-->

Cara memilih bibit domba yang bagus

cara memilih bibit domba yang bagus - Jika Anda memelihara ternak dengan bibit yang berkualitas baik, karena itu menghasilkan turunan yang baik pula. Untuk mendapatkan turunan domba yang bagus, Anda dapat kerjakan pemilihan, Untuk mendapat turunan yang baik, karenanya tentukan domba betina dan jantan yang terbaik.



Adapun beberapa poin penting menjadi perhatian dalam memilih domba akan untuk digemukkan adalah sebagai berikut :

a. Domba tidak cacat, pada kondisi sehat tanpa terkena penyakit sedikitpun, pergerakan lincah dan bulu-bulunya tidak kusam. Domba yang umurnya masih termasuk muda, tetapi terlihat kurus dapat ditetapkan dengan pertimbangan domba masih bisa mengalami perkembangan besar. usahakan tidak cacat hindari domba dengan kondisi cacat fisik berikut, kaki ada benjolan karena pernah patah tulang, bentuk kuping tidak sempurna, jumlah gigi kurang dan mempunyai wujud tidak normal, kondisi kuku panjang di depan, bulu-bulu mudah rontok jika diambil, mata kotor, testls besar ambing samping, dan keras.

b. Bibit domba yang bagus biasanya bisa disapeh setelah anakan domba berumur 6 sampai 8 bulan atau kurang dari 12 bulan.

Domba anak sudah berumur setahun atau sedang tanggal gigi, biasanya mudah alami stress yang mengakibatkan berat badanya jadi turun, ini akan menyebabkan terganggunya proses penggemukan domba.

Beberapa ciri-ciri domba yang umurnya kurang dari 1 tahun yakni; giginya masih rapit dan tidak ada yang tanggal, domba yang berusia kurang dari 1 tahun biasanya berbobot kurang lebih 20 kg.

c. Bibit domba sehat dan tidak cacat fisik

Domba yang sehat dan tidak cacat memiliki beberapa ciri perform fisik yang baik :

Memiliki bulu-bulu yang kelihatan basah atau kelimis
Kakinya tegak dan besar
Memiliki moncong yang injakl

untuk Syarat fisik Indukan bagus harus memiliki syarat fisik sempurna, tetapkan indukan betina dengan kondisi punggung lurus, memiliki 2 biji putlng, tidak demikian gemuk, kaki lurus sentuh tanah, ambing tidak demikian menggelantung dan tidak keras, dan bulu-bulu lebat dan bersih. Sedang pada pejantan yang perlu menjadi perhatian adalah testls besar, punggung lurus, ukuran kepala
besar, tulang besar dan sempurna, tinggi, telah berumur 1.5-3 bisa tahun, dan mengawini.

d. Tentukan domba yang lepas dari penyakit, tentukan domba yang tidak memiliki cerita majir (mandul), tentukan bibit yang indukannya memiliki kelahiran tinggi dan cepat tumbuh besar. Bagusnya calon indukan yang digunakan sudah berumur 1,5 sampai 2 tahun, tidak cacat, bentuk perut normal, dan memiliki birahi yang tinggi.

e. Watak keindukan, Tetapkan domba betina yang mampu mengasuh dan membesarkan anak, karena pada beberapa kasus ada indukan betina setelah melahirkan tidak mau jaga dan menyusui anaknya, sampai anak domba harus diberi penanganan khusus dengan diberi susu tambahan agar dapat bertahan hidup.

f. Turunan atau genetik, turunan jadi faktor terpenting keempat untuk menjadi perhatian oleh peternak, sifa-sifat genetik induk secara umum akan diturunkan ke anaknya, oleh karenanya lebih diutamakan memilih domba indukan yang dari turunan anak kembar, sampai nanti jika domba yang dari turunan kembar itu jika beranak karena itu
menghasilkan anak yang kembar.

g. Nafsu makan, Baik domba pejantan atau betina tentukan yang memiliki nafsu makan tinggi, tidak gemari pilih- banyak tetapkan, dan minum.

Untuk domba betina pembibitan anda bisa beli pada kondisi sudah hamil atau baru melahirkan anak, ini sering dikerjakan oleh beberapa peternak karena untuk lebih bisa yakinkan betina apa itu bisa hamil atau tidak, terus yakinkan jumlah anak yang dilahirkan.

Cara memilih bibit domba, domba

Cara memilih bibit Indukan domba yang bagus


terkait beberapa ciri-ciri bibit atau akan indukan domba garut yang bagus. jadi ada beberapa hal yang penting kalian saksikan sebelum membeli atau tentukan akan indukan domba garut:

dari segi muka Kenapa muka karena penting saat kita saat kita ingin membeli bibit usahakan si bibit domba
itu harus cantik harus geulis domba kok cantik memang kelihatan ya kelihatanlah Kalian coba Lihatlah domba sekali kali main ke kandang Maka bila yang cantik itu berlainan dari yang lain dari segi muka sama panjang muka panjang lonjong bila iibaratkan itu Sama berikut sama jerapah sama kuda sama kelelawar dijamin bila ada domba yang sama jerapah atau kuda yang mukanya panjang lonjong Insya Allah Mal gagal pasti bagus terus.

dari segi badan jadi badan Sidomba itu harus imbang ya sama sebuah sebenarnya seperti manusia dari rangka caturangga nya harus bagus tulangnya harus besar punggungnya harus lurus Hai ke dapat dangkeng dan nih untuk perut Kadang orang gemari salah dengan Kadang orang malah gemari beli yang besar yang buncit yang perutnya walaupun sebetulnya itu domba cepat tua yang
bagus itu yang antel tidak terlalu buncit tidak terlalu kecil terus tarnonong barangnya itu tidak bokongnya juga harus besar matanya juga harus sinosip dan kelaminnya juga harus luas gede.

ketiga yang penting kalian saksikan itu alurnya jadi skema itu corak-corak Sidomba itu sebenarnya macem-macem ada yang belang sapi Bila bila saya sih cenderung gemari yang bicara sapi dibelah sapi atau di-banned Maka bila Hai semua udah-udah bisa bedain lah dari dari sejak awalnya tonton bila yang cantik Mah kelihatan.

selanjutnya ya bertanduk Benar ada domba betina bertanduk adalah memang pada umumnya yang bertanduk itu jantan tetapi betina ada pula cuman tanduknya tidak sebesar domba jantan.

lalu selanjutnya bulu-bulu dari bulu-bulu kalian harus pilih-memilih usahakan kalau-kalau memilih domba itu yang bulu-bulunya nyutra Lilis balas lah.

selanjutnya harus kalian saksikan itu dari berat atau Kisaran kisaran berat badan Sidomba jadi yang bagus itu di Kisaran antara 35 kilo sampai 60 kg itu untuk bibit yang bagus di bawah itu sebenarnya dibawa itu bukan jelek sih tapi kurang bagus.

Cara memilih bibit domba jantan yang bagus


Adapun pejantan yang ditetapkan seharusnya sudah berumur 1,5 sampai 2 tahun, tidak ada mempunyai tubuh cacat, dan besar.

  • Domba pada kondisi sehat, dan memiliki bentuk tubuh (perawakan) besar
  • Badan lebih panjang
  • Dada dalam lebar
  • Kaki lurus tidak bengkok atau pinjang
  • Tumit tinggi
  • Bulu-bulu bersih dan bercahaya (klimis)
  • Perawakan gagah
  • Lincah dan memiliki nafsu kawin tinggi
  • Buah kemaluannya normal atau tidak cacat
  • Bibit tiba dari turunan kembar.

Cara pilih bibit domba Betina yang bagus


  • Mempunyai tubuh sehat, tidak demikian gemuk dan tidak cacat fisik
  • Memiliki kaki lurus dan kuat
  • Alat kelaminnya normal tidak cacat
  • Memiliki watak yang tenang
  • Ambing buah susunya normal
  • Bulu-bulu bersih dan bercahaya
  • Bibit tiba dari turunan kembar


Cara memilih bibit domba untuk penggemukan


Syarat tentukan bibit domba untuk penggemukan berbeda dengan syarat pemilihan bibit domba untuk penggemukan, Pada domba penggemukan lebih diutamakan beberapa ciri umur dan fisiknya. Supaya makin lanjut berikut pembahasan secara lengkap:

1. Jenis kelamin

Penggemukan domba umumnya selalu menggunakan type kelamin jantan, selain mudah untuk digemukkan umumnya domba jantan yang makin banyak dicari orang untuk digunakan dalam sebuah acara acara, selain itu domba jantan memiliki harga pasar stabil sepanjang tahun.

2. Umur domba

Umumnya pemilihan domba untuk penggemukan disetarakan dengan lamanya proses penggemukan, jika penggemukan hanya jalan sejauh 3-6 bulan karenanya lebih baik tetapkan domba yang sudah tanggal giginya satu (poel) atau yang telah berumur lebih dari setahun. Hindari kerjakan penggemukan pada domba yang baru berusia 8 bulan kebawah karena lebih membutuhkan waktu lama untuk proses pembesaran dan penggemukan.

3. Syarat fisik

Tetapkan domba dengan bentuk sempurna, tidak cacat, bulu-bulu bersih dan tutupi semua badan terhitung perut, dan bulu-bulu tidak rontok, bentuk kepala besar tidak lonjong, kaki dan punggung lurus, dan perut tidak buncit.

4. Karakter domba

Hindari domba dengan watak selalu murung, menyendiri, lemas, dan makannya selalu pilih-memilih. Domba dengan watak terebut umumnya sulit agar bisa gemuk, dan jika dapat gemuk akan memakan waktu lebih lama. Jika saat membeli bibit penggemukan, domba yang anda tetapkan sudah dipertegas sehat dan diprediksikan dapat tumbuh dan gemuk dengan cepat.

tapi setelah 1 bulan perawatan domba yang anda pelihara menunjukkan tanda seperti susah makan, bulu-bulu mudah rontok, dan susah gemuk jika dibandingkan dengan domba lainnya karenanya segeralah jual dan ganti dengan kambing lebih sehat, ini dikerjakan agar saat panen jika kambing anda ditawarkan dengan proses root (bersama) kambing dengan kondisi susah gemuk itu tidak menurunkan harga untuk kambing lainnya.


itulah ulasan Cara memilih bibit domba yang bagus, Untuk memilih domba yang berkualitas bagus, menurut kami repot gampang, karena penilaian tubuh dengan memerhatikannya saja tidak cukup, karena ada kesempatan pada bagian tubuh tertentu ada yang cacat atau tidak penuhi syarat yang tidak dapat dilihat langsung dan harus di raba. Oleh karena itu Anda perlu kerjakan kombinasi antara dengan pemegangan dan penilaian. Dengan cara ini kondisi tubuh domba dapat ditemui keseluruhannya.

Masriko.Com sebuah website sebagai media informasi yang membahas tentang infomasi tutorial terbaru.