Bagaimana Cara Tidur Lebih Nyenyak di Malam Hari?

Masriko.Com -  Halo sobat semua kali ini saya akan membahas sebuah topik tentang Tidur Nyenyak di Malam Hari.

tidur-malam; tidur nyenyak; cara cepat tidur malam; makanan agar tidur nyenyak; cara tidur nyenyak menurut islam; bangun pagi; mimpi; obat tidur; ciri tidur berkualitas; doa agar tidur nyenyak; tidur nyenyak bayi, orang dewasa;

Sobat semua, setiap orang memiliki tingkat kantuk yang berbeda-beda.

Mungkin anda yang sedang menonton sedang menonton di jam 1 pagi.

Lalu teman anda sedang tidur di samping anda, dan anda bilang begini ke teman anda, “kamu kok tidur terus, sih? Tidurnya lama banget..!

Coba lihat saya. Jam 2 tidur, jam 5 sudah bangun lagi. Dan saya sudah tidak mengantuk lagi”.

Mungkin beberapa di antara anda pernah mengalami hal ini, atau sekarang sedang mengalami hal ini.

Apakah menurut anda hal itu baik?

Jadi, sekarang saya akan membahas itu semua di kali ini.

Cara Tidur Nyenyak Pada Malam Hari

Manusia membutuhkan waktu tidur 6 sampai 8 jam.

Ketika anda yang tidur hanya 3 jam dan anda sudah merasa cukup, seharusnya anda berhati-hati.

Bukannya menghina teman anda yang tidur 8 jam ‘mereka itu malas’. Tidak.

Ketika jam tidur anda sudah mulai sedikit, dan anda tidak bisa tidur lagi, itu artinya tubuh anda sudah mulai mengalami penuaan.

Mengapa ?

Di dalam tubuh kita terdapat yang namanya ‘Ritme Sirkadian’ yang mengatur tubuh kita secara  fungsional dari pagi hingga malam selama 24 jam.

Ketika usia kita bertambah tua, ritme ini akan mulai terganggu atau mengalami penurunan secara bertahap.

Jika anda sekarang masih muda dan mengalami hal ini, sebaiknya anda berhati-hati.

Lalu, apa yang harus saya lakukan untuk mengatasi hal ini?

Saya susah tidur di malam hari, di malam hari saya hanya tidur 2 sampai 3 jam, lalu terbangun dan tidak bisa tidur lagi”.

Anda harus melakukan Olahraga. Tetapi sebelumnya, saya akan bercerita dahulu.

Jadi, pada saat sebelum tidur, suhu tubuh anda akan mengalami peningkatan.

Dan puncaknya adalah sebelum anda tidur. Dan ditambah dengan cahaya lampu yang mulai minim.

Jadi bagi anda yang susah tidur di malam hari, sebaiknya lampunya dimatikan. Mengapa?

Pada saat lampu dimatikan atau minim cahaya yang masuk ke dalam retina atau masuk ke dalam  mata anda, otomatis otak anda akan merespon dengan memproduksi hormon melatonin.

Hormon ini akan membantu anda untuk tidur lebih lelap.

Dan ketika tubuh memproduksi hormon ini dengan jumlah yang cukup, maka anda akan mendapatkan yang namanya deep sleep, atau tidur yang nyenyak.

Jadi dengan kita mendapatkan Tidur Yang Berkualitas tubuh akan memproduksi hormon - hormon yang baik sehingga membuat Good Mood kamu di pagi harinya.

Banyak orang yang tidurnya tidak tenang. Karena mungkin yang pertama, sebelum tidur, mereka bermain HP atau menonton televisi.

Jadi, hal ini akan membuat produksi hormon melatonin terganggu.

Selain itu, anda juga bisa melakukan olahraga di sore hari.

Maka temperatur tubuh anda akan lebih tinggi jika dibandingkan dengan anda tidak melakukan aktivitas olahraga.

Dengan demikian, tubuh anda akan memproduksi hormon adenosin yang membuat tubuh anda terasa lebih lelah. Kemudian anda merasa lebih mudah mengantuk.

Akhirnya, hal ini akan membantu proses tidur anda menjadi lebih baik.

Lalu, “saya sudah olahraga. Tetapi, mengapa saya masih sulit tidur?”.

Jawabannya adalah : Mungkin olahraga anda kurang maksimal. Energi anda masih tersisa di malam hari.

Jika anda melakukan olahraga, lakukanlah dengan baik dan dengan benar.

Jika butuh personal trainer atau butuh coach, sebaiknya kalau bisa anda membayar seorang coach  yang mengerti tentang bagaimana olahraga yang baik supaya energi anda benar-benar dipakai saat olahraga, dan di malam hari anda bisa tidur lebih lelap.

Apakah hal ini berlaku juga untuk orang tua? Jawabannya adalah : YA.

Jadi selain anak muda yang susah tidur, orang tua juga dapat melakukan olahraga supaya tidur malamnya lebih baik.

Jadi, jangan hanya mengandalkan obat-obatan. Jika tidak bisa tidur, anda beli obat di apotek.

Yang paling banyak digunakan sekarang adalah CTM. CTM ini digunakan sebagai obat alergi. Tetapi memiliki efek samping mengantuk.

Jadi, banyak orang-orang yang tidak alergi, tetapi susah tidur dan membeli CTM supaya bisa lebih cepat tidur.

Tetapi, hal ini sebenarnya tidak baik. Lebih baik anda melakukan olahraga dan matikan lampu saat anda tidur.

Itu tadi adalah hubungan antara exercise dan bagaimana supaya anda bisa tidur lebih enak, lebih nyenyak, dan lebih cepat.

Dan sebenarnya, ada juga beberapa faktor yang menyebabkan anda susah tidur.

Nha itu tadi hal yang membuat anda susah tidur, Lalu selanjutnya ada orang yang Bangun Tidur, Tiba-Tiba Memar itu kenapa ya ?

Sobat semua, disini ada nggak yang kalau Bangun Tidur, tiba-tiba kulit pahanya memar atau kulit di lengannya memar? Banyak orang Indonesia yang mengatakan bahwa ini karena dicubit setan atau digigit setan.

Apakah hal itu benar?

simak penjelasannya ya..!

penjelasan dari memar tadi karena dicubit setan atau digigit setan, dikenal dengan istilah purpura simplex. Jadi, gejalanya itu seperti memar karena terbentur. Jadi warnanya merah kebiruan.

Kemudian pada umumnya, ini tidak sakit. Jika anda habis terbentur, pasti sakit. Jika anda habis  keseleo, pasti sakit. Tetapi pada kasus seperti ini tidak sakit dan dapat sembuh dengan sendirinya.

Jadi bagi anda yang mengalami hal ini, tidak perlu khawatir. Mengapa bisa terjadi hal demikian? Karena pecahnya pembuluh darah di bawah kulit. Biasanya hal ini dialami oleh mereka yang kelelahan atau kerja sepanjang hari, kecapekan.

Biasanya, esok hari saat bangun tidur terjadi hal demikian. Atau bisa terjadi pada mereka yang pembuluh darahnya rapuh, sehingga mudah pecah. Biasanya karena kekurangan zat-zat gizi, seperti vitamin C.

Jadi saran saya bagi anda yang mengalami hal ini, tidak perlu khawatir. Anda cukup mengkonsumsi  makanan seperti buah dan sayur yang mengandung Vitamin C dan vitamin-vitamin lainnya. Atau jika perlu, anda bisa tambahkan dengan suplemen.

“Lalu, bagaimana Saya ini sudah memar seperti ini bolak-balik, sembuh, kemudian muncul lagi.  Sembuh, kemudian muncul lagi”.

Jika anda sudah mengikuti saran saya tadi, anda sudah konsumsi buah dan sayur, istirahat yang cukup dan masih mengalami hal ini, maka anda harus cek ke dokter anda atau pergi ke Rumah Sakit.

Mungkin yang terjadi pada diri anda adalah karena faktor gangguan pembekuan darah disana. Jadi anda harus cek. Atau coba cek diri anda. Mungkin anda sedang mengkonsumsi obat pengencer darah seperti aspirin.

Jadi bagi mereka yang mengkonsumsi aspirin, biasanya pada orang yang menderita penyakit jantung atau stroke, mereka mengkonsumsi obat pengencer darah. Obat-obatan pengencer darah seperti aspirin ini dapat menimbulkan pendarahan di bawah kulit seperti memar dan bintik-bintik itu tadi.

Nah ada juga yang katanya Ketindihan Setan Saat Tidur.

“ketika saya tidur, badan saya tidak bisa bergerak. Saya susah bernapas, mau bicara pun sulit. Tetapi, saya dalam keadaan sadar. Apakah saya ketindihan setan atau ditindih makhluk aneh-aneh? Jadi,  badan saya rasanya seperti diikat”.

Saya mau bercerita sedikit. Jadi waktu zaman saya sekolah dulu, ketika masih SMA saya dan teman-teman suka pergi berkemah atau camping ke air terjun atau ke pegunungan. Namanya perjalanan jauh, malamnya kita sudah lelah, kemudian tidur.

Pada pagi harinya, saya pernah juga merasakan ‘ketindihan’. Tetapi bukan ketindihan yang sama seperti anda, ketindihan setan. Ternyata, saya ketindihan teman saya sendiri. Dan ketika bangun, saya juga susah bernapas.

Kakinya masih nginjak lantai, bagian punggungnya juga tidak bolong. Dan muka saya penuh dengan coretan. Tetapi bukan itu yang saya maksud ya..

Yang saya maksud disini adalah ‘ketindihan’ itu anda ketika tidur mengalami kelumpuhan atau disebut dengan sleep paralysis. Jadi, tidak ada makhluk ghaib yang menindih anda ataupun tidak ada teman anda yang menindih anda saat anda tidur.

Mungkin orang-orang awam yang tidak mengerti hal ini, mereka mengatakan ini ghaib. Jadi pada saat itu terjadi, mereka akan mencari dukun, mencari orang pintar, lalu disuruh minum air atau mandi kembang 7 rupa dan sebagainya.

Sleep paralysis ini dapat terjadi disebabkan karena tidak selarasnya antara mekanisme otak dan tubuh pada saat anda tidur. Jadi pada saat tidur, mungkin tubuh anda atau otot-otot anda sudah rileks  terlebih dahulu, sedangkan pikiran anda masih tetap sadar. Dan akhirnya, anda mengalami hal-hal itu tadi.

Anda mulai mengalami sulit bernapas, anda tida kbisa bergerak, tidak bisa berbicara, dan biasanya pada beberapa orang muncul rasa takut.

Sleep paralysis ini sendiri dibagi dalam 2 bagian.

Yang pertama adalah Hypnagogic Sleep Paralysis.

Jadi paralysis atau kelumpuhan jenis ini biasanya terjadi pada mereka yang belum masuk fase tidur sepenuhnya. Jadi mereka yang mengalami paralysis jenis ini, kesadaran mereka belum hilang sepenuhnya. Dan akhirnya mereka tidak dapat berbicara, tidak dapat menggerakkan anggota tubuh mereka, bahkan beberapa dari mereka mengalami ketakutan.

Lalu yang kedua adalah Hypnopomic Sleep Paralysis.

Kondisi ini atau kelumpuhan ini terjadi ketika seseorang tersadar pada akhir masa tidur.

Masa tidur sendiri terbagi dua.

Jadi ada masa tidur NREM, atau Non Rapid Eye Movement dan REM, atau Rapid Eye Movement. Ketika seseorang tersadar sebelum masa REM ini berakhir, maka disitulah terjadi sleep paralysis  jenis ini atau Hypnopomic Sleep Paralysis.

“Lalu siapa saja sih yang sering mengalami sleep paralysis atau yang orang awam bilang  ‘ketindihan’?”.

Jadi, sleep paralysis ini sering dialami oleh mereka yang masih remaja. Jadi di usia-usia remaja. Kemudian, posisi tidur terlentang.

Jadi, dulu ada mitos ketika saya masih sekolah. Katanya kalau kita tidur terlentang, maka jantung kita akan dimakan oleh gagak sehingga kita tidak bisa bergerak. Jadi, itu adalah mitos.

Dan penjelasannya sudah saya jelaskan sebelumnya.

Kemudian, stress yang berlebih juga bisa. Kemudian mereka yang mengalami gangguan bipolar, dan mereka yang menggunakan atau menyalahgunakan obat-obatan.

Jadi, itu semua adalah penjelasan tentang ‘ketindihan’ tadi yang disebut dengan sleep paralysis.



Bagaimana Cara Menghindari atau Mengurangi dari Sleep Paralysis

Bagi anda yang sering mengalaminya dalam waktu kurang dari sebulan lebih dari 3 kali, caranya adalah ubah pola hidup anda.

Mungkin yang sekarang terlalu stress, kurangi stress anda. coba konsultasikan diri anda ke dokter.

Semoga pesan singkat saya ini dapat menjelaskan kepada anda semua tentang mitos ‘ketindihan setan’. Jadi, tidak ada setan yang menindih anda. Yang ada adalah seperti di penjelasan saya tadi. 

Nah itulah sedikit tips bagaimana Cara Tidur Lebih Nyenyak di Malam Hari, Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda semua. Kunjungin Masriko.Com terus ya untuk mencari informasi kesehatan lainnya.

Jika anda yang melihat ini adalah anak-anak yang masih berusia sekolah, anda bisa tunjukkan ulasan ini kepada orang tua anda, tante anda, apalagi mereka-mereka yang mengalami gangguan tidur.

21.30 - tanpa komentar