Tips Menjaga Kesehatan Tulang Belakang Secara Alami

TipsMenjaga Kesehatan Tulang Belakang Secara Alami  - Tulang belakang adalah tulang yang menyanggah tubuh kita agar bisa berdiri tegak.

Menjaga Kesehatan Tulang Belakang dan Sendi merupakan keharusan dilakukan sedini mungkin agar postur tubuh kita selalu baik dan prima. Merawat Tulang dengan baik agar tetap sehat sangatlah mudah dilakukan dan tanpa obat kimia yang dapat membahayakan kesehatan tubuh lainnya.

Menjaga kesehatan tulang belakang agar tidak bungkuk dapat dilakukan dengan melakukan aktivitas fisik dan mencukupi kebutuhan gizi. Pasalnya kenapa kita harus menjaga kesehatan tulang belakang?

Pada sekitar Tulang belakang kita ini terdapat syaraf – syaraf pusat yang menghubungkan bagian-bagian tubuh menuju otak. Sehingga jika syaraf-syaraf ini terganggu maka akan mengakibatkan terjadinya ketidak selarasan antara kerja tubuh dan yang diterima otak.

Penyebab terganggunya Kesehatan tulang belakang bissa disebabkan karena kurang/berlebihan kegiatan fisik, obesitas, kurangnya asupan gizi tulang, dll.

Nah untuk menjaga kesehatan tulang belakang agar tetap sehat sehingga menjaga postur tubuh yang dapat berdiri tegap dapat melakukan kiat-kiat seperti berikut ini, simak:

1. Mencukupi Kebutuhan Gizi

Dengan mencukupi kebutuhan gizi dapat menjaga kesehatan Tubuh agar tetap fit dan bugar. Seperti tulang belakang yang memerlukan  nutrisi yang kaya kalsium yang terdapat pada sayuran ataupun buah – buahan.

2. Konsumsi Air Putih Secukupnya

Konsumsi air putih bagus untuk kesehatan tubuh, mengkonsumsi air putih setelah Bangun tidur pagi dapat Mengatasi badmod kamu. Selain itu mengkonsumsi air putih juga dapat merawat Kesehatan tulang dan sendi.

3. Rutin Berolahraga

Berolahraga dapat menghilangkan lemak pada tubuh, selain itu berolahraga juga dapat menjaga kesehatan tulang agar tetap kuat dan tegap. Berolahraga ringan saja seperti joging atau jalan santai sudah cukup.

4. Berjalanlah dengan tegak

Biasanya para remaja berjalan sambil membugkukan badannya, hal ini dapat mengakibatkan terganggunya syaraf – syaraf yang ada disekitar punggung. Jadi berjalanlah dengan baik dengan postur tubug yang tegak kepala menghadap kedepan.

5. Duduklah Dengan Tegak

Sikap duduk juga dapat mempengaruhi postur tubuh. Biasanya para siswa, ojek, karyawan kantor yang sering duduk sangat lama usahakan duduk dengan tegak dan santai. Dan usahakan jangan diam duduk belama – lama luangkan waktu untuk bergerak sejenak.

Biasanya orang yang sering kelamaan duduk dapat mengakibatkan obesitas dan mudah kesemutan jadi usahakan sesering mungkin untuk bergerak.

6. Tidur yang berkualitas

Tidur dapat mengembalikan energi dalam tubuh sehingga otak dapat berfikir secara jernih. Tidur yang baik yaitu memiliki waktu 6 – 8 jam. Selain itu tidur yang baik dapat merileks kan otot dan tulang, piluhlah tempat tidur yang nyaman jangan malah menyebabkan pegal – pegal saat bangun tidur.

7. Hindari Rokok

Merokok dapat membahayakan kesehatan si perokok dan orang lain. Rokok dapat mengakibatkan kanker paru – paru, penyempitan pembulu darah, dll. Selain itu rokok dapat menggangu kesehatan tulang sebab rokok memiliki zat kimia yang dapat menyempitkan dan menghambat aliran darah sehingga mengakibatkan kekurangan pasokan darah di tulang belakang.

8. Usahakan Jangan Membungkuk

Membungkuk terjadi kapan saja, ketika  hendak duduk maupun berdiri, mengangkat beban, dll. Usahakan jangan membungkuk apalagi sambil mengangkat beban berat hal ini dapat memaksa tulang belakang dapat menyebabkan kram dan nyeri.

Jika hendak mengangkat beban yang berat di lantai cobalah dengan menekuk lutut dan tulang belakang tetap tegak jangan membungkuk.

Nah itulah Tips Menjaga Kesehatan Tulang Belakang Secara Alami, menjaga dan merawat tulang belakang agar tidak bungkuk sehingga postur tubuh tetap baik. Semoga bermanfaat.

20.01 - tanpa komentar