-->

Cara membuat konsentrat sapi sederhana Gampang

Cara membuat konsentrat sapi sederhana secara gampang dilakukakan, tentunya harga konsentrat sapi gemuk akan terarah untuk peternak yang mencari cara membuat konsentrat kambing atau sapi .


Untuk membuat formula konsentrat sapi potong maka anda tak perlu jauh jauh ke toko untuk beli konsentrat dari pabrik dan yang lebih bernilai anda tak perlu keluarkan uang banyak untuk membelinya ke penjual konsentrat sapi.Pasti membahagiakan bukan, jika kita mempunyai sapi sapi yang gendut, berkualitas, dan sehat.


Konsentrat sapi potong ternak sapi limosin yang berkualitas sudah tentu mempunyai nilai jual yang tinggi, namun dibalik itu anda pun perlu memberikan pakan yang berkualitas juga. Langkah menggemukan sapi limosin dapat dengan membuat konsentrat yang betul.


Konsentrat

Kebutuhan pakan sapi potong per hari sebutlah saja konsentrat, konsentrat ialah pakan tambahan sapi yang berperan untuk penggemukan ternak anda.


Cara membuat konsentrat diberi nama pakan berkualitas, karena konsentrat ini mempunyai kandungan karbohidrat dan protein yang tinggi hingga ternak sapi anda dapat cepat gendut dan tentu saja akan hasilkan daging yang bagus. Namun, untuk beli konsentrat anda pun perlu keluarkan dana yang tidak sedikit.


Nach, komposisi pakan ternak sapi untuk jalan keluar dari persoalan ini ialah dengan anda membuat konsentrat simpel dan pada harga yang murah, pastinya. Pada artikel ini, saya akan membagi pengetahuan mengenai cara membuat konsentrat simpel dengan mudah bisa juga konsentrat untuk sapi menyusui. Berikut keterangannya.


Cara Membuat Konsentrat Sapi Sederhana


Formulasi pakan sapi penggemukan tentu benar-benar membahagiakan bukan, bila anda memil-ki sapi yang gendut dan sehat. Karena, bila anda mempunyai sapi yang sehat dan gendut karena itu harga pemasaran sapi anda semakin lebih banyak. Nach, agar ternak anda dapat gendut secara cepat, karena itu anda pantas coba racikan konsentrat ini.


Cara membuat konsentrat kambing atau sapi pedaging memberikan racikan konsentrat ini telah bisa dibuktikan bisa menambahkan berat tubuh ternak sekitar 1,2 kg setiap hari, dan yang terpenting ialah material dasarnya harga terjangkau. Untuk bahan yang diperlukan dan langkah atau proses pembikinannya dijadikan bahan untuk membuat komboran sapi di bawah ini.


Pertama tama ialah tentukan kandungan nutrisi yang ada di ekstrak. Kandungan nutrisi yang bagus untuk konsentrat yakni :


  • Kandungan air optimal 12%
  • Protein kasar optimal 12%
  • Lemak kasar optimal 6%
  • SK optimal 12-17
  • Abu optimal 64%

Ke-2 penetapan formulasi ekstrak. Bahan penyusun konsentrat mempunyai banyak macam, cara membuat konsentrat sapi sendiri tetapi yang paling penting ialah kesetimbangan gizi, nilai nutrisi, tersedianya harga, dan bahan.


Selainnya harus penuhi keperluan gizi, kita harus juga menimbang ongkos yang hendak dikeluarkan. Karena itu harga harus murah, oleh karena itu seharusnya kita memakai bahan pakan lokal yang ada disekitaran kita.


Alat - Alat :

Persiapkan tempat atau bangunan untuk simpan hasil pembikinan dan proses pembikinan konsentrat, seperti gudang.

Dan alat peralatan untuk proses pembikinan konsentrat :

  • Tempat pembikinan.
  • Sarung tangan.
  • sekop.
  • Timbangan.
  • terpal, sebagai alas.
  • karung, sebagai tempat hasil pembikinan ekstrak.


Bahan-Bahan :

  • Dedak.
  • Ampas Tahu.
  • Jagung.
  • Kapur.
  • Singkong.
  • Urea.
  • Mineral.
  • Garam.
  • Kulit Kopi.


Berikut contoh perbandingannya :


Nama Bahan :


  • Keperluan Dedak = 50
  • Ampas Tahu = 14
  • Jagung = 10
  • Kapur = 0,5
  • Singkong = 18
  • Urea = 1
  • Mineral = 1
  • Garam = 0,5
  • Kulit Kopi = 5
  • Keseluruhan =100 %
  • PK = 12,2 %
  • TDN = 68,6 %


Cara Membuat Konsentrat Sapi Sederhana :

Pada proses pencampuran ini, anda harus betul-betul memerhatikannya. Karena bila anda sampai melewati satu cara saja, bisa saja kelak hasilnya akan berlainan dengan rincian ini. Berikut cara pencampurannya :


1 Timbang bahan pakan yang di butuhkan sesuai formulasi perbandingan.

2 Sesudah usai penimbangan kerjakan, giling seluruh bahan memakai mesin pencacah rumput jadi lembut terkecuali garam, urea, dan mineral , kemudian kerjakan pencampuran awalnya bahan bahan dengan jumlah sedikit.

3 Atur bahan dengan ditumpuk mementuk pyramid berbahan yang banyaknya terbanyak ditumpuk lebih dulu, lalu di turuti bahan bahan yang banyaknya sedikit.

4 Kerjakan hal itu secara berurut dimulai dari yang terbanyak sampai yang sedikitnya

5 Bila semua sudah tertumpuk, mulai mengeduk bahan barusan dengan memakai sekop secara merata.

6 Pengadukan di kerjakan dengan rata sampai di rasa telah tercampur semua

7 Cara paling akhir ialah pengepakan


Pengepakan atau kemas:

Pengepakan dibutuhkan buat memudahkan penyimpananan dan pemakaian konsentrat, dan agar terbebas dari kerusakan.


Jadi sesudah pembikinan konsentrat usai cepatlah saran konsentrat barusan ke karung dan taruh dalam gudang (upayakan gudang tidak lembab dan perputaran udaranya bagus).


Tipe Pakan Konsentrat Sapi


Konsentrat sendiri terdiri jadi 2 tipe, yakni dari hewan dan tumbuhan. Penuturannya seperti berikut :


A. Konsentrat yang Datang dari Tumbuhan

Untuk sumber energi dan protein untuk hewan ternak. tumbuhan dapat dipakai untuk memenuhi keperluan itu.


Buat memenuhi keperluan energi, dibutuhkan tumbuhan seperti jagung, singkong, kedelai, bekatul, dedak, jagung, putih, jagung kuning, semacamnya dan bungkil.


Dan untuk memenuhi keperluan proteinnya dibutuhkan beberapa tumbuhan seperti, kacang giling, wijen, biji karet, dan kapas.


B. Konsentrat yang Datang dari Hewan

Konsentrat yang dipakai untuk penuhi keperluan energi dan protein ternak bukan hanya datang dari tumbuhan. Tapi bisa juga datang dari hewan seperti tepung ikan, daging dan tulang, kerang, bekicot dan lain-lain untuk mendukung karbohidrat dan protein dalam pakan ekstrak.


Panduan Dalam Pemberian Pakan Konsentrat

Untuk memperoleh hasil optimal pada proses penggemukan sapi karena itu, pemberian pakan konsentrat pada sapi ternak kalian tidak dapat diberi dengan sembarangan. Ada banyak panduan yang sanggup membuat pemberian pakan konsentrat pada sapi ternak supaya makin efektif.


1. Waktu Pemberian Pakan Konsentrat

Sebaiknya jika pemberian pakan konsentrat diberi di saat dua sampai tiga jam saat sebelum pakan hijau diberikan.


Dengan pemberian periode waktu itu, selainnya membuat konsumsi pakan ternak jadi optimal, memberi waktu supaya pakan konsentrat bisa diolah dengan baik.


Pakan penguat atau konsentrat diberi pada sapi potong 2x satu hari yakni saat pagi hari jam 07.00 dan sore hari jam 16.00. Disamping itu, anda dapat memberinya sekitar 3x satu hari, yakni pagi hari jam 07.00, siang hari jam 12.00, dan sore hari jam 16.00.


2. Pemberian Pakan Konsentrat di Campur Dengan Pakan Hijau

Alternative lain pemberian pakan konsentrat selainnya dengan memberikan interval waktu dengan menambahnya dengan pakan hijau.


Ini disarankan kerena selera makan sapi ternak semakin lebih bertambah dengan langkah ini, hingga sapi ternak akan mendapatkan gizi yang cukup buat proses penggemukan.


3. Lihat Berat Sapi

Memerhatikan berat sapi ialah poin utama karenanya demikian kita bisa menghitung keperluan konsumsi konsentrat dengan pas dan cocok. Di sarankankan untuk penggemukan sapi ternak pakan konsentrat diberikan sekitar 2-2,5% dari berat sapi setiap harinya. Karena itu, di anjurkan untuk lakukan pengujian berat tubuh sapi tiap hari.


Itu cara membuat konsentrat sapi potong sederhana, mudah-mudahan bisa menolong anda saat membuat konsentrat sendiri dan menambahkan pengetahuan anda. Sampai jumpa di artikel lain dan selamat mempraktikkan.


search keyword:cara membuat konsentrat sapi,cara membuat konsentrat sapi sederhana,cara membuat konsentrat sapi sendiri,cara membuat konsentrat sapi perah,cara membuat konsentrat sapi dari jerami,cara membuat konsentrat sapi potong,pakan konsentrat kambing,cara membuat konsentrat kambing pedaging,bahan untuk membuat komboran sapi,komposisi konsentrat sapi,konsentrat kambing super,harga konsentrat sapi gemuk a,cara membuat komboran sapi yang baik,cara membuat konsentrat kambing,formula konsentrat sapi potong,harga konsentrat sapi comfeed,kebutuhan pakan sapi potong per hari,cara membuat konsentrat,komposisi pakan ternak sapi,konsentrat untuk sapi menyusui,formulasi pakan sapi penggemukan

Masriko.Com sebuah website sebagai media informasi yang membahas tentang infomasi tutorial terbaru.