Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Dengan Mudah Supaya Tubuh Tetap Kuat

Masriko.Com – Menjaga Daya Tahan Tubuh supaya gak gampang sakit merupakan perihal yang mudah dilakukan. Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit perlu menerapkan beberapa cara mudahnya.

/2020/03/cara-menjaga-daya-tahan-tubuh-dengan-mudah.html

Cara yang bisa dilakukan dalam meningkatkan daya tahan tubuh dan stamina itu dengan menerapkan pola hidup sehat. Daya tahan tubuh yang lemah biasanya tidak menerapkan pola hidup sehat, maka dari itu agar tubuh selalu tetap fit dan dapat berakitivitas secara optimal sangat penting untuk menerapkan pola hidup sehat.

Terlebih saat musim hujan tiba sangat penting menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit seperti flu, batuk, demam dan penyakit lainnya.

Banyak orang mengkonsumsi obat dan suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan staminanya seperti para artis – artis yang memiliki banyak jadwal show dan para pekerja keras diluar sana.  Dan tentunya obat dan suplemen yang dikonsumsi  perlu anjuran atau rekomendasi oleh dokter.

Menjaga Daya Tahan Tubuh Dengan Menerapkan Pola Hidup Sehat


Menerapkan  pola hidup sehat merupakan peran penting dalam menjaga dan meningkatkan sistem imunitas tubuh agar tubuh senantiasa selalu kuat dan bugar, berikut caranya :

1 . Rutin Berolahraga

Berolahraga ini sangat mudah dilakukan bagi semua orang, akan tetapi seringkali orang tidak atau malas untuk berolahraga. Olahraga yang disarankan juga ialah olaharaga yang ringan – ringan saja seperti berjalan kaki atau lari kecil. Banyak Manfaat Berolahraga, olahraga sekurang - kurangnya  30 menit setiap hari bisa meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

2 . Cukup Tidur

Orang yang kurang tidur rentang mudah terserang penyakit karena daya tahan tubuh yang lemah. Mencukupi waktu tidur dan tidak begadang merupakan salah satu cara mudah untuk menerapkan pola hidup sehat. Pada umumnya, anak – anak dan remaja membutuhkan waktu tidur antara 9-10 jam perhari sedangkan untuk orang dewasa membutuhkan waktu tidur antara 7-8 jam perharinya.

Baca Juga : Tips Membuat Tidur Berkualitas

3 . Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Mengkonsumsi makanan yang kaya akan gizi seperti serat, protein, vitamin dan mineral mampu meningkat sistem kekebalan tubuh, selain itu penyajian yang bersih dan higenis juga perlu di perhatikan agar tidak menimbulkan bakteri atau virus yang menyebabkan penyakit berbahaya.

4 . Jangan Stress

Stress yang dialami oleh tubuh dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh yang membuat tubuh mudah terserang penyakit. Mengelolah stress dengan baik merupakan langkah mudah untuk menjaga daya tahan tubuh agat selalu kuat dan bugar.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Stress Dalam Diri Kamu

5 . Minum Air Yang Cukup

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Banyak minum air putih / mineral sangat penting  bagi orang yang bekerja di luar ruangan / berpanas – panasan. Selalu cukupi kebutuhan cairan tubuh agar tubuh selalu tetap bugar dan fit, selain itu baca juga Banyak Manfaat Minum Air Putih .

6 . Tidak Merokok

Sudah sejak lama diketahui bahwa rokok merupakan salah satu penyebab penyakit berbahaya, dan pada bungkus rokok juga sudah terdapat peringatan dan gambar yang mengerikan. Asap rokok yang ditimbulkan bukan saja mempengaruhi kesehatan bagi perokok tetapi juga bagi orang – orang tersayang yang ada disekitar anda. Selain itu Dampak Merokok bukan hanya mengakibatkan masalah kesehatan tetapi juga menyebabkan dompet tipis.

Singkat cerita, Dahulu admin juga seorang perokok berat, tetapi admin sendiri ada keinginan kuat untuk berhenti/Stop dengan kegiatan merokok.  Setiap kali mau merokok saya alihkan fikiran serta tubuh saya untuk berolahraga pokoknya tubuh harus bergerak aktif. Memang tidak mudah untuk berhenti merokok, admin juga sudah berhenti 1 minggu ehh gak taunya ngulang ngerokok lagi, lalu coba berhenti lagi 1 bulan gak lama ngulang ngerokok lagi, lalu saya coba terus dan hingga sekarang sudah beberapa tahun terakhir alhamdulilah admin sudah bebas dari rokok (singkat cerita pengalaman admin dalam berhenti merokok siapa tahu ada yang ingin berhenti merokok juga).

7 . Selalu Menjaga Kebersihan 

Menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan sekitar dapat menghindari tubuh dari serangan penyakit. Selain itu menjaga kebersihan makanan, tempat tidur, tempat bekerja dan selalu mencuci tangan saat hendak makan merupakan hal yang mudah dilakukan dalam menjaga daya tahan tubuh.

8 . Selalu Menjalankan Perintah Tuhan Yang Maha Esa

Bagi umat muslim, selalu menjalan kan perintah Allah dengan mengerjakan Sholat, puasa dan lainnya. Dengan whudu kita senangtiasa menjaga kebersihan dan dengan sholat dan berdoa membuat fikiran menjadi sejuk dan tenang.

Nah jika penerapan pola hidup sehat seperti diatas sudah dilakukan dengan benar dapat meningkatkan daya tahan dan sistem imunitas tubuh, untuk mengkonsumsi berbagai suplemen sebaiknya konsultasikan dahulu kepada dokter agar dapat rekomendasi serta penggunaan dosis yang tepat. Jika ingin mengetahui informasi seputar kesehatan lainnya silahkan kunjungi Masriko.Com ya.

19.28 - tanpa komentar