Ketahui Bahaya Konsumsi Garam Belebih Dan Kekurangan Bagi Kesehatan

Bahaya Konsumsi Garam Belebih Dan Kekurangan Bagi Kesehatan, Garam merupakan yang biasa digunakan untuk bahan bumbu masakan. Makanan tanpa garam tentu tidak nikmat. Namun jika konsumsi garam berlebih akan mengakibatkan gangguan pada kesehatan tubuh.
https://mazriko.blogspot.com/2018/05/ketahui-bahaya-konsumsi-garam-belebih-dan-kekurangan-bagi-kesehatan.html
Garam itu sendiri memiliki rasa asin dan gurih namun dibalik garam memiliki kelebihan dalam membuat sebuah masakan lebih kaya rasa dan lezat, justru jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih dapat menimbulkan efek samping.

Akibat kelebihan garam dalam tubuh dapat memicu penyakit berbahaya seperti salah satunya hipertensi atau darah tinggi.

Meskipun kelebihan konsumsi garam berbahaya bagi kesehatan namun jika kekurangan konsumsi garam juga dapat mempengaruhi kesehatan tubuh, jadi memperhatikan dan bijak dalam konsumsi garam.
Konsumsi garam harus baik dan benar takaran yang ideal itu 2,3 - 6 gram perhari.

Nah berikut ini bahaya konsumsi garam berlebih bagi kesehatan :

1. Garam Menyebabkan Hipertensi atau Darah Tinggi

Penyakit yang dapat disebabkan oleh terlalu banyak konsumsi garam yaitu hipertensi atau darah tinggi, nah bagi anda yang belum atau sudah mengalami gejala hipertensi atau darah tinggi sebaiknya kurangi konsumsi garam ini, demi kesehatan tubuh anda.

2. Garam Menyebabkan Potensi Stroke

Konsumsi garam mineral berlebih dapat meningkatkan potensi stroke seseorang. Hal ini dibenarkan oleh beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa garam berpotensi meningkatkan stroke dan menganjurkan mengurangi konsumsi garam minimal 1 gram perhari untuk mengurangi resiko stroke.

3. Garam Menyebabkan Gangguan Kardiovaskuler

Gangguan kardiovaskuler berkaitan dengan kinerja jantung sehingga sangat membahayakan kesehatan. Asupan garam berlebih bisa menimbulkan penyakit hipertensi sehingga berpotensi memunculkan gejala kardiovaskuler.

4. Garam Menyebabkan Dehidrasi

Kandungan Natrium garam yang berlebih dapat menyerap habis air dalam tubuh sehingga tubuh terasa seperti dehidrasi yang mengakibatkan sulitnya berkonsentrasi, halusinasi, lemas, dan mudah lelah. Orang yang suka makan makanan yang asin seperti keripik, gorengan atau makanan asin lainnya, maka akan mudah sekali mengalami rasa haus dan rasa kering di mulut.

5. Garam Menyebabkan Gangguan Pencernaan

Asupan garam berlebih juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti menyebabkan terjadinya luka pada lambung dan usus sehingga menimbulkan gangguan pada salura pencernaan.

6. Garam Menyebabkan Kerontokan Rambut

Kerontokan rambut menandai terjadinya gangguan pada kulit kepala. Masalah rambut juga berkaitan dengan kinerja jantung, bila konsumsi garam natrium berlebih maka akan menggagu kesehatan tubuh salah satunya masalah rambut.

7. Garam Menyebabkan Osteoporosis

Penyakit osteopotosis disebakan adanya kekurangan kalsium pada tulang. Konsumsi garam yang berlebihan dapat menghilangkan zat mineral pada tulang sehingga mudah terjadinya penyakit osteoporosis. Selain itu kebanyakan konsumsi garam dapat meningkatkan penipisan tulang akibat ekresi kalsium berlebih.

Baca Juga :
* Tips Menjaga Kesehatan Tulang

8. Garam Menyebabkan Gangguan Ginjal

Konsumsi garam yang berlebih juga menimbukan gangguan pada ginjal, sebab ginjal lebih bekerja extra. Jika kebiasaan ini berlangsung jangka waktu lama dapat memicu penyakit pada organ ginjal.

9. Garam Menyebabkan Kematian

Garam yang berlebih dalam tubuh dapat menimbulkan penyakit berbahaya seperti Hipertensi/darah tinggi, stroke, gangguan ginjal, kanker dan lainnya. Jadi konsumsi garam Berlebih sebaiknya dikurangi dan menjalankan pola hidup sehat.

Tips Sederhana Mengurangi Konsumsi Garam Berlebihan

1. Belajar Masak

Dengan kita belajar masak maka tidak perlu lagi kita membeli makanan yang belum tentu baik. Selain itu dengan memasak sendiri kita dapat mengatur gizi yang baik untuk tubuh kita.

2. Menghindari Makanan Junk food 

Dengan kita tahu mana yang baik untuk tubuh kita, makan kita dapat menghindari mana makanan yang dapat merusak kondisi kesehatan tubuh seperti menghindari makanan junk food dan belajar masak makanan yang sehat.

Baca Juga :
* Cara Mencegah Dan Mengurangi Konsumsi Junk Food

3. Menghindari Makanan Asin

Makanan yang asin dapat menggugah selera makan kita, akan tetapi sebaiknya mengurangi makanan yang asin seperti ikan asin, gorengan dan makanan asin lainnya.

Kurangi juga cemilan - cemilan yang banyak mengadung garam yang terdapat pada gorengan, keripik, atau cemilan lainnya.

4. Mencukupi Kebutuhan Air Putih

Mencukupi kebutuhan air putih dapat mencegah terjadinya dehidrasi akibat konsumsi garam. Selain konsumsi air putih setiap hari juga dibarengan olahraga teratur dan tidur yang cukup sehingga tubuh selalu sehat dan segar.

Baca Juga :
* Manfaat Konsumsi Air Putih Bagi Tubuh

Nah konsumsi garam tidak boleh berlebih dan juga tidak boleh kekurangan. Bila tubuh kekurangan garam dapat menimbulkan gangguan Hiponatremia. Hiponatremia dapat berlangsung beberapa hari dan menimbulkan gejala seperti :

1. Merasa Lemas
2. Sakit Kepala
3. Kram dan Nyeri Otot
4. Sulit Berfikir dan Kebingungan
5. Mual dan Muntah - muntah
6. Mudah Emosi
7. Kehilangan Nafsu Makan

Jika Hiponatremia sudah akut dan serius maka akan mengalami komplikasi seperti :

1. Halusinasi, hilang kesadaran dan koma
2. Kerusakan Pada otak
3. Dapat menyebabkan Kematian

15.38 - tanpa komentar