6 GEJALA VIRUS CORONA yang Wajib Anda Ketahui

/2020/04/6-gejala-virus-corona-yang-wajib-anda-ketahui.html

Masriko.Com -  Gejala Virus Corona Covid - 19 Pada Manusia dari Hari ke Hari di Negara Indonesia, China dan Negara Lainnya.


Apakah Anda mengalami keluhan sakit seperti demam tinggi, sesak nafas akut hingga mengalami batuk secara terus menerus? Segera periksakan diri ke dokter atau klinik terdekat, karena bisa saja hal – hal tersebut menunjukkan gejala virus Corona pada tahap awal.

Macam – Macam Gejala Virus Corona

Ada beberapa tanda untuk mengetahui seseorang terkena atau terinfeksi salah satu penyakit mematikan tersebut. Tujuannya yakni agar nantinya tidak akan ada lagi korban – korban baru yang berjatuhan karena terjangkit virus ini. Di antara gejalanya adalah sebagai berikut:

1.    Sakit Sesak Nafas

Gejala yang ditunjukkan atau muncul ketika penderita terkena virus Corona adalah mengalami susah dalam hal bernafas. Seperti ada yang mengganjal pada bagian dada. Juga terasa sangat nyeri ketika dipegang atau saat mengambil nafas. Biasanya banyak orang mengira hanya terkena sesak biasa.

Ketika Anda menunjukkan gejala – gejala tersebut, langkah awal adalah mengambil nafas dengan teratur dan tidak terburu – buru. Jika masih sakit, silahkan mengunjungi dokter terdekat untuk di tes apakah terkena sakit sesak nafas biasa atau justru terjangkit virus Corona. Sebab saat ini banyak orang menjadi parno terkait dengan jumlah korban yang terinfeksi mengalami peningkatan cukup signifikan.

2.    Sakit Demam 

Kemudian untuk gejala yang kedua ini biasanya penderita mengalami demam tinggi hingga menggigil. Jika kasusnya parah, bisa terjadi kejang – kejang pada seluruh tubuh hingga dapat menimbulkan kematian apabila tidak ditangani dengan segera dan tepat sasaran.

Ketika Anda mengalami salah satu gejala ini, sebetulnya tidak perlu khawatir jika terjadi hanya dalam waktu 1 – 2 hari saja. Pastikan teratur untuk minum obat, tidur lebih awal dan makan dengan teratur. Namun, jika dalam waktu tiga hari tak kunjung sembuh, sebaiknya segera pergi ke klinik terdekat dari tempat tinggal.

3.    Sakit Batuk Berlendir

Gejala lainnya yakni mengalami batuk berdahak dan mengeluarkan cairan yang kental. Biasanya disertai kesakitan ketika terjadi proses tersebut. Jika terjadi terus menerus selama lebih dari 3 hari, Anda bisa memperiksakan diri. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

Sebetulnya batuk berdahak ini juga dapat dialami oleh penderita influenza maupun sakit flu biasa. Yang menjadi pembedanya adalah ketika penderita terinfeksi virus Corona, batuknya berlendir dan rasanya sakit sekali walaupun sudah minum atau diberi obat pencahar untuk meredakannya.

4.    Sakit Pneumonia 

Gejala selanjutnya adalah menunjukkan infeksi pada paru – paru. Biasanya terdapat bercak berwarna putih pada tubuh penderita. Awal kemunculannya terjadi pada satu titik, kemudian lama kelamaan semakin menyebar hingga memenuhi seluruh bagian dari paru.

Jika hasil pemeriksaan tes Anda menunjukkan bahwa terdapat bercak putih pada paru – paru, kemungkinan besar telah terinfeksi virus Corona. Pada beberapa kasus penderita yang telah sembuh dari COVID-19 menunjukkan bahwa sistem pernafasannya menjadi rusak dan tidak bisa sembuh atau kembali seperti sedia kala.

5.    Sakit Tenggorokan


Kemudian gejala yang kelima yakni mengalami radang tenggorokan seperti kasus sakit flu biasa. Namun, hal tersebut masih menjadi perdebatan oleh berbagai pihak hingga sekarang. Karena gejalanya terbilang sangat mirip satu sama lain.

Ketika Anda mengalami sakit tenggorokan seperti radang, sebaiknya meminum obat untuk meredakannya di apotik – apotik terdekat. Namun, jika tidak kunjung sembuh, maka segera mendatangi poli umum atau khusus untuk melakukan tes kit Corona virus.

6.    Tubuh Lemas

Gejala yang terakhir ini membuat badan Anda menjadi letih, lunglai dan lesu. Seperti tidak bersemangat dalam menjalani aktifitas sehari – hari. Biasanya diikuti dengan sakit demam tinggi dan tenggorokan saat bangun tidur di pagi hari.

Biasanya proses awal terjadinya infeksi adalah badan menjadi lemas dan juga mengalami sakit kepala tak tertahankan. Jika Anda tidak ingin terinfeksi Corona, sebaiknya mulai sekarang rajin untuk berjemur di bawah sinar matahari langsung pada pukul 10:00 pagi karena dapat menangkal virus jahat tersebut.

Mengenali Virus Corona Lebih Awal 

Pada awalnya, virus ini dipelajari oleh peneliti China untuk mengetahui gambaran membuat antivirusnya. Dalam perkembangannya Corona virus mengalami mutasi dan dapat menginfeksi manusia. Hal tersebut dibuktikan ketika banyak pedagang pasar mengalami sakit – sakitan.

Kemudian wabah ini menyebar ke seluruh Negara dalam waktu singkat karena kejadiannya bertepatan dengan hari raya Imlek. Artinya semua warga China berbondong – bondong untuk pulang ke kampung halaman.

Akibat dari kegiatan tersebut membuat virus Corona menyebar ke seluruh dunia mulai dari Negara Korea, Jepang, Arab, Italia, Jerman, Arab, hingga Indonesia. Dan setiap harinya jumlah korban terus berjatuhan hingga menyentuh angka ribuan.

Kelompok Usia yang Mudah Terinfeksi Virus Corona

Pada Negara China, kebanyakan yang terkena adalah para orang tua berumur sekitar 65 tahun ke atas. Karena seringkali memiliki penyakit komplikasi lain sehingga keadaannya menjadi lebih buruk hingga menyebabkan kematian. Atau dalam keadaan tubuhnya tidak sehat karena kurang berolahraga.

Penyakit komplikasi yang dimaksud ini seperti diabetes, kanker, sakit pernafasan akut dan lain – lain. Kemudian orang – orang yang berusia 40 tahun juga memiliki resiko tinggi untuk terinfeksi virus Corona. Karena pada usia tersebut biasanya banyak penyakit lain mulai berdatangan.

Jika Anda termasuk dalam kategori usia diatas, sebaiknya menghindari orang – orang atau penderita yang telah terinfeksi. Atau dengan cara menjaga jarak sekitar 1 meter ketika berada di tempat umum. Misalnya melakukan kegiatan berbelanja atau mengantri untuk mengambil uang di bank, ATM dan lain – lain.

Cara Mencegah agar Tidak Terkena Virus Corona

Terdapat beberapa macam cara untuk mengindari Corona virus ini. Langkah pertama adalah jika tidak ada keperluan atau kepentingan di luar lebih baik tinggal di rumah saja. Kemudian step kedua yakni jangan terlalu sering memegang wajah menggunakan tangan. Karena saat menyentuhnya, belum tentu dalam keadaan bersih.

Langka ketiga adalah setiap memegang benda dari luar rumah, segera cuci tangan menggunakan sabun dengan benar. Tidak harus memakai merk tertentu, karena pada dasarnya semua sabun bisa untuk membunuh semua bakteri.

Kemudian langkah keempat adalah menjaga diri dengan sering berolahrga sekitar tiga kali setiap minggunya agar tubuh menjadi sehat. Lalu berjemur di pagi hari agar tidak kekurangan vitamin D yang sangat baik untuk memperkuat daya tahan. Dan jangan lupa makan, minum serta tidur di bawah jam 12 saat malam.

Kasus Corona saat ini telah berkembang sangat cepat dan korban berjatuhan pun semakin tinggi. Untuk Anda yang belum terinfeksi, sebaiknya di rumah saja dan tidak jalan – jalan ke luar karena situasinya sedang tidak kondusif dan kurang aman.

Demikian ulasan singkat mengenai 6 gejala virus Corona yang wajib banget untuk diketahui. Jika mengalami 6 hal diatas, segera melakukan karantina diri atau menjalani tes kit Corona virus di rumah sakit atau puskesmas terdekat di kota Anda. Semoga informasi ini bermanfaat ya! kunjungi Masriko.Com untuk mengetahui informasi seputar kesehatan lainnya.

18.01 - tanpa komentar