Tips Dan Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Dari Penyakit Di Musim Pancaroba

https://mazriko.blogspot.com/2019/11/tips-dan-cara-menjaga-kesehatan-tubuh-dimusim-pancaroba.html
Dimusim pancaroba biasanya menjadi munculnya berbagai macam penyakit yang mengakibatkan daya tahan tubuh bisa terganggu. Umumnya pada anak – anak yang mudah terserang penyakit tetapi tidak menutup kemungkinan orang dewasa juga bisa terserang penyakit.

Cara menjaga kesehatan tubuh anak tentu harus diperhatikan oleh orang tua. Menjaga daya tahan tubuh tetap kuat di musim pancaroba ini menjadi pekerjan rumah bagi orang tua supaya anak tetap kuat dan aktif.

Dengan adanya musim pancaroba ini banyak membuat orang mengalami berbagai macam penyakit seperti flu, diare, demam, dll.  Jadi betapa Pentingnya menjaga kesehatan tubuh di musim pancaroba.

Berikut ini Artikel Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Dari Berbagai Penyakit :


1 . Menjaga Kebersihan Lingkungan

Lingkungan sekitar tempat kita tinggal haruslah tetap bersih supaya mencegah berkembangbiaknya virus atau bakteri yang menyebabkan tubuh mudah terserang penyakit.

Nah, apakah kebersihan lingkungan kita sudah bebas dari virus atau penyakit?. Cara menjaga kebersihan lingkungan didalam rumah maupun diluar rumah seperti membersihkan lantai rumah, selalu menjaga kebersihan tempat masak dan tempa maka, menutup tempat penampungan air supaya tidak menjadi sarang nyamuk, rutin membersihkan / menyuci tempat tidur, membuang sampah jauh dari pemukiman atau bisa juga menimbunnya, membersihkan sampah – sampah di selokan sekitar rumah dan lain sebagainya.

2 . Selalu Membersihkan Tubuh

Membersihkan tubuh merupakan salah satu cara untuk menjaga daya tahan tubuh, membersihkan tubuh sehabis bekerja atau bepergian juga membuat tubuh lebih segar.

Selain itu selalau menjaga kebersihan tangan dan mulut setiap sebelum atau sesudah makan supaya bakteri tidak menempel ditangan.

3 . Mengkonsumsi Makanan Sehat

Makanan yang sehat dapat memenuhi asupan gizi, sehingga apa yang kita konsumsi menentukan kesehatan tubuh kita sendiri. Mengkonsumsi makanan kaya nutrisi dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Perbanyak makanan seperti sayuran dan buah – buahan, jangan mengkonsumsi makanan junk food / fast food karena banyak mengandung lemak dan bahan – bahan pengawet.

Baca Juga : Cara Mengurangi Konsumsi Junk Food

4 . Penuhi Asupan Cairan Tubuh

Asupan cairan tubuh harus tetap terpenuhi jangan sampai tubuh mengalami dehidrasi. Kebutuhan cairan setiap orang berbeda – beda tergantung pada aktivitas yang dilakukan oleh orang tersebut, apakah orang tersebut bekerja di luar ruangan dan berpanas – panasan.

Sebisa mungkin kurangi minuman yang berkafein atau bersoda yang akan membuat perutmu kembung, minumlah air putih mineral yang lebih sehat.

Baca Juga : Manfaat Minum Air Putih Bagi Kesehatan

5 . Rutin Berolahraga

Banyak orang yang disibukan dengan pekerjaannya masing – masing sehingga orang banyak lupa untuk berolahraga. Jika tubuh jarang atau bahkan tidak sempat berolahraga maka daya tahan tubuh akan berkurang atau lemah sehingga penyakitpun mudah menempel dan menyerang tubuh.

Jadi sebisa mungkin sempatkan tubuh berolahraga minimal 20 – 30 menit setiap harinya. Dengan berolahraga daya tahan tubuh akan meningkat sehingga penyakit tidak mudah menyerang.

Baca Juga : Pentingnya Berolahraga Bagi Kesehatan

  6 . Istirahat Yang Cukup Jangan Begadang

Setelah lelah seharian bekerja tubuh perlu istirahat yang cukup dan jangan sampai waktunya istirahat tubuh masih untuk  bekerja. Dengan beristirahat tubuh akan mereleksasi sel – sel atau otot – otot tubuh yang akan membuat tubuh kembali segar.

Begadang Jangan Begadang kalau tidak ada artinya, begadang boleh saja kalau ada perlunya (menurut lagu rhoma irama). Mengurangi waktu tidur dapat membuat tubuh menjadi lemas melakukan aktivitas sehingga pekerjaan menjadi tidak maksimal, selain itu begadang juga membuat tubuh mudah mengalami obesitas.

Baca Juga : Cara Membuat Tidurmu Lebih Berkualitas

7 . Selalu Bersyukur Kepada Tuhan

Selalu bersyukur kepada Tuhan yang telah memberikan kesehatan jasmani dan rohani, dengan tetap bersyukur bisa membuat pemikiran kita betapa pentingnya menjaga kesehatan.

Bagi umat muslim selalu besyukur kepada Allah dengan menjalankan kewajibanNya dan menjauhi segala laranganNya, niscaya Allah selalu memberikan kesehatan kita selalu.

Nah, dengan melakukan beberapa tips diatas niscaya tubuh akan selalu tetap sehat dan bugar sehingga kita dapat melakukan aktivitas seperti biasanya.

18.24 - tanpa komentar