saja kita simak panduannya berikut ini.


Unduh dan install IP Webcam terlebih dahulu. Kemudian, jalankan dan atur resolusi video untuk merekam. Jika sudah selesai dengan pengaturan dasar, cari tombol Start Server untuk memulai.


Supaya bisa terhubung ke perangkat monitor, Anda harus memasukkan IP Address terlebih dahulu. Caranya, buka browser lalu masukkan alamat IP yang Anda miliki. Setelah memastikan alamat IP berhasil menghubungkan perangkat satu sama lain, silahkan letakkan HP ke tempat yang strategis.


Posisikan HP di tempat yang ingin Anda pantau. Misalkan kamar tidur, ruang tamu, teras atau ruang kerja. Karena menggunakan kamera HP, tentunya jangkauannya terbatas, sehingga posisinya benar-benar perlu Anda perhitungkan. 


2. Membuat Kamera HP Menjadi CCTV dengan Alfred Home Security Camera

Cara membuat kamera HP menjadi CCTV menggunakan bluetooth juga bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan aplikasi Alfred Home Security Camera. Serupa dengan IP Webcam, aplikasi ini juga menyediakan layanan untuk pemantauan secara real time. 


Kerennya lagi, aplikasi ini support untuk pengguna android dan iOS. Untuk cara penggunaannya, mari simak panduan berikut.


Unduh dan install aplikasi Alfred Home Security Camera terlebih dahulu. Aplikasi ini bisa Anda dapatkan gratis melalui Play Store ataupun App Store. Jalankan aplikasi ini pada HP yang akan di alih fungsikan menjadi kamera pengawas.


Klik start untuk memulai. Kemudian cari dan pilih menu Viewer dan klik next. Ada permintaan untuk login terlebih dahulu. Gunakan akun google Anda masing-masing. Soal keamanan Anda tak perlu risau, sebab Alfred Home Security mengaturnya dengan sangat baik.


Lakukan cara yang sama dengan HP yang Anda gunakan untuk monitoring. Jika sudah, atur tampilan dan resolusi video sesuai keinginan. Kemudian atur dimana posisi HP sebagai CCTV. Mudah kan?


Itulah tadi dua panduan bagaimana memanfaatkan HP bekas menjadi kamera CCTV. Selain IP Webcam dan Alfred Home Security Camera, ada banyak pilihan aplikasi lainnya yang bisa merubah HP Anda menjadi kamera pengawas.


Demikianlah informasi tentang cara membuat kamera HP menjadi CCTV menggunakan bluetooth. Semoga membantu, ya!