Cara Mudah Mencegah Penyakit Jantung Sejak Dini

Cara Mencegah Penyakit Jantung Sejak Dini, Penyakit jantung merupakan penyakit mematikan karena kematian terbesar didunia disebabkan oleh penyakit serangan jantung.
https://mazriko.blogspot.com/2018/05/cara-mudah-mencegah-penyakit-jantung-sejak-dini.html
Penyakit jantung ini bisa disebabkan oleh adanya riwayat keluarga yang memiliki penyakit jantung serta gaya hidup yang tidak sehat. Seperti pola makan yang tidak sehat.

Selain dari segi makanan yang tidak sehat seperti sering konsumsi Junk Food, gaya hidup yang buruk seperti jarang berolahraga, sering begadang, merokok/narkoba, konsumsi alkohol dan lainya. Itu semua dapat menimbulkan penyakit mematikan ini.

Penyakit Jantung juga menyerang tanpa mengenal batasan usia, sudah banyak kejadian dimana usia - usia yang tergolong masih mudah mengalami serangan jantung.

hal ini menjadi kekhawatiran karena banyak seserang yang meninggal secara mendadak akibat serangan jantung ini. Maka dari itu sangat penting bagi kita untuk mengenali ciri - ciri penyakit jantung sehingga dapat kita cegah sejak dini sebelum terlambat.

Berikut ini tanda - tanda awal penyakit jantung :

1. Terasa nyeri pada bagian dada.
2. Sering rasa berdebar pada jantung.
3. Mudah lelah melakukan aktivitas tidak begitu berat.
4. Sulit tidur.
5. Sesak nafas yang dibarengi keringat dingin.
6. Sering kesemutan pada bagian tubuh.

Ada banyak cara untuk mencegah penyakit jantung seperti menjalani hidup sehat seperti berikut ini :

1. Berolahraga

Berolahraga bukan lah yang sulit dan sudah menjadi kebutuhan manusia. Bagi orang yang pekerjaannya mengharuskan banyak duduk seperti pekerja kantoran yang kurang gerak. Kebiasaan ini dapat menimbulkan penyakit berbahaya seperti serangan jantung dan Obesitas.

Maka, untuk menghindari penyakit berbahaya tersebut luangkan waktu untuk berolahraga minimal 30 menit setiap hari. Berolahraga tidak perlu yang berat - berat cukup skiping atau joging bersama teman.

Baca Juga : 
* Manfaat Berolahraga Bagi Kesehatan

2. Tidur Yang Berkualitas

Selain tubuh perlu bergerak, tubuh juga perlu istirahat yang cukup. Tidur yang cukup dapat menyegarkan dan mengembalikan good mood kamu. Tidur malam yang ideal selama 7 - 8 jam perhari.

3. Berjemur Dipagi Hari

Penyebab mudahnya terserang penyakit jantung adalah kekurangan asupan vitamin D. Berjemur di pagi hari dapat memberikan asupan vitamin D yang baik dalam tubuh.

Baca Juga :
* Tips Dan Manfaat Bangun Pagi

4. Kurangi Konsumsi Gula

Mengurangi konsumsi gula merupakan cara untuk mencegah penyakit jantung. Konsumsi gula berlebih juga dapat menimbulkan penyakit diabetes. Sebuah penelitian di Amerika Serikat yang menyebutkan bahwa gula memiliki pengaruh besar dalam meningkatkan tekanan darah tinggi.

Baca Juga :
* Cara Mencegah Dan Menurunkan Kolesterol Jahat

5. Kurangi Konsumsi Garam

Garam yang bersodium tinggi merupakan penyebab tekanan darah tinggi yang membahayakan kesehatan jantung. Mengurangi asupan konsumsi garam dapat mencegah tekanan darah tinggi.

6. Menghindari Rokok

Merokok sudah terbukti secara ilmiah kebiasaan yang buruk terhadap kesehatan tubuh. Kebiasaan merokok dapat menimbulkan kerusakan pada pembuluh darah. Kerusakan pada pembulu darah seperti menyempitnya aliran arteri sehingga tubuh kekurangan pasokan darah yang mengakibatkan tergangunya kinerja jantung.

Terlanjur merokok atau Sulit berhenti merokok ?
Dulu saya seorang perokok dan sulit untuk menghilangkan kebiasaan tersebut. Dulu saya sering mencoba untuk berhenti merokok namun gagal lagi selalu ngulang - ngulang lagi.Namun sudah sekian kali saya untuk berhenti merokok ternyata membuahkan hasil, dan saya kini bebas dari rokok.

Baca Juga :
* Obat Tradisional Meredakan Batuk Ringan

7. Menghindari Alkohol

Menghindari konsumsi alkohol merupakan cara untuk terhindar dari penyakit jantung. Konsumsi alkohol dalam batas yang benar tidak berakibat buruk pada tubuh, namun bila jika berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada jantung.

8. Menghindari Makanan Berlemak

Masyarakat Indonesia tidak asing lagi mengenai gorengan tak kecuali saya. Mengkonsumsi makanan berlemak seperti gorengan dan lainnya dapat memicu penyakit jantung jika mengkonsumsi dalam jumlah berlebih, jadi sebaiknya kurangi makanan berlemak ini.

9. Menjaga Berat Badan 

Bila kita sering berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang sehat serta tidur yang cukup dapat menjaga kesehatan jantung dan tentunya menjaga berat badan ideal.

10. Tertawa

Anda suka tertawa berarti anda sehat. Tertawa dapat menyehatkan jantung karena saat tertawa dapat meningkatkan aliran darah serta tubuh memproduksi hormon yang dapat menghilangkan stress. Jadi carilah film comedi atau film yang dapat mengundang tawa anda.

11. Membersihkan Gigi

Gigi yang kotor dapat mengundang bakteri yang memicu peradangan pada gigi. Didalam rongga mulut terdapat syaraf yang terkait pada jantung, jadi sebaiknya menjaga kesehatan gigi dapat mengurangi penyakit jantung.

12. Berhubungan Badan

Berhubungan badan bagi yang sudah sah/menikah dapat dilakukan minimal 2 kali seminggu. hal ini dilakukan dapat menurunkan resiko penyakit jantung hingga 45%. Dan hal ini dibenarkan oleh seorang ahli penyakit jantung bahwa dengan bercinta 2 kali seminggu dapat mengendalikan emosional, fisik dan mengurangi stress.

13. Faktor Keturunan

Seorang yang memiliki riwayat keluarga memiliki penyakit jantung, akan beresiko terkena penyakit ini. Namun dengan Berdoa dan selalu menjalankan  gaya hidup sehat sejak dini dapat mencegah penyakit jantung.

14. Rutin Memeriksa Kondisi Tubuh

Memeriksakan kondisi tubuh ke dokter secara rutin dapat mencegah penyakit dalam tubuh seperti kesehatan jantung, liver, gula darah dan lainnya. sehingga tubuh selalu sehat dan segar.

15. Selalu Bersyukur

Dengan mensyukuri apa yang telah diberikan Tuhan maka akan memeberikan motivasi untuk tubuh kita untuk selalu menjaga pemberian Tuhan.

Nah Berikut ini makanan yang juga dapat mencegah penyakit serangan jantung :
https://mazriko.blogspot.com/2018/05/cara-mudah-mencegah-penyakit-jantung-sejak-dini.html
1. Ikan

Ikan yang memiliki asam lemak omega3 seperti salmon dan makarel dapat menjaga kesehatan tubuh, tentunya konsumsi tidak berlebihan.

2. Kacang

Kacang - kacangan merupakan cemilan yang baik untuk menyehatkan jantung. Kacang memiliki kandungan oksidan yang baik serta dapat menjadi cemilan saat malam jika merasakan lapar.

3. Cokelat

Cokelat yang mengandung 70% cacao sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Penyuka cokelat memiliki resiko penyakit jantung lebih rendah, selain itu memakan cokelat juga dapat mencegah diabetes, tentunya konsumsi tidak berlebihan.

4. Yogurt

Terdapat sebuah penelitian yang menyebutkan mengkonsumsi yogurt dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Didalam yogurt terdapat bakteri baik yang dapat membantu melawan inflamasi yang menyebabkan serangan jantung.

5. Bubur Gandum

Bubur gandung memiliki kandungan beta-glucan yang dapat mengurangi kadar kolesterol jahat yang menyebabkan serangan jantung. Dengan mengkonsumsi semangkok bubur gandum setiap hari dapat mengurangi kolesterol hingga 10%.

6. Buah Berry

Keluarga berry merupakan makanan tinggi vitamin dan serat serta zat antioksidan yang efektif menjaga kesehatan jantung.

7. Ubi Rambat

Ubi rambat memiliki karbohidrat dan rendah gula yang dapat mencegah penyakit jantung, menurunkan tekanan darah tinggi serta mencegah diabetes.

8. Mentimun

Buah mentimun dipercaya dapat mencegah dan menurunkan tekanan darah tinggi. Namun jika anda memiliki riwayat darah rendah sebaiknya mengurangi konsumsi mentimun.

Baca Juga :
* Manfaat Buah Mentimun Bagi Kesehatan

9. Teh Hijau

Kandungan oksidan pada teh hijau dapat menjaga kesehatan jantung, selain mengkonsumsi teh hijau juga dibarengi konsumsi air putih juga yang dibutuhkan tubuh. Mengkonsumsi teh hijau setiap hari dapat menjaga tubuh dari serangan jantung.

10. Sayuran Segar

Sayuran Segar yang memiliki kandungan Vitamin A,C,K, dan kalsium serta zat besi seperti brokoli, kubis, sangat baik untuk kesehatan arteri sehingga baik bagi organ jantung.

Nah sekian Cara Mudah Mencegah Penyakit Jantung Sejak Dini yang bisa anda terapkan dalan kehidupan sehari- hari. Sehat itu mahal kawan jadi sayangi jantung anda agar  dapat menikmati hidup lebih sehat dan bahagia.

15.42 - tanpa komentar