Cara Mudah Mengatasi Salah Bantal

Mazriko.Com - Salah Bantal menyebabkan Sakit leher atau leher terasa nyeri ketika bangun tidur,  merupakan keluh kesah bagi sebagian orang, bagaimana tidak, jangan kan untuk beraktivitas untuk menoleh saja leher terasa nyeri dan kaku.

Situasi seperti ini tentunya membuat aktivitas kita bias terganggu karena pergerakan leher kita menjadi tidak leluasa, meskipun salah bantal ini akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa waktu namun tentunya membuat tubuh menjadi tidak nyaman. Nah untuk mengetahui apa sebenarnya salah bantal itu sendiri dan bagaimana cara mudahnya dalam mengatasi salah bantal ini, simak berikut penjelasannya.

Apa itu salah bantal / bantalan ?

Bagi anda yang belum tahu Salah bantal biasa nya terjadi ketika seseorang yang bangun tidur lalu merasakan tidak nyaman / kaku / nyeri pada leher  sehinga pergerakan leher menjadi tidak enak.
Dalam ilmu kedokteran salah bantal dikenal dengan Muscles strain atau otot – otot yang tegang dan tertarik sehingga membuat otot – otot teriritasi atau robek. Muscle strain ini juga bias terjadi otot – otot lainnya seperti leher tadi, lalu bahu, punggung dan otot – otot lainnya yang terjadi iritasi atau robek.

Selain itu Muscle strain ini juga bisa terjadi karena penggunaan otot yang tidak tepat atau posisi yang salah bisa juga akibat terlalu payah atau kelelahan sehingga membuat otot - otot menjadi tegang dan menimbulkan rasa sakit.

Penyebab Salah Bantal / bantalan

Segala sesuatunya pasti ada penyebabnya, berikut ini kebiasaan yang menyebabkan terjadinya salah bantal / bantalan :

1 . Penggunaan bantal yang tidak tepat

Penggunaan bantal yang tidak tepat saat tidur bisa menyebabkan salah batal, gunakan bantal yang tidak terlalu keras ataupun lembek dan jangan gunakan bantal yang terlalu tinggi sehingga membuat nyeri pada leher.

2 . Posisi saat tidur 

Saat kita tidur tanpa disadari kita tidak tahu bagaimana posisi kita tidur dan berapa lama kita dalam posisi yang sama. Apakah kita tidur miring kekiri atau kenanan dalam waktu yang lama sehingga membuat otot bagian tersebut menjadi tegang yang menimbulkan rasa tidak nyaman saat bangun tidur.

3. Kondisi yang tidak nyaman

Selain penggunaan bantal dan posisi tidur yang tidak tepat ada juga beberapa kondisi yang menyebabkan otot leher menjadi tegang seperti posisi leher yang salah saat bekerja di depan computer badan yang membungkuk sehingga leher terlalu maju, begitu juga saat menyetir mobil atau sedang membawa beban berat, dan posisi lainnya yang membuat posisi leher tidak nyaman.

Cara mengatasi salah bantal / bantalan

Nah salah bantal / bantalan sendiri akan pulih dalam beberapa waktu namun kondisi seperti ini sangat menggangu dalam beraktivitas. Berikut ini cara mudah mengatasi salah bantal / bantalan :

1 . Gunakan bantal yang tepat

Bagaimana bantal yang tepat saat tidur yaitu bantal yang tidak keras atau lembek dan juga jangan terlalu tinggi atau rendah. Gunakan lah bantal yang pas untuk kepala yang bisa membuat nyaman kepala saat tidur sehingga membuat Tidur Menjadi Berkualitas

2 . Memijat secara perlahan

Tujuan memijat adalah untuk melemaskan otot – otot yang tegang dan kembali relaks. Lakukanlah pijatan ringan secara perlahan pada daerah leher, anda bisa memijat sendiri atau bisa juga meminta bantuan teman atau pasangan.

3 . Lakukan perenggangan otot leher

Nyeri saat bantalan disebabkan oleh otot yang tegang, dengan melakukan perenggangan otot leher secara perlahan jangan terlalu memaksa jika terasa kaku bisa terjadi kerusakan pada otot.
Lakukanlah gerakan – gerakan ringan saja, Hal ini hanya bertujuan untuk membuat otot menjadi lemas dan relaks. 
  
4 . Menjemur Bantal bekas kita tidur

Menurut sebagian orang didaerah saya jika terjadi salah bantal sebaiknya jemurlah bantal bekas kita tidur semalam pada terik matahari sehingga membuat bantal menjadi panas. Ketika bantal tersebut sudah panas lalu pakai buat kita tiduran selagi hangat.

Nah itulah cara mudah mengatasi salah bantal / bantalan, pada umumnya salah bantal akan sembuh dengan sendirinya dalam berapa waktu entah beberapa hari. Namun jika sudah beberapa hari tak kunjung sembuh malah semakin parah dan menimbulkan gejala – gejala seperti mual / muntah, sesak nafas, muncul benjolan maka segeralah konsultasikan kepada dokter terpercaya.

Jika artikel ini bermanfaat silahkan share dan jika kamu ingin mengetahui lebih banyak tentang informasi seputar kesehatan silahkan kunjungi  Masriko.Com

08.37 - tanpa komentar