-->

Bahan untuk membuat komboran sapi untuk sapi sehat

Bahan untuk membuat komboran sapi katanya Indonesia kaya dengan beragam jenis ternak. Salah satunya hewan ternak yang mempunyai beberapa keuntungan, yakni sapi. Daging sapi yang dibuat untuk penuhi keperluan pangan warga ialah daging sapi potong. Sapi potong meruapakan sapi yang dipiara dengan arah diambil dagingnya.


Fermentasi pakan sapi agar ternak sapi gendut, bukan hanya dengan memercayakan pakan, tetapi juga dengan pemberian vitamin. Di proses penggemukkan sapi potong, pakan memang jadi sisi paling penting karena pakan yang bagus akan percepat proses itu.


Tetapi kadang harga konsentrat sapi gemuk a, pakan jadi permasalahan karena ada beberapa sapi yang pas dengan beberapa macam pakan. Oleh karenanya, peternak harus pintar cari pakan yang pas untuk sapi, khususnya dalam periode obat penggemuk sapi potong.


Cara membuat komboran sapi yang baik yaitu pakan yang mempunyai kandungan nutrisi cukup buat kebutuhan sapi itu. Pakan sebaiknya memiliki kandungan protein, lemak, karbohidrat, mineral, dan vitamin. Disamping itu, pakan perlu pada kondisi baik dan tidak terkontaminasi kotoran atau bibit penyakit yang dapat menghancurkan pakan itu.



Tipe pakan sapi potong


1 Pakan hijau

Pakan hijau baik sekali untuk sapi khususnya pada periode penggemukan. Pakan hijau yang bisa diberi diantaranya tipe rumput, siratro, lamtoro, gamal, dan centro, dan daun lamtoro dan sampah pertanian seperti jerami. Pakan hijau dapat menjadi pakan khusus sapi. Maka pakan harus fresh supaya sapi memperoleh nutrisi yang cukup buat pertumbuhannya.


2 Pakan konsentrat

Cara membuat konsentrat sapi sederhana seperti pakan ekstrak atau pakan penguat, yakni berbentuk pakan olahan seperti dedak padi yang sudah digabungkan bungkil kelapa, tepung garam dapur, dan tulang. Pakan ekstrak ini 70% dedak, 30% bungkil kelapa, 0,5% tepung tulang, dan 1% garam dapur. Formasi olahan itu harus sama sesuai, tidak boleh terlampau banyak. Argumennya, supaya nutrisi sesuai kebutuhan sapi itu.


Cara pemberian pakan untuk sapi potong


Cara fermentasi pakan sapi untuk penggemukan sapi harus ditata sama sesuai sasaran yang diharap. Nach, untuk pelaku bisnis seharusnya memberi pakan hijau semakin banyak daripada olahan ekstrak karena pakan hijau ialah makanan khusus sapi. Saat yang pas dalam pemberian pakan, yakni 3x satu hari pada jam 8 pagi, 12 siang, dan 5 sore.


Formula konsentrat sapi potong untuk beberapa beternak sapi, pemberian pakan adalah hal paling penting. Karena ini benar-benar berkaitan di dalam permasalahan penggemukannya. Banyak peternak pedesaan yang memercayakan pemberian pakan rumput, yang mereka peroleh lewat proses pengaritan.


Tetapi apa kalian tahu pakan sapi fermentasi, jika pada proses penggemukan sapi sekarang ini, beberapa peternak seringkali memercayakan pakan komboran, yang mereka kira lebih baik dan dapat percepat penggemukan sapi tanpa melihat harga konsentrat sapi comfeed.


Dan pakan komboran ini, dibuat dari formasi bahan kosentrat alami, yang tentu saja memiliki kandungan banyak gizi. Nach, berikut ialah resep dan cara membuat komboran sapi yang simpel dan baik.


Cara Membuat Komboran Sapi Simpel


Cara membuat komboran sapi yang baik dari awalnya kami ingin sampaikan, jika ada beberapa bahan yang tidak kalian kenali sebelumnya. Kalian dapat menemui bahan itu pada toko ternak paling dekat.


Resep Membuat Komboran Sapi

Formasi Bahan bahan untuk membuat komboran sapi:

  • Ampas / Kulit Kedelai
  • Bukil Sawit
  • Ampas Ketela
  • Merek Pollard
  • Pelet Khusus Sapi
  • Talentaul / Dedak Padi
  • Molase / Tetes Tebu
  • Garam
  • Air Bersih


Cara Pembikinan :

Pertama. Persiapkan tempat atau baskom memiliki ukuran besar.

Ke-2 . Masukan semua bahan di dalam baskom, terkecuali garam, air, dan molase.

Ke-3 . Aduk semua bahan sampai tercampur rata.

Keempat. Persiapkan tempat kecil berisi air, dan masukan molase seperlunya, lalu aduk.

Kelima. Apabila sudah, campur molase pada bahan komboran, dan aduk sampai tercampur rata.

Keenam. Biarkan komboran sepanjang lebih kurang 10 menit.

Ke-7 . Apabila sudah, tambahkan air bersih dengan ukuran di atas bahan komboran itu.

Ke-8. Dan pakan komboran sapi juga siap untuk diberi


Sebagai salah satunya elemen simpatisan kesuksesan usaha perawatan ternak yang paling penting, ransum pakan harus betul-betul diatur secara betul dan dapat penuhi standard minimum keperluan gizi harian ternak yang hendak dikasih ransum itu. Banyak factor yang perlu jadi perhatian bila ingin membuat ransum sendiri.


Bahan untuk membuat komboran sapi


Untuk peternak di perdesaan yang setiap hari memercayakan hijauan hasil "ngarit", memberi pakan comboran untuk sapi perlu dilaksanakan supaya perubahan sapinya lebih lebih baik dan cepat. Komboran penting diberikan pada sapi, karena banyak nilai nutrisi yang ada didalamnya,itu tentu saja didukung dengan bahan.


Contoh formasi pembikinan comboran:

  • bekatul kasar 10 %
  • Kulit kacang lembut 5 %
  • Tumpi kedelai 10 %
  • Tangkai jagung + buahnya usia 65 hari 50 % potong kecil2x size 2 cm
  • Bactery FML atau Starbio atau EM4
  • Onggok kering 5 %
  • Bungkil sawit 20 %
  • air bersih
  • molases atau tetes tebu murni


Langkah cara membuat komboran sapi sederhana:


Campur air bersih 175 liter dengan molases/tetes murni 25 liter tuang bactery FML 10 liter. Bila memakai selainnya bactery FML jumlahnya bergantung panduan ukuran. Biarkan dalam temperatur kamar sepanjang tiga hari pada keadaan anaerob (kedap udara/tertutup rapat)


Ukur dengan tentu bahan, aduk sampai rata memakai manual atau mixser. Siramkan larutan peragian ke material sampai capai kandungan air 20%. Masukan seluruh bahan yang telah di peragian itu di dalam tempat/tempat dan tutup rapat2x. Janganlah sampai bungkusukan udara. ( dapat memakai drum atau plastik besar ) selanjutnya diamkan dalam temperatur kamar sepanjang 4-7 hari. Material yang telah terfermentasi secara baik akan ber wewangian manis dan wangi, dan siap untuk dikasihkan untuk makanan ternak.


Ketentuan gunakan :

Untuk ternak sapi pedaging upayakan 15-25 kg setiap hari untuk per ekor. (Bergantung berat tubuh sapi ). Pemberian pakan peragian sekitaran 5% - 6% dari berat badan.


Karena jika tidak dilakukan comboran, air minumnya harus adlibitum/tidak terbatas. dipakai langkah ini karena mikroflora di dalam rumen perlu kelembapan hingga ph dan temperatur di dalam rumennya konstan, hingga mereka dapat lakukan 2 kegiatan sekalian:


  • Sederhanakan pakan supaya gampang teresap badan
  • Mengadakan kuktivat/perkembang biakan.
  • Nach bakteri yang mati di dalam rumen juga jadi PST, protein sel tunggal yang hendak diserap di dalam dinding jejolum/usus lembut


Manfaat komboran sapi yang lain:

1. semakin banyak zat gizi yang bisa diuraikan dan diserap (tingkatkan daya

cerna pakan)

2. kotoran tidak bau

3. dengan pakan yang serupa akan dibuat produksi semakin banyak

4. kualitas produksi akan bertambah

5. Kelompok mikroba akan menolong pencernaan pakan pada tubuh ternak,menolong peresapan pakan semakin banyak hingga perkembangan ternak bisa lebih cepat dan produksi bisa bertambah, ADG ( feed convertion ratio ) bertambah akan turun hingga ongkos pakan jadi lebih murah.


Nah itulah cara dan bahan untuk membuat komboran sapi yang bisa kamu pakai untuk menggemukan sapi ternak kamu.


search keyword:cara membuat komboran sapi yang baik,bahan untuk membuat komboran sapi,cara membuat komboran sapi sederhana,cara membuat komboran sapi,fermentasi pakan sapi,harga konsentrat sapi gemuk a,cara membuat komboran sapi yang baik,ternak lembu,cara membuat konsentrat sapi sederhana,cara fermentasi pakan sapi,formula konsentrat sapi potong,pakan sapi fermentasi,harga konsentrat sapi comfeed,komboran sapi

Masriko.Com sebuah website sebagai media informasi yang membahas tentang infomasi tutorial terbaru.