Ingin Tahu PENGERTIAN VIRUS CORONA Adalah Apa ? Berikut Ulasannya

Masriko.Com - Pengertian Virus Corona Adalah apa? Berikut Ulasannya. Di awal tahun 2020 terdapat banyak hal baru terjadi, terlebih di bulan Maret 2020 dimana ada wabah yang mendunia yakni virus Corona.

Kasus ini telah menggemparkan semua orang karena perkembangannya sangat pesat sampai membuat mereka berinisiatif sendiri untuk mencari informasi tentang pengertian virus Corona adalah wabah dan solusi terbaik untuk pencegahan.


Tentang Virus Corona

Corona mempunyai nama lain, yakni COVID-19. Kemunculannya pertama kali diketahui di Negara China, tepatnya pada kota Wuhan. Kasus awal ditemukan pada akhir bulan Desember 2019 dengan jumlah korban yang sedikit, kurang lebih sekitar 10 hingga 20 orang mengalami gejala seperti kesusahan untuk bernafas.

Dalam perkembangannya, virus ini merupakan salah satu jenis penyakit yang sifatnya menular kepada siapa saja. Seperti ketika bersentuhan langsung dengan penderita. Cara kerjanya bisa terjadi ketika pasien tersebut bersin dengan jarak dekat atau bersentuhan langsung secara fisik. Misalnya berpegangan tangan, salaman dan lain-lain.

Virus Corona ini telah mengalami mutasi dari model sebelumnya. Penyebarannya yang sangat cepat membuat banyak orang dan juga para dokter di seluruh dunia kewalahan untuk menanganinya. Karena sampai saat ini belum ditemukan obat atau anti virusnya di dalam dunia medis. 

Pengertian Virus Corona Menurut WHO

World Health Organization telah menetapkan coronavirus menjadi penyakit paling mematikan setelah SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) dan MERS (Middle East Respiratotys Syndrome) seperti sakit pernapasan akut.

Kemudian pada tanggal 11 Februari tahun 2020 ini, WHO menetapkan nama lain atau sementara dari virus Corona menjadi Covid-19. Karena sebelumnya bukan itu namanya, melainkan 2019-nCOV. Kemudian dari badan kesehatan Negara China sendiri memberi julukan lain yaitu NCP.

NCP adalah singkatan dari Coronavirus Pneumonia. Atau jika di bahasa Indonesia kan menjadi virus Corona yang dapat menginfeksi paru-paru manusia. Nama ini tidak menjadi bagian dari individu, tempat, atau suatu kelompok tertentu.

Pengertian Virus Corona Menurut Tenaga Medis

Orang yang terinfeksi coronavirus terkadang memiliki gejala sama seperti sakit influenza. Misalnya sama-sama mengalami gangguan sesak napas biasa hingga mengalami pneumonia akut. Seperti organ dalamnya tersebar bintik warna putih ke seluruh paru-paru. Bagian tubuh yang terkena ini dimulai dari mulut dan hidung.

Kemudian ke saluran pernapasan lain seperti paru-paru. Lalu cara penularannya pun hampir sama yakni melalui batuk atau bersin dengan mengeluarkan cairan dari dalam hidung. Partikel-partikel kecil tersebut yang bisa membuat orang lain terinfeksi virus Corona. Jika kegiatan ini berlangsung di kerumunan besar, tentu dampaknya juga menjadi sangat banyak.

Cairan itu bisa dengan mudah menempel pada tangan, baju, benda-benda di sekitar Anda. Seseorang yang mempunyai imun rendah rentan untuk terjangkit. Kalaupun terinfesi sulit untuk mendekteksi, karena masa inkubasi biasanya membutuhkan waktu sekitar 14 hari atau dua minggu agar hasilnya menjadi lebih akurat.

Pengertian Virus Corona Menurut AloDokter

Penyakit menular yang satu ini merupakan jenis baru dari SARS-COV-2. Yakni singkatan dari Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus-2. Virus tersebut dapat menyebabkan infeksi paru-paru akut, gangguan pernapasan, hingga terjadi kematian yang tak terduga.

Biasanya yang terkena virus Corona ini adalah para orang tua yang berusia di atas 40 tahun. Namun seiring dengan berjalannya waktu, anak muda pun bisa terinfeksi dengan mudah. Bahkan pada kasus terbaru, penyakit menular ini menyerang beberapa bayi hingga meninggal atau mengalami kematian.

AloDokter merupakan website yang memberikan pelayanan informasi-informasi dalam dunia kesehatan. Caranya yakni para dokter dan pengguna berkonsultasi menggunakan aplikasi. Anda tidak perlu khawatir karena orangnya sudah kredibel dan tidak abal-abal serta ahli dalam bidang masing-masing.

Pengertian Virus Corona Menurut Wikipedia

Corona mempunyai nama populer lain seperti coronavirus. Penyakit menular ini efeknya sangat mematikan dibandingkan yang lainnya. Karena menyerang sistem pernafasan manusia dan menimbulkan infeksi pada paru-paru. Biasanya terdapat bercak warna putih ketika di rontgen.

Virus Corona ini tergabung dalam kelompok Nido Virales yang juga menyebabkan hewan dan burung mudah terinfeksi penyakit baru. Misalnya mengalami diare atau sesak nafas pada bagian tenggorokan. Hingga saat ini belum ada antivirus atau antibiotic untuk mengobati corona virus tersebut.

Kemudian jika dilihat melaui miksroskop, wujud dari virus Corona ini berbentuk seperti partikel virion. Yakni sel atau bagian luarnya mempunyai pinggiran seperti mahkota dengan ukuran kecil atau versi seperti cahaya matahari yang ujung-ujungnya terlihat tajam.

Pengertian Virus Corona Menurut Kementrian Kesehatan RI

Melalui salah satu anggota atau juru bicara pemerintahan yang bernama Bapak Achmad Yurianto, menyatakan bahwa virus pertama kali ditemukan di Huabei China pada bulan Desember tahun 2019. Para penderita menunjukkan gejala-gejala seperti batuk, sesak nafas, pneumonia hingga demam tinggi.

Beliau berkata saat ini virus Corona telah mengalami sedikit perubahan dalam proses perkembangannya.Virus Corona masuk ke dalam tubuh orang yang terinfeksi dengan cara tidak mengganda kan diri atau bertambah banyak.

Kemudian, membuat saluran pernapasan seseorang tersebut tidak terganjal oleh cairan lender dan mencegah terjadinya batuk berdahak. Virus Corona sulit berkembang karena masyarakat mempunyai daya tahan tubuh kuat dan semakin baik.

Dengan kata lain, pada dasarnya Coronavirus mudah menjangkiti orang-orang dengan sistem imun lemah. Seperti orang lanjut usia yang berumur 60 tahun ke atas. Atau anak-anak dengan riwayat mempunyai penyakit komplikasi lain.

Pengertian Virus Corona Menurut Pakar Ahli di Dunia

Orang yang dimaksud adalah Guan Yi. Yakni seorang pakar ahli virus yang berasal dari Negara China. Beliau berkata bahwa Corona ini perkembangannya lebih menakutkan daripada SARS. Karena dapat menimbulkan epidemic yang memakan korban jiwa sangat banyak. Jumlahnya sendiri bisa 10 x lipat lebih besar.

Sedangkan menurut para ahli lain yang bernama Mr. Debra Cheww. Beliau menjadi assist dari fakultas kedokteran di New Jersey’s Medicals Schools. Menurutnya, virus nCov19 tersebut dapat menyerang sistem imun manusia dan membuat kekebalan tubuhnya rentan terjangkit corona atau penyakit lainnya.

Lalu pakar ahli virus yang lain, sebut saja namanya Hwang Guangfa menjelaskan bahwa coronavirus dapat menular ke manusia lainnya melalui mata. Para penderita tersebut bisa terinfeksi karena tidak memakai pelindung mata dan masker wajah saat bekerja atau bepergian ke tempat umum.

Untuk menghindari virus Corona ini sebaiknya Anda jangan lupa membawa hand sanitizer atau tisu basah yang mengandung alcohol saat bepergian kemana-mana. Juga menambah waktu begadang pada malam hari agar dapat membuat waktu istirahat menjadi berantakan, ini membuat tubuh kurang sehat.

Demikian informasi singkat mengenai pengertian virus Corona adalah penyakit yang mematikan dari berbagai ahli dan pakar dari luar maupun dalam negeri. Semoga bermanfaat untuk Anda yang tengah mencari info tersebut.

Jika masih bingung, jangan lupa komentar di bawah ini ya! Lalu jika ingin mengetahui informasi seputar kesehatan lainnya bisa kunjungi Masriko.Com ya.

22.08 - tanpa komentar