Dampak Merokok Bagi Kesehatan Dan Ekonomi

Dampak Merokok Bagi Kesehatan Dan Ekonomi, Merokok merupakan kebiasan masyarakat umum sehingga tidak asing lagi bagi banyak orang. Merokok berdampak pada remaja/pelajar serta lingkungan.
dampak merokok bagi kesehatan dan ekonomi; merokok; bahaya merokok; efek merokok; sakit jantung; paru - paru; penyebab merokok; coba coba; perokok aktif; perokok non aktif / pasif; merokok pagi hari; merokok menyebabkan; berhenti merokok; alasan merokok; daya tahan tubuh; mengapa orang merokok; pengertian merokok; aktivitas merokok; merokok sambil ngopi; kerugian merokok; merokok bagi pria dan wanita; merokok bagi remaja dan dewasa, bayi, anak anak;merokok membunuhmu; rokok batang; rokok ketengan;
Mereka yang merokok tidak tahu dampak dari bahayanya merokok, dari berbagai penelitian kebiasaan merokok dapat membahayakan kesehatan seperti menyebabkan kanker paru - paru, lidah, kerongkongan dan masalah kesehatan lainnya.

Namun ada dari mereka yang sudah tahu bahwa banyak peringatan dilarang merokok lantaran banyaknya bahaya merokok untuk kesehatan.

Dalam sebuah survey menyebutkan bahwa penyebab banyak kematian disebabkan penyakit jantung. Meningkatnya kematian akibat penyakit jantung terkait langsung dengan kebiasaan merokok ini.

Selain itu efek merokok ini dapat dialami oleh si perokok aktif dan perokok non aktif.

- Perokok aktif ini merupakan orang yang sedang atau melakukan kebiasaan merokok.

- Perokok non aktif/pasif ini merupakan  orang yang tidak merokok atau sudah berhenti merokok dan balita atau ibu hamil.

Dampak yang dialami si perokok aktif dan non aktif ini hampir sama, hanya saja perokok aktif langsung bersentuhan dengan batang rokok sedangkan non aktif tidak.

Penyakit yang ditimbulkan oleh perokok aktif sudah jelas seperti penyakit kanker mulut, gangguan pembulu darah, impotensi, dll. Sedangkan gangguan yang dialami oleh si perokok non aktif seperti gangguan pernafasan, gangguan kehamilan atau pada janin, dll.

Nah Kebiasaan merokok tidak hanya membayakan kesehatan tetapi juga membahayakan ekonomi. Bayangkan saja jika seorang perokok menghabiskan 1 - 2/lebih bungkus per harinya.

Harga rokok yang dibeli 1 bungkusnya Rp 12.000 per hari lalu dikalikan 30 hari/1 bulan, maka uang yang dihabiskan untuk biaya merokok per bulan kisaran Rp 360.000. Itu kalau 1 bungkus bagaimana jika per hari bisa menghabiskan 2 atau lebih tentu mengganggu finansial anda.

Kandungan Yang Berbahaya Pada Rokok

Mengapa rokok itu sangat berbahaya dan apa saja kandungan pada rokok itu ?

Sebanyak 4000 bahan kimia terdapat pada rokok, didalam bahan kimia tersebut terdapat banyak zat yang menyebabkan kanker. Berikut kandungan pada sebatang rokok :

1. Tar

Tar merupakan kandungan dalam rokok yang ikut terhisap ke paru - paru dan mengendap. Tar tersebut lalu melapisi paru - paru dan menggangu kinerja pada rambut halus pada paru -paru sehingga menumpuknya kuman dan bahan kimia yang memicu sel kanker.

2. Karbon Monoksida

Karbon monoksida ini juga terdapat pada asap kenalpot mobil. Zat ini masuk kedalam tubuh dan mengikat suplai darah sehingga menghalangi oksigen dalam darah yang menghatarkan keseluruh bagian tubuh. Hal ini yang menyebabkan orang mudah lelah dan merasa kehabisan nafas.

3. Gas Oksidan

Gas ini yang dapat mengganggu oksigen sehingga dapat memicu resiko stroke dan serangan jantung.

4. Benzene

Zat ini dapat ditemukan dalam bahan bakar sehingga kalau masuk kedalam tubuh dapat merusak sel pada tingkat genetik. zat ini juga dapat penyebab pemicu kanker ginjal dan leukimia.

5. Nikotin 

Zat nikotin merupakan zat yang dapat menyebabkan ketergantungan pada rokok sehingga perokok merasa ketagihan. Zat ini dapat meracuni syaraf tubuh, penyempitan pembuluh darah, dan meningkatkan tekana darah.

 Zat kimia lainnya pada rokok seperti nitrogen oksida, hidrogen sianida, amoniak, akrolein, asetilen, benzaldehid, urethan, methanol, kumarin, ortokresol, perylene, arsenic, formalin dan banyak bahan kimia lainnya.

Ganguan Yang Terjadi Pada Seorang Perokok

1. Menurunnya Antibodi

Pada seorang perokok mengalami penurunan sistem antibodi terhadap bakteri dalam tubuh. Semakin bertambahnya bakteri yang menyerang sel - sel tubuh maka tubuh akan mudah sakit bahkan memicu terjadinya infeksi sel kanker.

2. Gangguan Kardiovaskular

Seorang perokok memasukan zat berbahaya bagi tubuh yang memicu penyakit berbahaya. Seorang perokok lebih beresiko 4 kali lebih tinggi menderita penyakit jantung.

3. Kerusakan Otak

kebiasaan merokok dapat merusak sistem kinerja otak sehingga menyebabkan kerusakan otak dan kematian.

4. Pemicu Stroke

Merokok dapat meningkatkan resiko stroke hingga 50 %. akibat adanya penyempitan dan kerusakan pada pembuluh darah.

Baca Juga :  Cara Mencegah Penyakit Jantung Sejak Dini

5. Gangguan Pada Mulut

Seorang perokok biasanya mengalami gangguan pada bau mulut dan gigi yang bernoda, hal ini diakibatkan adanya bakteri yang timbul akibat zat dalam rokok. Masalh ini bisa lebih parah seperti meningkatnya kanker lidah, tenggorokan, bibir, dan suara.

6. Paru - Paru

Paru - paru merupakan potensi besar bagi rokok. Bahan - bahan kimia yang masuk kedalam paru - paru akan menimbulkan penyakit pernafasan. Penyakit yang lebih seriusnya seperti bronkitis, pneumonia, emfisema.

7. Gangguan lambung

Kandungan rokok dapat melemahkan otot kerongkongan sehingga menyebabkan asam lambung naik. penyakit yang lebih serius seperti kanker lambung dan tukak lambung.

8. Gangguan Kulit

Seorang perokok akan kelihatan lebih tua dibanding yang tidak merokok, hal ini terjadi karena racun dalam rokok menyebabkan berkurangan asupan oksegen ke kulit sehingga menimbulkan masalah kulit.

Baca Juga Cara Mengatasi Panu Secara Tradisional

9. Gangguan Kesuburan

Pria yang merokok bisa menyebabkan impotensi, mengurangi kualitas sperma, kanker  testis dan lemah dalam melawan infeksi bakteri.

10. Gangguan Psikologis

Seorang kecanduan rokok akan mengalami gangguan psikologis seperti meningkatnya stress. Sehingga jika tidak lagi menghisap rokok dapat membuat perasaan gelisah dan cemas. Karena zat nikotin yang membuat sifat ketagihan.

Kenapa Sih Orang Merokok ?

1. Orang merokok biasanya berdampak pada remaja atau pelajar yang ikut - ikutan teman atau orang dewasa untuk gaya - gayaan.

Biasanya para pelajar beranggapan bahwa dengan merokok mereka lebih percaya diri dalam urusan kelas maupun pdkt cewek. Namun hal ini salah besar, hal ini hanyak memiliki sifat sementara, sehingga keinginan terus untuk merokok. Nah menurut pribadi, masalah percaya diri itu dapat terbentuk dari diri kita dan kebiasaan yang kita lakukan.

2. Orang biasanya merokok untuk mengalihkan tekanan dalam dirinya seperti untuk mengalihakan stress, emosi, atau depresi.

Didalam kandungan rokok ada zat nikotin yang dapat membuat perasaan relaks sehingga siperokok ini dapat mengalihkan stressnya.Hal ini salah karena jika zat nikotin dalam rokok terputus maka akan timbul rasa gelisah dan cemas. Nah banyak cara untuk mengalihkan stress yaitu contohnya mendengarkan musik atau berolahraga.

 Nah Beikut Ini Tips sederhana Untuk Berhenti Merokok agar tubuh anda lebih sehat dan meningkatkan finansial anda  :

1. Niatkan

Saya dulu adalah seorang perokok juga, dan saya sering untuk meninggalkan kebiasaan merokok tersebut dan kembali lagi. Lalu saya terus berusaha untuk tidak merokok hingga sampai berpuluh - puluh kali. Dan kini saya sudah bebas dari namanya rokok.

Jadi pengalaman saya untuk berhenti merokok harus ada niat dan terus berusaha untuk berhenti merokok dengan seiring berjalannya waktu.

2. Mengelolah Stress

Stress bisa menyebabkan orang berkeinginan untuk merokok. Jadi kelolah stress anda dengan baik. untuk mengelolah stress anda bisa melakukan olahraga seperti joging atau jalan santai pada pagi hari, berjemur pagi hari juga dapat menghilangkan stress, mendengarkan musik.
 
Baca Juga :  Pentingnya Berolahraga Bagi Kesehatan

3. Menyikat Gigi

Dengan menyikat gigi maka mulut anda lebih bersih dan segar. Mulut yang segar akan mengurangi rasa ingin merokok.

4. Mengunyah Permen Karet

Mengunyah permen Karet rendah gula juga mampu mengurangi rasa ingin merokok.

5. Perbanyak Minum Air Putih

Minum air putih secukupnya dapat mengurangi rasa ingin merokok serta membuat tubuh lebih segar dan bugar.

Baca Juga :  Manfaat Minum Air Putih Bagi Tubuh

6. Mengurangi Konsumsi Kopi

Minuman yang mengandung cafein dan alkohol dapat meningkatkan keinginan untuk merokok.

7. Konsumsi Buah Dan Sayur

Mengkonsumsi buah dan sayur memberikan efek baik untuk tubuh, seiring kita seringnya mengkonsumsi buah dan sayur maka sifat keinginan untuk merokok akan hilang.

Nah, Kenapa Sebagian Orang yang Merokok Bisa Tetap Sehat?

Ya, Kenapa Sebagian Orang yang Merokok Bisa Tetap Sehat ?

Sobat semua, kita tahu bahwa selama ini digadang-gadang bahwa rokok dapat menyebabkan penyakit impotensi, gangguan janin dan kehamilan, penyakit jantung, hipertensi dan sebagainya.

Tetapi, kenapa ada perokok yang tetap sehat?

“om saya, paman saya, dan kakek saya semuanya perokok berat. Dalam 1 hari bisa sampai 2 pak. Tetapi mengapa usianya bisa sampai 70-80 tahun?”

Bagi anda yang membaca ini, usianya di atas 70 tahun tetapi setiap hari merokok, mungkin anda bisa bagikan kepada para perokok lainnya. tips-tips anda apa, dan mengapa anda bisa sehat walaupun anda merokok?

Sebelum saya membahas ini, merokok itu memang masih merupakan masalah ‘kontroversial’.

“Tetapi bagaimana Saya kalau tidak merokok, rasanya saya stress, saya pusing dan sebagainya. Saya tidak bisa berhenti merokok. Mungkin kalau mengurangi, saya bisa.

Lalu, apa yang harus aya lakukan supaya saya tetap sehat walaupun saya merokok?”.

Oke, disini saya mau menjelaskan dahulu. Seseoarng bisa jatuh sakit, tentu saja itu karena ada faktor-faktor resiko yang membuat mereka sakit. Ini yang harus anda pahami dulu.

Jadi, faktor-faktor resiko yang bisa membuat anda sakit bukan hanya “rokok”. Tetapi masih banyak yang lainnya. Mungkin anda tidak merokok. Tetapi, mengapa anda jatuh sakit?

Karena faktor resiko yang pertama : anda tidak menjaga berat badan anda. Pola makan anda banyak lemaknya, gorengan atau pedas. Kemudian pola tidur anda. Anda sering begadang. Anda stress masalah pekerjaan. Mungkin masalah di rumah, istri, anak dan sebagainya. Anda stress terlalu berat. Kurang rekreasi, kemudian polusi udara. Mungkin anda tinggal di kota besar industri. Banyak pabrik disana. Kemudian, anda kurang berolahraga.

Jadi, faktor untuk membuat anda sakit itu banyak. Bukan cuma rokok. Tetapi yang selalu disalahkan adalah rokok. Saya bukan membela rokok.

Tetapi saya hanya memberikan fakta bahwa ada banyak faktor yang dapat menyebabkan anda sakit. Lalu, mengapa mereka yang merokok bisa berumur panjang?

Mungkin mereka hanya melanggar salah satu atau salah dua di antara beberapa faktor tersebut. Saya mempunyai teman yang usianya sudah paruh baya. Sudah sekitar 50 tahun. Beliau memang aktif merokok. Tetapi, beliau setiap harinya melakukan olahraga. Minimal lari 3 kilo. Dan bahkan, beliau ikut olaharaga marathon dan triathlon.

Anda bisa bayangkan. Seorang perokok, tetapi masih aktif melakukan olahraga, makan makanan yang bergizi, dan bahkan beliau masih bisa mengikuti olahraga triathlon. Itu adalah olahraga yang tidak mudah, menurut saya.

Bahkan anda yang berusia 20 tahun pun belum tentu anda bisa melakukan olahraga ini.

Jadi, apa rahasianya? Beliau mengatakan, “Saya memang tidak bisa berhenti merokok. Tetapi paling tidak, saat saya mau mengikuti marathon, saya hentikan dulu rokoknya sebentar. Jadi, dia memfokuskan dirinya untuk olahraga tersebut. Dan ketika olahraga tersebut sudah selesai, beliau merokok lagi.

Dan tentu saja, jumlah rokok per hari yang anda konsumsi itu juga mempengaruhi kondisi kesehatan anda. Mungkin saat anda stress, anda merokok. Lalu stress anda berkurang.

Tetapi jika anda berdalih dengan dalil ‘stress’, kemudian anda merokok, dalam sehari bisa 4 sampai 5 pak. Seperti kereta api, tidak bisa berhenti. Maka hal ini juga akan mengganggu kesehatan anda.  Terutama paru-paru dan organ-organ tubuh yang lainnya.

“Lalu, bagaimana caranya? Saya ingin berhenti merokok. Dalam sehari, saya merokok 4 sampai 5 ”. Wah, itu jumlah yang besar. 4 sampai 5 pak per hari. Saran saya adalah anda jangan langsung berhenti merokok. Bukan saya pro rokok, tidak.

Ketika anda langsung berhenti merokok, maka otak anda yang terbiasa dengan zat-zat yang terdapat di dalam rokok, salah satunya nikotin itu akan menderita karena tidak mendapatkan asupan zat-zat tersebut lagi.

Jadi yang perlu anda lakukan adalah kurangi secara perlahan. Sama seperti anda yang biasanya makan 2 piring nasi dalam sekali makan. Lalu tiba-tiba anda tidak makan nasi. Apa yang terjadi? Sama seperti itu.

Jadi, caranya adalah mengurangi jumlah rokoknya pelan-pelan. Mungkin hari ini anda mengurangi rokok menjadi 4 pak. Awalnya lima, menjadi empat. Kemudian, bertahap dikurangi pelan-pelan menjadi 3 pak, 2 pak, 1 pak. Kemudian dikurangi terus. Lama-kelamaan, anda bisa berhenti total.

Jadi, bagi anda yang ingin berhenti merokok, lakukanlah tips dari saya tadi dan juga satu :

Alihkan perhatian anda ketika sedang stress atau ada masalah ke hal yang positif. Daripada anda merokok, cobalah anda lakukan kegiatan-kegiatan yang lain. Contohnya olahraga seperti sepak bola, atau anda bergabung dengan komunitas-komunitas yang lain. Tentu saja yang positif.

Oke, ini adalah tips dari saya. Bagaimana dengan artikel diatas masih mau merokok. Merokok memang bukan penyebab utama namun juga sangat membahayakan kesehatan dan mengurangi kualitas hidup / tidak menikmati hidup. Sekian semoga bermanfaat, terus Kunjungin Masriko.Com untuk mencari informasi kesehatan lainnya.

10.41 - 2 komentar