Makan Pagi Untuk Diet | Sarapan Pagi Yang Sehat Murah

Makan Pagi Untuk Diet,  Hallo sobat semua dimanapun anda berada kali ini saya akan membahas tentang makan pagi.

makan pagi; sarapan pagi;sarapan pagi diet; sarapan pagi sehat; sarapan pagi yang sehat; sarapan pagi yang enak dan murah; makan pagi murah; makan pagi yang sehat; makan pagi sehat; makan pagi diet; pentingkah sarapan makan pagi / sarapan pagi; kenapa harus sarapan; tujuan sarapan; makanan yang baik untuk sarapan; pemilihan makanan yang baik;
Makan Pagi Untuk Diet

Makan Pagi sebenarnya pentingkah kita makan pagi ini atau sarapan pagi ?

Apa saja yang harus anda ketahui tentang makan pagi atau sarapan, apalagi anda sedang menjalankan diet sehingga anda harus tahu betul makanan pagi yang sehat untuk diet, jika kalau salah usaha diet anda akan gagal.

1. Kenapa saya harus sarapan ? dan apa sih tujuan sarapan ?

Banyak orang bilang begini, saya tidak lapar kok.Ngapain sih sarapan ? Saya juga tidak sarapan tidak apa-apa, perlu diketahui bahwasanya tujuan dari sarapan bukan untuk membuat anda kenyang ya dipagi hari.

Sekali lagi ya.. sarapan tujuannya bukan untuk membuat anda kenyang, jadi makan pagi ini bertujuan untuk memenuhi asupan nutrisi harian anda.

Karena sebagain besar orang Indonesia baik dia pelajar, mahasiswa, orang yang kerja di kantor, pebisnis itu semua melakukan semua aktifitasnya mulai dari pagi hari hingga sore hari Dan anda membutuhkan nutrisi untuk kegiatan anda sehari-hari yang dimulai dari pagi hari.

Kalau anda tidak sarapan awalnya mungkin tubuh anda dapat beradaptasi tapi seiring bertambahnya usia lama kelamaan anda akan merasa kok badan saya terasa lemas kok cepat sekali rambut putih, kenapa ? karena anda menguras energi anda di pagi hari dan anda tidak mengisi nutrisi anda dengan baik.

Itu tadi point pertama yaitu “TUJUAN SARAPAN

2 . Pemilihan Makanan

Banyak orang sudah sadar , oh iya saya harus sarapan pagi. Sebelum ke kantor saya harus ngisi perut dulu sebelum ke sekolah saya harus ngisi perut dulu, Tapi sekali lagi pemilihan makanan apa yang anda pilih. Banyak orang Cuma sekedar minum kopi panas atau minum teh manis hangat sambil merokok mungkin.

nah ini adalah sarapan saya itu cukup, Maaf kalau saya bilang itu “KELIRU”.

Anak-anak juga begitu mungkin pergi ke sekolah orang tua Cuma membikinkan dia susu kental manis misalnya Itu isinya Cuma gula. Akhirnya anak anda di sekolah malah mengantuk dan banyak orang tua juga kalau saya bilang orang tua yang menginvestasikan anaknya setelah lulus sekolah.

setelah lulus SMA atau kuliah nanti menginvestasikan anaknya untuk pasang ring jantung Kenapa ? karena kalau kita lihat orang tua selalu memberikan yang praktis untuk anaknya bawa ke sekolah sebagai sarapan.

Contoh : hari senin dikasih nasi goreng, hari selasa dikasih nugget goreng, hari rabu sosis goreng, kemudian hari selanjutnya pisang goreng, semuanya digoreng, Anda bisa bayangkan setelah anak anda dewasa penumbukan lemak berapa banyak itu di dalam tubuhnya?

Jadi saya Cuma mau menginformasikan bahwa betapa “PENTINGNYA MAKAN PAGI / SARAPAN PAGI DAN PEMILIHAN MAKANAN YANG BAIK UNTUK SARAPAN

Apa itu pemilihan makanan yang baik untuk sarapan pagi ?

Jadi ada terutama proteinnya karena ini sebagai pembangun sel Semua sel tubuh kita membutuhkan protein.

Kalau seandainya misalnya sebagai orang tua sebagai ibu mungkin anda bilang saya tidak ada waktu masak untuk anak-anak saya, buat putra putri saya, buat suami saya Jadi anda siapkan sebisa anda, dan apa yang kurang anda bisa menambahkan dari makanan tambahan atau yang kita kenal dengan Food Supplement.

Saya kasih tips singkat saja Pilihlah supplement yang alami bukan yang sintestis Karena yang alami memang diambil dari tumbuh-tumbuhan dan itu baik untuk anda.

Nah mungkin Makanan paling baik di Indonesia miliki makanan paling sehat sedunia.

Kalau saya kalau saya mendeklarasikan diri sebagai makanan paling sehat sedunia karena
permentasi kan ya tempe itu permentasi Dan kalau sudah permentasi dia menjadi probiotik... probiotik.... jadi probiotik itu kuman baik yang ada dalam perut kita dan apa namanya bagi Anda yang belum pernah atau belum tahu caranya.

Jadi makan tempe itu jangan di goreng, mentah...mentah...sini saya ajarin makan gorengan... jadi belum pernah nyobain kan tempe Anda potong-potong Lalu Anda cocol sama madu Beuuhh...Enak banget..serius enak banget jadi madunya tempe potong-potong kecil aja ya maksudnya dalam mangkok itu terus di lumuri sama madu. Makan....

Uhh itu the best, kenapa the best? karena madunya jadi sumber asam aminonya, tempenya sumber probiotik nya tubuh kita terutama pencernaan mungkin kalau dia bisa ngirim pesan Whatsapp dia akan bilang Jazakallah khair kalau bisa... atau kalau nggak, yang lagi happening banget itu tempe sama kurma.

Kemarin di sekolah anak saya Gurunya bilang begini anak-anak besok bawa tempe ama kurma yah, Ternyata gurunya habis lihat kajian saya di Youtube Jadi bagus kan Maksudnya murid-murid disuruh apa hidup sehat ya jadi tempe atau kalau nggak ada apa itu namanya bisa juga anda makannya sama bikin sandwich tempe, istilah saya, potong halus potong tipis ya nanti tengah-tengahnya tuh dikasih kurma kalau mau lebih lebih enak lagi itu nanti di apa ya Diikat pakai apa gitu tuh nanti
cemplungin ke madu atau tepung non gluten lalu anda bake..anda oven..uhh itu the best..enak banget
kurmanya.

Di Bandung itu disajikan bala bala, bala bala itu kan bakwan tepungnya tepung non gluten sayurnya organik dan bakwannya tidak digoreng tapi dipanggang di oven gak ada minyak, kan jadi saya mau makan Jadi kalau anda yang ingin mempertahankan kecantikan selnya maka jangan makan minyak
Karena minyak itu berat buat sel.

Minyak goreng terutama...jadi caranya seperti itu jadi ini salah satu MAKANAN TERBAIK pagi-pagi anda bisa mulai konsumsi rutin tempe, nanti lama-kelamaan apa yang terjadi?  kalau pencernaan kita sudah baik, maka seluruh sistem akan me-reset lagi.

Tempe, kurma atau madu Apalagi ditambah dengan minyak zaitun tadi, anda makan itu pagi-pagi dan itu udah cukup cukup banyak nutrisinya ya minumnya Teh, teh nya apa? teh serei boleh, teh kayu manis boleh Jahe boleh... nggak lagi pakai teh sachet seperti itu yah......

Kuncinya sehat dalam Islam adalah jangan banyak makan.... Sekali makan gak usah banyak-banyak dan Allah memberikan petunjuk kepada kita semua sekalian supaya apa suka di situ kita belajar tanda-tandanya.

Contoh Mungkin sering saya sampaikan bahwa ada malam ada siang ada matahari, ada rembulan... Pagi hari ketika matahari-Nya Allah dia terbitkan ya langsung terjadi switching hormon di badan kita...Hormon yang awalnya Parasimpatik berubah menjadi Simpatik, hormon malam yang rileks menjadi hormon waspada, maka itu saat yang kita mulai beraktivitas, di situ Allah memberikan
tanda-tanda lagi kepada kita semua.

Bagaimana Nabi Salallahu Alaihi Wasalam mengajarkan, menganjurkan kepada kita semua tentang
bagaimana makan.... Bagaimana sarapan.... Bagaimana katakanlah hal-hal yang lain.

Contoh  Jadi kalau anda yang masih pagi banyak-banyak makan.... Saran saya jangan banyak-banyak....Pagi-pagi jangan banyak-banyak makan..

Karena pagi bukan waktu yang tepat untuk banyak makan, Kenapa, yang saya pahami mungkin kalau berbeda nggak apa-apa ada hormon yang ada pagi hari itu hormon ghrelin namanya hormon lapar itu memang di pagi hari itu jumlahnya sedikit banget nggak banyak jadi pagi jangan banyak-banyak
makan sedikit secukupnya aja dan makan pun berkualitas sedikit Tapi berkualitas ya.

Jadi anda minum madu 1 sendok, minum zaitun atau makan beberapa potong buah Minum segelas air hangat atau Anda minta bikinkan istri kalau sudah punya...iya kalau sudah punya kalau sudah punya istri minta bikinkan mungkin jahe di kasih air panas dikasih jeruk nipis sedikit atau mungkin serai
kasih kunyit, kasih jeruk nipis kasih madu udah cukup... buat siang bahkan buat sampai sore...

Jadi sudah saatnya anda mengucapkan selamat tinggal kepada abang bubur ayam, Abang bakso, abang nasi uduk itu yang pagi-pagi, kalau mau sehat... kalau mau... mau nggak sih?...

Jangan sedih gitu lah... Sedih banget gak ketemu lagi sama mereka gitu kan Lihat aja apa yang terjadi.. dokter yang terbaik itu tubuh kita... Dia lebih lebih tahu daripada dokter manapun... asal apa? asal jangan bebankan dia dengan hal-hal yang memberatkan badan...Udah tahu badan sudah  berlimpah rezeki... rezeki lemak maksudnya... udah berlipat sana sini gitu kan...wajah sudah membulat masih juga makan yang kalori tinggi, sudah ngerti harus mengurangi nasi, kenapa harus makan nasi lagi?

Silahkan makan nasi tapi tidak usah banyak-banyak satu sendok makan lauknya yang banyak...sayur gitu kan Tapi jangan sayur nangka nasi padang pula sama aja... santan kan favorit...nggak apa-apa makan nasi padang... Di rumah makan padang banyak kok yang sehat sayurnya misalkan kan bisa
timun... singkong....

Gak apa-apa makan itu, makan itu yang banyak, nanti habis itu bawa rujak ke situ kenyang kan keluar dari restoran nya.

Gak apa-apa namanya makanan kita bisa pilih sendiri ya... maksud saya bukan nggak suka...tapi kita punya pilihan Semua orang punya pilihan ya...

Jadi gitu... Jadi pagi-pagi apa yang terjadi? mulai kurangi makannya kalau Anda lihat bahasa Inggrisnya sarapan itu apa? breakfast...breakfast itu fast yang di break Breakfast kan...breakfast itu fast (puasa) yang di break (dibatalkan) Maksudnya apa? fast yang di break itu kan puasa kita kan tidur.

Tidur itu kan puasa sebenarnya, enggak makan apa-apa kan, maka pagi-pagi Ya Nabi Salallahu Alaihi Wasalam sampai apa? barangsiapa yang paginya makan kurma Ajwa 7 butir maka dia akan terhindar dari sihir sampai sore hari kan gitu... Maka pagi itu saat yang tepat untuk makan?

Buah dan gak usah banyak-banyak ya makan buah berapa potong ya dengan air hangat atau mungkin anda minum kunyit atau serai segala macam udah cukup (plus) madu Nggak cocok kalau pagi-pagi makan gorengan... udah badan udah bersih-bersih malam gitu kan Terus tiba-tiba... dipersulit lagi dengan masuknya tepung masuknya minyak...sayang..

Ibarat kata kita puasa, puasa itu ya makan buah, kalau nggak ada buah, ya air putih kan Itu paginya... boleh nggak diganti banyak pilihannya.. anda mau bubur ayam.

Nah saya ajarin cara makan bubur ayam.. mau?.. Oke nanti beli bubur beli kuahnya... kuah bubur ayam, terus minta daun seledri sama daun bawangnya yang banyak...kan punya tuh dia yang ada daun bawang dan seledri kasih sambal sedikit Udah diaduk-aduk...makan...buburnya mana? Kan bubur ala kita, nggak mesti pakai nasi kan?

Itu cara saya kalau mau diikutin...itu jauh lebih sehat daripada bubur yang isinya bubur nasi kan buburnya dikasih kerupuk dikasih sambel dikasih ayam potong ayam broiler, terus apa lagi? cakue, usus..Masya Allah luar biasa, baru setengah jam masuk kantor sudah ngorok gitu kan..gimana mau sehat kalau begitu?

Sayang pak, bu ya..badan kita itu udah sempurna banget jangan di jangan di ituin lagi lah kalau kita mungkin boleh bermuhasabah Berapa tahun sih kita hidup sehat?

Tahukah kamu Kenapa 100% Diet Anda Akan Gagal

Sobat semua, banyak di antara kita yang melakukan program diet dengan berbagai macam tujuan. Ada yang ingin mendapatkan tubuh yang proporsional, lebih seksi, ada yang ingin menjaga agar tubuhnya tetap bugar, dan ada yang ingin mendapatkan kesehatan yang optimal.

Namun, banyak dari mereka yang mengalami kegagalan dalam melakukan program diet.

Disini saya mau menjelaskan bahwa keberhasilan suatu diet bukan hanya tergantung dari seberapa  banyak anda makan atau seberapa banyak jenis makanan baik yang anda konsumsi. Atau mungkin dari olahraga anda. Mungkin tempat gym anda bagus. Mungkin suplemen anda bagus. Tetapi mengapa masih gagal?

Jadi, disini saya akan membahas 3 penyebab kegagalan anda dalam melakukan program diet.

Yang pertama adalah atensi. Apa itu atensi?

Atensi adalah dimana anda menaruh perhatian lebih pada suatu hal atau objek. Supaya lebih mudah, saya akan memberikan contohnya. Misalnya, anda yang sedang menjalankan program diet. Namun setiap hari, di rumah kerjaan anda hanya main handphone, lalu anda mencari promo-promo makanan, makanan yang lagi diskon itu apa.

Mungkin ada promo makanan buy one get one free. Atau mungkin ada voucher-voucher makanan. Ini sebenarnya anda telah menaruh perhatian anda terhadap suatu makanan. Apalagi sekarang dengan adanya media sosial, banyak orang mem’posting makanan mereka.

Mungkin anda sibuk stalking Instagram orang lain yang semua isinya adalah makanan. Dengan demikian, perhatian anda akan tercuri oleh makanan-makanan tersebut. Mungkin anda berpikir, “Wah, ini lagi diskon! Kalau saya tidak membelinya sekarang, sayang banget.. Beli satu bisa gratis satu lagi.”

Atau mungkin anda sering melihat brosur-brosur dari supermarket atau minimarket. Disana banyak sekali promo-promo makanan ringan. Akhirnya, anda bingung memikirkan, “Saya beli atau tidak ya?”

Itu semua tergantung pada keputusan anda. Dan kebanyakan, mereka memilih untuk membelinya. alhasil dietnya besok ajalah..”

Kemudian, bagi anda yang sering berinteraksi dengan gambar-gambar makanan tersebut di social media anda, itu sebenarnya anda telah mengkoneksikan diri anda dengan sistem di dalam social media anda.

Jadi, social media anda akan terus merekomendasikan gambar-gambar serupa kepada anda. Begitulah cara kerja social media. Akhirnya, setelah melihat gambar-gambar tersebut, anda akan mulai merasa lapar. “Saya ingin makanan tersebut”.

Apalagi zaman sekarang dengan kemajuan teknologi aplikasi, anda cukup menggunakan jari telunjuk anda, maka anda bisa memesan makanan. Itu sangat simple. Dan saya tidak bilang ini adalah hal yang buruk.

Tetapi jika anda tidak dapat mengontrol diri anda, maka akhirnya anda membeli makanan tersebut. Dan anda akan merasa, “Ya sudahlah, makan sedikit saja tidak apa-apa..” Kemudian keesokan harinya, anda melakukan hal yang sama lagi. Akhirnya, program diet anda akan gagal.

Dan saya banyak menemukan orang-orang menulis status “diet esok hari” atau “diet selalu besok”. Jadi sebenarnya, hal inilah yang membuat mereka gagal dalam melakukan diet mereka.

Kemudian, yang kedua adalah faktor dari lingkungan.

Lingkungan yang saya maksud disini adalah lingkungan teman-teman anda & lingkungan keluarga anda. Misalkan anda ini seseorang yang tidak merokok. Tetapi anda berkumpul dengan teman-teman yang semuanya Merokok.

Pada awalnya, mungkin anda hanya mencicipi rokok. Mungkin awalnya anda tidak bisa merokok, akhirnya anda belajar merokok. Lama- kelamaan, anda akan ahli dalam hal merokok.

Begitu juga dengan anda yang tidak pernah minum. Tetapi kumpulan teman-teman anda adalah mereka yang setiap hari membahas tentang minuman & tentang alkohol. “Ada alkohol yang baru, rasanya lebih enak!”. Akhirnya lama-kelamaan anda juga belajar minum alkohol.

Jika anda sudah belajar minum alkohol dan itu sudah menjadi rutinitas anda, maka itu akan  mempersulit program diet sehat anda.

Diet yang baik. Disini saya mempunyai sebuah cerita. Jadi, ada seorang anak SMA yang dulunya tinggal dengan orang tuanya. Pola makan baik, hidup teratur, makanan bergizi, setiap hari ada sayuran dan buah-buahan disiapkan oleh orang tuanya.

Tetapi karena sudah lulus SMA, akhirnya si anak tersebut melanjutkan studinya ke luar kota dan harus tinggal di kos-kosan.

Di kos-kosan, otomatis si anak akan mengikuti pergaulan dengan teman-teman kosnya. Tanpa sadar, karena makannya tidak teratur, kalau malam sering nongkrong dengan teman-temannya, dan bermain game ditemani dengan camilan.

Akhirnya, hanya selang beberapa bulan berat badan si anak pun naik dengan pesat. Mungkin cerita saya ini mirip dengan kisah beberapa orang atau beberapa dari sobat sehat. Mungkin bukan hanya bagi anak-anak kuliahan.

Mungkin bagi para pekerja yang merantau ke luar pulau atau ke luar kota yang harus tinggal di kos bersama teman-teman baru. Ketika berat badan mereka mulai naik, akhirnya mereka memutuskan, “oke, mulai besok saya mulai diet!” Namun apa yang terjadi?

Anda yang sudah terbiasa dengan teman-teman anda sering keluar untuk makan, misalnya mindnight, jam 11-12 malam mencari makanan. Dan ketika anda memutuskan mulai diet, mungkin teman-teman anda tidak senang. “Ah, gak setia kawan! Biiasanya kita keluar makan bareng..”. Mungkin beberapa dari anda merasakan hal demikian.

Baca Juga : Makan malam yang rendah kalori

Jadi, lingkungan itu mempengaruhi kesuksesan anda untuk melakukan program diet. Terutama bagi anda yang pria. Mungkin anda sudah menjadwalkan, “Oh, besok saya harus berolahraga”. Misalnya lari pagi atau bermain badminton. Tiba-tiba, malam hari ketika anda ingin tidur, sekitar jam 10 malam, teman anda mengetuk kamar anda. “Ayo kita main game online! Hari ini ada event promo double experience!!”

Akhirnya, anda tidak jadi tidur. Anda bermain game hingga larut malam, bahkan sampai pagi hari.  Dan olahraga anda pun batal. Atau mungkin pacar anda menelpon, “Ayo malam ini kita nonton!”. Midnight.

Hal-hal ini juga dapat mengganggu program diet anda. Mungkin dari keluarga juga seperti itu. Jadi dalam 1 bulan mungkin banyak pesta. Atau ajakan-ajakan makan bareng. Sepupu anda ulang tahun, orang tua anda ulang tahun, kemudian ada pesta penikahan dan sebagainya.

Disini, anda diminta untuk mengontrol diri anda. Mungkin anda boleh pergi bersama mereka. Tetapi, tetap jaga pola makan anda. Selanjutnya adalah hal yang membuat anda gagal, yaitu tidak membuat catatan. Apa yang perlu dicatat? Jadi, anda perlu mencatat goal anda.

Misalkan berat badan anda sekarang 100 kg. ’Saya ingin mencapai target ke depannya ingin turun sekian kg’. Dan itu harus di’breakdown. Kemudian buatlah jadwal latihan anda. Anda juga harus mulai memprogram jadwal latihan anda. Sesuaikan dengan jam kerja anda.

Jangan latihan jika sempat saja. Kalau anda melakukan latihan ‘jika sempat’, maka anda tidak akan punya waktu. Jadi, sediakanlah waktu untuk latihan. Kemudian, anda juga perlu menjadwalkan diri anda untuk berkonsultasi dengan dokter. Misalnya berkonsultasi dengan ahli nutrisi.

Jadi dengan melakukan hal ini, anda dapat mengurangi resiko kegagalan dalam program diet anda. Jadi sobat sehat, diet bukan hanya sekedar pemilihan makanan yang baik. Jadi, percuma anda  memilih menyiapkan makanan yang baik, menyiapkan suplemen yang terbaik, atau anda mendaftar menjadi member di gym terbaik di tempat anda.

Tetapi kalau anda tidak bisa mengkonsumsi makanan tersebut dengan teratur atau tidak bisa  Berolahraga secara teratur, mungkin dalam sebulan hanya ke tempat gym satu kali. Maka anda harus berusaha mengubah :

- Atensi anda - Lingkungan anda - Dan membuat catatan untuk program diet anda.

Karena sesuatu yang direncanakan itu jauh lebih baik daripada anda hanya melaksanakan dengan  keinginan sendiri. Kalau saya ingin olahraga, saya akan olahraga. Kalau saya tidak mood, maka saya tidak akan olahraga.

Saya ingin membakar lemak, Lalu Olahraga Apa yang Paling Membakar Lemak

Sobat semua, jadi seputar lemak, seputar berat badan, penurunan berat badan, itu akan saya jelaskan kepada anda semua. Olahraga atau latihan apa yang paling bisa menguras atau membakar lemak saya?

Jadi disini saya tidak akan membahas jenis olahraga tertentu. Tetapi yang saya bahas adalah pola latihannya. Pola olahraganya.

Jadi secara umum, program latihan ini dibagi dua.

Yang pertama adalah LISS, atau Low Intensity Steady State. Dan yang kedua adalah HIIT, atau High Intensity Interval Training. Jadi, kedua program latihan ini berbeda.

Yang pertama ingin saya bahas adalah LISS atau yang biasa disebut dengan aerobic.

Jadi ini berbeda definisinya dengan aerobik yang sedang anda pikirkan sekarang. Seperti ‘saya mau pergi olahraga dulu’. ‘Saya mau pergi aerobik dulu’. Jadi, hal ini berbeda.

Aerobik yang saya maksudkan disini adalah dengan udara. With air. Sedangkan yang HIIT itu anaerobic. Penjelasannya seperti ini.

Kita bahas dulu yang Low Intensity Steady State. Jadi LIIS ini adalah anda melakukan kegiatan  olahraga seperti jalan santai, kemudian renang ringan, atau bersepeda santai. Jadi dengan kecepatan konstan dan tidak membuat denyut jantung anda berdebar dengan kencang. Dan bahkan sambil melakukan olahraga tersebut, anda bisa SMS’an, chatting, anda bisa ngobrol dengan teman anda.

Jadi kelebihan dari olahraga ini yaitu 30 menit pertama yang dibakar adalah gula darah atau stok gula di dalam tubuh anda dulu. Kemudian 30 menit selanjutnya, barulah lemak anda dibakar.

Jadi, misalkan anda berolahraga selama 45 menit. 30 menit pertama adalah gula dahulu yang dibakar. Setelah itu, baru lemak anda dibakar selama 15 menit. Dan lemak anda dibakar saat olahraga itu saja.

Berbeda dengan HIIT. Maksudnya disini adalah program latihan High Intensity Interval Training. Jadi, bukannya ditonjok. Bukan HIT dipukul. Maksudnya adalah program latihan seperti tadi.

Dimana intensitasnya diatur. Mungkin gampangannya saya bisa kasih contoh begini. Anda yang sekarang sedang berjalan, tiba-tiba anda dikejar anjing. Itu tadi adalah prosesnya. Jadi anda berjalan dengan konstan, denyut jantung anda tidak terlalu berdebar kencang, tiba-tiba anda dikejar anjing dan anda lari secepatnya.

Jadi, itu perbedaannya. Ketika anda lari secepatnya, denyut jantung anda akan berdegup kencang. Kemudian rasanya jantung seperti mau pecah. Dan otot-otot anda bekerja maksimal ketika berlari. Akhirnya, yang terbakar saat itu kalori. Itu pasti terbakar. Jadi yang pertama adalah gula. Karena pada malam hari saat anda tidur, lemak anda pun ikut terbakar. Jadi, bukan saat latihan saja lemak anda terbakar.

“Lalu, olahraga apa saja yang bisa dilakukan dengan program latihan HIIT tadi?”

Sebenarnya, semua olahraga bisa dilakukan dengan program latihan HIIT. Baik itu lari, renang,  kemudian bela diri, dan sebagainya. Angkat besipun bisa. Tergantung apa yang anda lakukan  sekarang dan carilah mentor atau coach untuk melatih anda dalam melakukan program ini.

Kemudian bagi anda yang masih bingung, saya akan beri contoh lagi. Misalkan sekarang anda bersepeda santai selama 30 seconds. 30 detik. Kemudian anda pacu sepeda anda dengan maksimal selama 30 seconds lagi. Apa yang terjadi?

Disitu akan terjadi kontraksi otot anda yang maksimal. Kemudian denyut jantung anda yang berdetak lebih kencang. Dan keesokan harinya, kemungkinan besar paha anda akan kram.

Sama seperti orang yang tidak pernah lari, jalan santai 30 menit, kemudian lari sprint. Keesokan hari, pahanya kemungkinan besar akan kram.

Jadi inti dari program HIIT ini adalah bukan lamanya waktu anda melakukan olahraga. Tetapi  intensitasnya dinaikkan. Jadi, waktunya lebih singkat. Mungkin 10 hingga 30 menit. Ada yang mengatakan jangan lebih dari 40 menit.

Lalu, kenapa tubuh masih membakar lemak atau kalori walaupun sudah tidak berolahraga?

Bahkan bisa sampai 14-48 jam kemudian. Ada yang namanya EPOC effect. Jadi EPOC atau Excess Post Exercise Oxygen Consumption.

Jadi setelah kita berolahraga dengan intensitas yang tinggi, contohnya tadi anda cuma jalan, tiba-tiba anda lari karena dikejar anjing. Itu membutuhkan oksigen lebih banyak dan membakar kalori lebih banyak. Bahkan, setelah anda selesai olahraga.

Lebih mudahnya seperti ini. Anda yang cuma latihan fisik seperti biasa, dibandingkan latihan fisik dengan intensitas tinggi, tentu saja akan membutuhkan kalori lebih banyak untuk dibakar dan oksigen lebih banyak untuk proses pembakaran kalori tadi. Jadi sederhananya seperti itu.

“Lalu, mana yang lebih baik untuk saya lakukan? LISS atau yang HIIT?

Lakukan keduanya. Karena ada plus dan minusnya. Jadi, program HIIT ini tidak boleh anda lakukan setiap hari. Jadi, berikan waktu juga untuk tubuh anda beristirahat.

Di sela-sela anda melakukan program HIIT, mungkin keesokan harinya anda bisa melakukan  program LISS tadi. Jadi sudah tahu ‘kan?

Mungkin, “saya sudah menyapu lantai. Saya sudah mengepel lantai di rumah. Kok berat badan saya tidak turun-turun? Itu ‘kan sama saja dengan olahraga?”.

Itu karena anda santai, bu..

Jadi, anda boleh menyesuaikan kedua program tadi. Dan saran saya, anda lakukan sesekali program HIIT. Karena program ini lebih ampuh pada proses pembakaran kalori dan pembakaran lemak,  bahkan ketika anda sedang tidur. Efeknya tadi 14-48 jam.

Oke, ‘Olahraga apa yang harus dilakukan untuk menurunkan berat badan atau membakar lemak saya lebih banyak’. 

Dan bagi anda yang sedang menjalankan program diet, cobalah lakukan apa yang telah saya sarankan. Dan saya doakan anda semua yang sedang menjalankan program diet dapat berhasil. 

Nah itulah ulasan tentang Makan Pagi Untuk Diet Sehat, semoga kita diberikan kesehatan. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat, selalu kunjungi Masriko.Com Untuk informasi kesehatan menarik lainnya.

08.58