VIRUS CORONA MENYEBABKAN PENYAKIT APA SAJA ?

https://www.masriko.com/2020/04/virus-corona-menyebabkan-penyakit-apa.html
Masriko.Com - Virus Corona atau Covid - 19 ini Menyebabkan Penyakit Apa Saja? berikut ulasannya.

Tahukah Anda virus Corona menyebabkan penyakit apa saja? Hal ini penting untuk diketahui. Dengan memahaminya, diharapkan kewaspadaan terhadap COVID-19 lebih besar sehingga tubuh terhindar dari wabah yang mendunia itu. Mengingat saat ini tingkat persebaran virus tersebut semakin tinggi.

Beberapa Penyakit Akibat Corona yang Harus Dipahami 


Banyak jiwa melayang karena hadirnya COVID-19. Virus berbahaya ini dapat menyebabkan berbagai penyakit dari tingkat ringan hingga parah. Lalu apa saja sakit tersebut? Berikut adalah beberapa akibat yang biasanya diderita setelah tertular Corona.

1. Demam

Corona dapat memberikan dampak berbeda-beda tiap penderitanya. Ada yang mengalami sakit ringan, namun tidak sedikit merasakan sebaliknya. Salah satu penyakitakibat virus Corona yakni demam hingga 38 derajat. Pasien biasanya akan terserang sakit panas tinggi hingga menggigil.

Demam umumnya dirasakan oleh penderita setelah 3 hingga 4 hari terpapar oleh COVID-19.Virus itu sangatlah berbahaya apabila tidak ditangani dengan baik. Jika telah berada dalam pengawasan dokter, Anda boleh bernafas lega. Sebab, penyakit ini bisa disembuhkan kalau penanganannya baik.

2. Flu

Penyakit selanjutnyaakibat virus Corona yaitu sakit pilek. Mungkin, sekilas flu terdengar bukanlah sakit berbahaya. Waspadalah apabila penyakit ini Anda rasakan, terutama jika telah berlarut-larut. Pilek yang dideritapasien COVID-19 umumnya disertai demam tinggi.

Penderita Corona tidak hanya merasakan flu seperti orang berpenyakit biasa pada umumnya. Kondisi tubuh cukup lemah sehingga badan pun akan menggigil saat pilek menyerang. Untuk mengantisipasi bertambah parahnya tubuh Anda, sebaiknya ikuti anjuran dokter.

3. Batuk

Batuk ialah salah satu penyakit umum yang mungkin semua orang pernah mengalamainya. Namun, Anda harus tahu bahwa virus Corona bisa menyebabkan penyakit ini. Meskipun jika dibandingkan dengan sakit biasa sedikit berbeda.

Infeksi virus Corona biasanya diikuti oleh sakit panas serta mayoritas mengalami batuk kering. Bukan berarti batuk berdahak itu aman dan bukan akibat COVID-19. Untuk lebih akuratnya, tanyakan dokter terkait akibat yang ditimbulkan dari virus tersebut.

4. Sakit Kepala

Selain demam tinggi, ada lagi akibat yang ditimbulkan oleh Corona yaitu sakit kepala parah. Pusing penderita COVID-19 bukan pening biasa. Hal ini menyebabkan pasien akan kesulitan berpikir dan juga melakukan aktivitas seperti sediakala.

Dapat dikatakan, sakit kepala yang dirasakan saat positif Corona ini memberikan dampak tidak mengenakkan. Parahnya pusing tersebut membuat pasien hanya bisa tidur atau terbaring di tempat tidur saja. Jika memaksakan bangun, rasanya akan memburuk.

5. Diare

Virus Corona menyebabkan penyakit diare. Ini tidak selalu dialami oleh para penderita COVID-19. Tubuh yang terinfeksi akan jauh lebih rentan dan sakit perut adalah dampaknya. Gangguan kesehatan tersebut sedikit merepotkan karena pasien harus bolak-balik ke kamar mandi.

Apabila berada di rumah sakit, pasien hanya perlu mentaati seluruh anjuran dokter. Dengan rajin minum obat, diharapkan diare termasuk Corona bisa hilang dan tak kembali. Perbanyak cairan jika terkena dampak virus satu ini.

6. Sakit Tenggorokan

Ada lagi akibat penularan Corona, yaitu sakit teramat sangat pada bagian tenggorokan. Bagian saluran ini akan terasa gatal dan perih, bahkan untuk menelan air sekalipun. Tak jarang suara jadi sangat serak. Parahnya lagi,Anda bisa sesaat kehilangan suara. Perbedaan dampak yang dialami memang hal wajar.

Keluhan yang menggangu iniumumnya dirasakan oleh penderita di minggu pertama setelah tertular Corona. Memang tidak semua pasien mengalaminya. Namun, sakit tersebut jadi salah satu dampak yang akan didapat dari keganasan COVID-19.

7. Mual

Rasa mual menjadi salah satu akibat menderita Corona. Ini terdengar sepele namun sangat mengganggu. Anda seperti merasa ingin memuntahkan seluruh isi perut. Akan lebih parah jika membaui benda-benda dengan aroma tajam.

Keadaan pasien bertambah buruk jika memiliki riwayat penyakit mag atau lambung. Rasa mual yang dihasilkan tidak mengenakkan. Ini membuat berat badan si penderita berkurang sebab setiap makan, mual langsung menyerangnya.

8. Kehilangan Nafsu Makan

Penyakit lain dampak dari virus Corona ialah hilangnya nafsu makan secara tiba-tiba. Penderita tidak berselera makan maupun minum meskipun itu favorit mereka. Terdengar sepele namun dapat berakibat fatal. Pasien COVID-19 perlu imun yang kuat jika ingin sembuh dengan segera.

Jika nafsu makan hilang, otomatis berat badan pun menurun drastis. Pasien yang berada di rumah sakit akan langsung diberikan infus untuk menunjang kebutuhan cairan. Saat nafsu hilang, sebaiknya tetap memaksakan diri mencicipi makanan meski sedikit. Ini demi kesembuhan penderita.

9. Nyeri Otot

Selain susah bernafas, virus mematikan ini menyebabkan ngilu pada tubuh. Nyeri yang dirasakan bahkan membuat aktivitas terganggu sebab seluruh badan sakit hingga tak mampu mengerjakan rutinitas. Rasa itu menjalar seluruh tubuh dikarenakan COVID-19 menyerang persendian Anda.

Bagian sendi-sendi akan mengalami kesakitan luar biasa akibat terkena virus COVID-19. Banyak penderita mengatakan bahwa rasa sakit tersebut seolah seperti ditusuk bagian tulang dengan kaca bertubi-tubi. Namun, ada pula pasien yang hanya merasakan nyeri biasa pada ototnya seperti pegal linu.

10. Sesak Napas

Jika mengidap COVID-19, salah satu akibatnya adalah susah bernafas. Gangguan pernafasan yang dialami oleh penderita Corona ini cukup menyakitkan. Bahkan, ada pasien merasakan sesak nafas sebanyak 30 kali dalam semenit. Bisa dibayangkan betapa tidak nyamannya mereka.

Penderita Corona yang mengalami sesak begitu hebat mengatakan bahwa mereka kesulitan bernafas hingga seperti selangkah lebih dekat dengan kematian. Parahnya rasa sakit ini sungguh memilukan. Jika menduga diri terjangkit Corona, jangan menunggu hingga parah. Periksalah sedini mungkin.

11. Gangguan Pernafasan Akut

Gangguan ini setingkat lebih parah dibandingkan sesak nafas. Saat sakit terjadi, Corona telah masuk ke bagian sistem pernafasan. Susahnya pasien bernafas membuat mereka harus dibantu alat bantu oksigen dari rumah sakit. Banyak dokter mengatakan itu kondisi paling krusial bagi penderita COVID-19.

Ini adalah kondisi yang rentan. Apabila imun tubuh seseorang tidak kuat, bukan tidak mungkin jika akhirnya memperburuk kondisi. Umumnya hal itu terjadi di hari ke-10 tertular virus Corona. Pasien dengan sakit tersebut memerlukan penanganan khusus dari tenaga ahli di rumah sakit.

12. Kematian

Hal paling buruk selain penyakit-penyakit di atas adalah kematian. Sekarang sudah ada ratusan orang terjangkit dan puluhan pasien Indonesia meninggal. Berita sedihnya, beberapa dokter yang ada di garda depan memerangi Corona di negara ini pun telah berpulang.Mereka adalah pahlawan sejati.

Memang, garis kematian telah digariskan Tuhan. Namun, sebagai manusia haruslah berusaha sepenuh hati untuk sembuh dan bangkit dari wabah Corona yang melanda dunia ini. Dengan berpikir positif, harapan hidup pun semakin besar.

Dapat disimpulkan virus Corona menyebabkan penyakit bervariasi. Jangan panik, sakit-sakit di atas bisa disembuhkan. Kini ada obat yang dipercayai mampu menyembuhkan penyakit corona.

Tetaplah optimis dan selalu jaga kesehatan keluarga Anda. Kunjungi Masriko.Com untuk mengetahui informasi seputar kesehatan lainnya.

13.23