-->

Tips Mencegah Dan Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat dalam darah

Tips Mencegah Dan Menurunkan Kolesterol Jahat dalam darah
kolesterol jahat,
Kolesterol Cholesterol ialah lemak yang bermanfaat untuk tubuh. Tetapi jika kadarnya pada tubuh terlampau tinggi, kolesterol akan menimbun di pembuluh darah dan mengganggu aliran darah. Kebanyakkan masyarakat Indonesia tidak memperhatikan penyakit yang satu ini. Kolesterol Tinggi merupakan suatu penyakit yang mudah dijumpai karena kebiasaan dan pola hidup yang tidak baik.

Mayoritas masyarakat Indonesia tidak lepas dari makanan seperti gorengan, berminyak, hati, jeroan dan makanan lainnya yang dapat memicu penyakit ini. Mengkonsumsi makanan tersebut memang memiliki rasa yang enak dan menggugah selera, namun mengkonsumsi dalam jumlah yang berlebih akan menimbulkan penyakit pada tubuh.

Kolesterol tinggi merupakan sebuah kehawatiran bagi kesehatan tubuh, Kolesterol itu sendiri dibutuhkan oleh tubuh dan dapat dihasilkan oleh organ tubuh secara alami, namun Kolesterol yang tinggi dapat menimbulkan penyakit berbahaya seperti penyakit jantung.

Kolesterol sebagai zat yang dibuat dengan alamiah oleh organ hati, tapi bisa juga diketemukan pada makanan yang dari hewan, seperti susu dan daging. Kolesterol dibutuhkan oleh tubuh untuk membuat beberapa sel sehat, menghasilkan beberapa hormon, dan hasilkan vitamin D. Walau penting untuk tubuh, kolesterol bisa mempengaruhi kesehatan bila kadarnya terlampau tinggi.
 

Ciri ciri Penyakit Kolesterol

 
Apa ciri ciri penyakit kolesterol? Kolesterol ialah lemak serupa zat lilin yang ada dalam darah. Tubuh manusia memerlukan kolesterol untuk mendukung perkembangan sel yang sehat. Tetapi, kandungan kolesterol tinggi bisa mengakibatkan penyakit pembuluh darah dan jantung. Merilis Mayo Clinic, kolesterol tinggi mengakibatkan lemak menimbun di pembuluh darah. Saat banyak tumpukan lemak di pembuluh darah, saluran darah jadi tidak lancar.

Pengendapan itu kadang dapat mendadak pecah dan membuat gumpalan penyebab serangan jantung dan
stroke. Kolesterol tinggi dapat berawal dari factor turunan. Tetapi, penyakit ini biasanya karena pola hidup tidak sehat seperti skema makan asal-asalan sampai malas bergerak.

Beberapa ciri kolesterol tinggi pada tubuh sering tidak memperlihatkan gejala tertentu. Test darah sebagai salah satu langkah mengetahui kadar kolesterol dalam darah. Namun, beberapa pasien alami beberapa gejala kolesterol tinggi, salah satunya:

1. Terdapat luka kekuningan di bagian tubuh

Merilis WebMD, gejala kolesterol tinggi karena factor turunan dapat memacu tumbuhnya cedera kekuningan pada kulit. Cedera ciri khas karena pertumbuhan lemak di bawah jaringan kulit ini disebutkan xanthoma. Xanthoma saat kolesterol naik dapat ada di bermacam anggota tubuh, seperti lutut, siku, kaki, tangan, pantat, dll.

Dikutip dari Healthline, xanthoma dapat tumbuh sebesar kepala peniti sampai sebesar buah anggur. Tampilan cedera ini kerap seperti tonjolan datar di bawah kulit dengan warna oranye atau kuning. Xanthoma tidak memunculkan merasa sakit, berasa halus, dan kadang menimbulkan gatal.

Hal yang harus diingat, gejala kolesterol tinggi xanthomata ini tidak tampil pada pasien kolesterol tinggi karena jenis factor usia atau hidup.

2. Terjadi Impotensi atau lemah syahwat

Ciri-ciri kolesterol tinggi pada tubuh yang jamak dirasakan penderitanya ialah impotensi. Impotensi ini bisa dipengaruhi penimbunan kolesterol di pembuluh darah arteri. Biasanya, impotensi banyak menyerang pria yang kandungan kolesterolnya tinggi atau naik.

3. Lingkaran putih di kornea mata

Tanda- tanda kolesterol tinggi yang lain ialah timbulnya lingkaran putih atau bentuk 1/2 lingkaran dalam kornea mata. Merilis buku Care Your Self Kolesterol (2008) oleh dr. Sri Nilawati, SpKO dkk., gejala kolesterol tinggi ini kadang ada dari pasien berumur di bawah 30 tahun atau di atas 50 tahun.

Namun, beberapa ciri lingkaran putih di kornea mata ini tidak dapat jadi patokan khusus kadar kolesterol naik. Apabula ada lingkaran putih di kornea mata, sebaiknya melakukan pengecekan kolesterol.

4. Bintik kuning di bawah kelopak mata

Timbulnya bintik kuning di bawah kelompak mata (xanthelasma) bisa juga jadi ciri-ciri kolesterol tinggi pada tubuh. Gejala kolesterol tinggi dengan bintik kuning di bawah kelopak mata ini muncul dari kelompok orang berumur di bawah 30 tahun.

Tetapi tidak bintik kuning di bawah kelopak mata ini bukanlah tanda kolesterol tinggi semata. Gejala sama kadang ada dari orang sehat.

5. Sakit di kepala atau badan pegal-pegal

Tanda kolesterol tinggi yang biasa seringkali susah dikenal karena penyakit ini tidak memunculkan gejala khas. Beberapa pasien alami pusing dan sakit di kepala sebagai ciri-ciri kolesterol naik.

Merilis buku 100 Questions dan Answers Kolesterol oleh Chairinniza K. Graha, kandungan kolesterol tinggi mengakibatkan darah yang banyak terkandung lemak jadi mengental. Mengakibatkan, lemak bisa menimbun pada dinding pembuluh darah dan menghalangi kelancaran aliran darah.

Disamping itu, penimbunan lemak di pembuluh darah dapat mengakibatkan aliran darah menyempit dan suplai oksigen jadi berkurang. Saat kandungan oksigen menyusut, seorang dapat alami sakit di kepala atau tubuh berasa pegal-pegal.

Tetapi, pusing dan pegal-pegal tidak cuma gejala kolesterol tinggi. Penyakit seperti flu bisa juga memacu gejala ini. Gejala kolesterol tinggi pada tubuh yang biasa umumnya tidak terlihat mencolok. Pasien baru rasakan ciri-ciri kolesterol tinggi ketika telah terlanjur terjadi serangan stroke atau jantung.



Gejala Kolesterol


Kolesterol tinggi tidak memunculkan gejala. Mengakibatkan, beberapa orang tidak sadar mempunyai kadar kolesterol tinggi, sampai ada komplikasi serius seperti penyakit stroke atau jantung. Oleh karenanya, penting untuk lakukan test darah untuk ketahui tingginya kolesterol atau normal.

Untuk orang dewasa, dianjurkan untuk lakukan pengecekan kolesterol setiap 4-6 tahun sekali, mulai umur 20 tahun.

Meskipun jarang-jarang alami kolesterol tinggi, pengecekan kolesterol pada beberapa anak dianjurkan di saat anak berumur 9-11 tahun, dan diulang di saat berumur 17-21. Pada beberapa anak dari keluarga pasien diabetes dan kolesterol tinggi, pengecekan kolesterol dianjurkan di saat anak berumur 2-8 tahun dan diulang pada umur 12-16 tahun.

Kolesterol Normal


Untuk ketahui kadar kolesterol normal, Anda perlu pahami dahulu macam macam fungsinya dan kolesterol. Pada intinya, kolesterol tidak dapat larut dalam darah. Karena itu, hati menghasilkan zat yang namanya lipoprotein untuk salurkan kolesterol ke semua tubuh. Ada dua jenis lipoprotein yang khusus, yakni:

- Low-density lipoprotein (LDL)

LDL berperan membawa kolesterol ke semua tubuh lewat pembuluh darah arteri. Jika kadarnya terlampau tinggi, LDL akan menimbun pada dinding pembuluh arteri. LDL dikenali sebagai ‘kolesterol jahat'.

- High-density lipoprotein (HDL)

HDL berperan kembalikan kolesterol berlebihan ke hati, untuk dikeluarkan dari tubuh. Karena itu, HDL dikenali sebagai ‘kolesterol baik'.

Kecuali dua jenis kolesterol di atas, ada juga jenis lemak yang lain disebutkan trigliserida yang kerap kali turut diperiksa. Berlainan dari kolesterol yang dibutuhkan tubuh untuk membuat sel dan beberapa hormon, trigliserida dipakai untuk sumber tenaga.

Trigliserida tercipta saat tubuh mengganti sisa sisa kalori yang tidak terpakai oleh tubuh. Bila badan terus mendapatkan konsumsi kalori terlalu berlebih dibanding dengan penggunaannya, kadar trigliserida akan naik. Keadaan ini dapat tingkatkan resiko penyakit stroke dan jantung.

Berikut ini ialah nilai kolesterol normal yang terdiri LDL, HDL, trigliserida, dan kolesterol keseluruhan, yang dapat dijumpai dari pengecekan darah:

  • LDL: kurang dari 100 mg/dL.
  • HDL: 60 mg/dL atau lebih.
  • Trigliserida: kurang dari 150 mg/dL.
  • Kolesterol keseluruhan: kurang dari 200 mg/dL.

Penting diingat, semakin tinggi kadar kolesterol HDL, akan lebih bagus untuk tubuh. Kebalikannya, semakin tinggi kadar kolesterol LDL, trigliserida, dan kolesterol keseluruhan, akan semakin jelek untuk kesehatan. Kolesterol tinggi sebagai kombinasi dari nilai kolesterol keseluruhan dan LDL yang tinggi, dan HDL yang rendah.

Bahaya Kolesterol Tinggi


Salah satu ciri seseorang yang mengalami Kolesterol tinggi yaitu merasakan rasa sakit di dada depan ketika melakukan suatu kegiatan fisik yang berat. Hal ini disebabkan karena kolesterol yang berlebih akan mengendap di dinding arteri.

Ketika endapan pada dinding arteri bertambah banyak maka akan menghambat aliran darah dari jantung ke seluruh bagian tubuh. Akibat dari penyempitan arteri ini dapat menimbulkan  penyakit seperti stroke.
 

Akibat Kolesterol Tinggi


Kadar kolesterol yang terlalu berlebih perlu ditangani. Jika didiamkan, kolesterol tinggi yang beresiko ini akan menimbun pada dinding pembuluh darah arteri dan membuat plak, hingga membuat arteri menyempit. Keadaan ini disebutkan dengan aterosklerosis.

Aterosklerosis lama-lama bisa membuat aliran darah mampet, mengakibatkan memunculkan beberapa penyakit beresiko berikut:

  • Penyumbatan bisa terjadi di pembuluh arteri jantung, hingga otot jantung kurang mendapatkan nutrisi.
  • Penyakit serangan jantung bisa terjadi saat aliran darah ke jantung mampet total.
  • Stroke bisa terjadi saat aliran darah ke otak mampet.
  • Penyakit arteri perifer bisa terjadi saat aliran darah ke tungkai mampet. 


Penyebab Kolesterol Tinggi


Hiperkolesterolemia atau kolesterol tinggi bisa dipicu oleh pola hidup yang kurang sehat, penyakit yang dialami, dan turunan, dan seperti akan dijelaskan di bawah ini.

Pola hidup kurang sehat

Mengonsumsi makanan tinggi kolesterol dan lemak jenuh bisa mengakibatkan kolesterol tinggi. Contoh makanan itu ialah gorengan, susu full krim, kulit dalaman, dan ayam. Rutinitas yang lain bisa tingkatkan kadar kolesterol, ialah kurang merokok dan olahraga.

Penyakit yang dialami

Pasien kegemukan, diabetes, dan hipotiroidisme rawan menderita kolesterol tinggi. apalagi ditambah pola hidup yang kurang sehat dapat memperparah keadaan.

Faktor Keturunan

Kolesterol tinggi bisa dipicu oleh perubahan atau mutasi beberapa gen, yang di turunkan dari ke-2 orang tua. Perubahan gen ini membuat tubuh tidak dapat buang kolesterol dari dalam darah. Tetapi, kolesterol tinggi karena factor genetik lebih jarang ada jika dibanding dengan 2 factor sebelumnya.

Mencegah Kolesterol Tinggi

Cara mencegah kolesterol tinggi dalam tubuh dapat dilakukan sedini mungkin dan untuk mencegah kolesterol tinggi ini dapat dilakukan secara alami, berikut diantaranya;

1. Menghindari Makanan berlemak

Makanan berlemak jenuh seperti jeroan, santan, gorengan, kambing, sapi, dll. Dapat memicu meningkatnya kolesterol jahat dalam darah. Untuk itu konsumsilah makanan lemak tak jenuh seperti alpukat, kacang – kacangan, Minyak zaitun, ikan salmon, ikan tuna. Lemak tak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah dan membantu mengurangi penyumbatan dalam arteri sehingga sangat baik untuk kesehatan.

2. Mengkonsumsi makanan kaya serat

Untuk menjaga tubuh selalu sehat dan bugar dapat mengkonsumsi sayuran dan buah kaya serat dapat mencegah dan menurunkan kolesterol jahat.
 
3. Menghindari Rokok

Rokok merupakan poblema di negara kita. Nah sebisa mungkin jauhi rokok karena didalam rokok terdapat zat kimia akrolein yang dapat menghancurkan kolesterol baik dalam darah dan mengakibatkan penyempitan pada arteri yang akan beresiko mengalami penyakit jantung.

4. Rutin Olahraga

Berolahraga secara teratur dapat mencegah terjadinya peningkatan kolesterol jahat, selain itu berolahraga dapat membuang lipatan lemak dalam tubuh.

Berolahraga dapat dilakukan kapan saja, manfaat berolahraga ringan saja seperti joging atau bersepeda sudah cukup untuk membuat tubuh selalu fit.

5. Mencukupi kebutuhan air

Mencukupi kebutuhan air dapat memperlancar aliran darah sehingga dapat mengurangi tumpukan lemak dan penyumbatan pada arteri.
 

Cara Menurunkan Kolesterol


Kolesterol tinggi bisa di turunkan dengan jalani pola hidup sehat, seperti langkah - langkah di bawah ini:

Olahraga

Olahraga dengan teratur bisa menolong meningkatkan kadar HDL, dan menahan serangan jantung. Melakukan olahraga ringan minimum 30 menit dalam satu hari, seperti jogging, naik sepeda, senam aerobik, atau berenang.

Diet sehat

Mengaplikasikan skema makan yang sehat perlu dikerjakan untuk menjaga kadar kolesterol masih normal. Jauhi mengolah makanan dengan digoreng. Sebagai alternative, olah makanan dengan dipanggang, dikukus, atau direbus.

Langkah lain dengan perbanyak mengonsumsi makanan tinggi serat seperti sayur dan buah. Jauhi konsumsi daging merah, dalaman, kuning telur, susu full krim, keju, dan camilan seperti biskuit dan kue. Sebagai gantinya, memperbanyak konsumsi ikan dan makanan yang mengandung omega 3, seperti alpukat dan kacang-kacangan.

Beberapa Obat Penurun Kolesterol


Bila langkah di atas telah dijalani tapi kadar kolesterol masih tinggi, beberapa macam obat dapat dipakai seperti saran dokter, yakni:

  • Obat kelompok statin, seperti atorvastatin dan simvastatin.
  •  Ezetimibe.

Bila kadar trigliserida pasien tinggi, dokter akan memberi resep obat di bawah ini:

  • Fibrate, seperti gemfibrozil dan fenofibrate.
  • Suplemen omega 3 dan lecithin
  • Vitamin B3 (niacin).


Menurunkan Kolesterol Tinggi


Beberapa makanan yang dipercaya para ahli yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat seperti buah alpukat, minyak ikan seperti tuna, salmon yang kaya akan omega3. Makanan penurun kolesterol sebagai alternative tidak hanya menjadi pantangan kolesterol, makanan tertentu dapat berperan sebagai penurun kolesterol. Beberapa makanan ini umumnya memiliki kandungan serat yang bisa mengikat kolesterol dan membuangnya melalui saluran pencernaan, memiliki kandungan lemak tidak jenuh yang bisa turunkan LDL, atau memiliki kandungan sterol dan stanol tumbuhan yang bisa menghindari tubuh meresap kolesterol. Berikut bebarapa makanan yang membantu menurunkan kolesterol tinggi;

1. Omega3

Ikan berlemak yang bisa turunkan LDL dan trigliserida karena memiliki kandungan lemak baik, yaitu omega-3. Mengkonsumsi makanan yang mengandung omega3 secara rutin dua kali seminggu dapat membantu menurunkan kolesterol jahat. Omega3 baik untuk masa pertumbuhan, Namun Mengkonsumsi omega 3 secara berlebihan dapat mengakibatkan obesitas.

2. Oatmeal

Oat dan biji gandum utuh yang kaya serat. Makanan yang mengandung serat ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah, selain itu kandungan serat dapat mengurangi lemak dalam tubuh.

3. Alpukat

Buah yang berwarna hijau ini dimanfaatkan orang untuk menjalani diet karena dalam alpukan terdapat kandungan serat sehingga menjadi kenyang lebih lama. Selain itu buah yang diambil dagingnya saja ini juga membantu menurunkan kolesterol tinggi dalam darah.
 
Buah-buahan, khususnya apel, anggur, strobery, dan jeruk karena kaya pektin (tipe serat yang sanggup turunkan LDL).

4. Anggur merah

Angur merah merupakan buah yang memilki rasa yang enak dan harga nya yang cukup mahal, namun dibalik harga yang mahal juga sebanding dengan manfaat yang ada didalamnya yaitu dapat membantu menurunkan kadar koleseterol jahat.

5. Minyak Zaitun

Mengkonsumsi minyak zaitun terbukti ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Nah bagi yang ingin menurunkan kolesterol tinggi anda dapat mengganti minyak goreng anda dengan menggunkan minyak zaitun.
 
Minyak tumbuhan, seperti minyak kanola dan bunga matahari, bisa gantikan peranan minyak sayur atau mentega saat mengolah karena dipercayai bisa turunkan LDL.

6. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan, seperti kacang kedelai, kacang merah, lentil, dan sebagainya yang kaya serat. Jenis kacang lain seperti almond, walnut, dan kacang tanah dapat turunkan LDL, walau tidak begitu signifikan. Kacang- kacangan memiliki kandungan serat dan protein yang baik untuk tubuh. Mengkonsumsi kacang – kacangan juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.
 
Selain itu sayuran seperti terong dan okra yang kecuali rendah kalori, memiliki kandungan serat yang bisa melawan dampak buruk makanan pantangan kolesterol.
 

Pantangan Makanan Bagi Penderita Kolesterol

 
Makanan yang menjadi pantangan kolesterol. Lalu para penderita kolesterol tidak boleh makan apa? 
 
Pantangan kolesterol berbentuk makanan yakni produk yang memiliki kandungan saturated dan trans fat tinggi, dan kebanyakan garam dan gula. Pola hidup kurang sehat seperti merokok dan jarang-jarang olahraga perlu dihilangkan. Pantangan kolesterol tidak cuma makanan yang termasuk ‘mengandung lemak' karena lemak sendiri banyak tipenya. Ada lemak baik yang aman dimakan, tetapi ada pula lemak jahat yang harus Anda awasi atau jauhi sama sekali.

Lemak baik tiba dari tipe lemak omega-3, monounsaturated polyunsaturated fat, dan fats. Lemak baik ini dapat Anda peroleh pada beberapa bahan makanan, seperti tahu, ikan (salmon, kembung, dan lain-lain), alpukat, minyak beberapa ya, dan kanola.

Saat itu, makanan yang seharusnya menjadi pantangan kolesterol sebagai berikut ini:

1. Saturated fat

Saturated fat banyak diketemukan pada bahan makanan yang terasa dari hewan (misalnya daging dan susu), dan makanan paket dan gorengan. Makanan yang mempunyai saturated fats lain ialah keju dan daging yang mempunyai kandungan lemak tinggi, susu atau cream whole-fat, mentega, es krim, minyak kelapa atau minyak kelapa sawit.

Anda tak perlu menghindar mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan saturated fats, tetapi banyaknya harus terbatasi. Lemak jenuh ini bisa tingkatkan kandungan lemak jahat (LDL) pada darah dan meningkatkan resiko Anda terserang penyakit jantung.

2. Trans fat

Trans fat ini harus dijauhi karena bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) sekalian turunkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Makanan pantangan kolesterol yang memiliki kandungan trans fat, yaitu produk pastry, cookies, crackers, biskuit, donat, gorengan, burger, sampai pizza.

3. Garam

Konsumsi makanan yang memiliki kandungan kebanyakan garam harus juga jadi pantangan kolesterol. Mengonsumsi makanan yang memakai banyak garam bisa tingkatkan kandungan kolesterol. Kandungan garam berlebihan umumnya diketemukan pada makanan kemasan dan camilan, tetapi kandungan garam yang lebih rendah diketemukan pada ayam dan daging olahan sampai roti isi yang dipasarkan di gerai makanan cepat saji.

4. Gula

Pantangan kolesterol yang ini bisa mengakibatkan diabetes, penyakit serangan jantung, sampai peningkatan berat badan. Walau susah, Anda harus batasi konsumsi gula yang ada pada beberapa makanan, seperti minuman bersoda, teh manis, permen, kue, es krim, dan lain-lain.

Janganlah lupa, sebagian besar minuman atau makanan umumnya memiliki kandungan gula, bahkan juga yang kemungkinan kelihatan bebas gula. Beberapa makanan yang diartikan, misalkan saus tomat atau air tonik.

5. Alkohol

Konsumsi alkohol terlalu berlebih dapat mengakibatkan penambahan berat badan. Saat Anda berat badan yang berlebih, tingkat kolesterol jahat akan meningkat. Disamping itu, keadaan ini turunkan kadar kolesterol baik pada tubuh Anda. Agar terbebas dari resiko itu, pria seharusnya tidak untuk konsumsi alkohol lebih dari dua gelas dalam sehari. Saat itu, wanita optimal cuman bisa konsumsi alkohol sekitar satu gelas setiap harinya.

Pantangan kolesterol selain makanan yang seharusnya dijauhi


Hal yang lain perlu Anda ingat adalah tingginya kadar kolesterol dalam darah tidak cuma disebabkan karena mengonsumsi makanan pantangan kolesterol. Salah satunya pola hidup kurang sehat yang seharusnya dijauhi ialah merokok. Rutinitas ini bisa membuat struktur kolesterol jahat semakin lekat dan menutup pembuluh darah.

Tidak cuman merokok, rutinitas jarang-jarang olahraga dapat membuat kolesterol Anda melesat. Anda pun harus rajin mengurus stres bila tidak ingin kadar kolesterol jahat pada tubuh meningkat.

Disamping itu, factor turunan atau konsumsi obat tertentu sanggup tingkatkan kolesterol total. Untuk menangani permasalahan kolesterol secara mendalam, Sebaiknya anda membahas sama dokter atau pakar nutrisi yang tangani permasalahan ini.

Nah itulah tips mencegah dan menurunkan kolesterol jahat dalam darah secara alami. Dengan melakukan kiat seperti diatas semoga dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Jangan lupa sebelum telat, sebaiknya tiap orang teratur lakukan pengecekan kadar kolesterol darah.

Semoga bermanfaat, 
Masriko.Com sebuah website sebagai media informasi yang membahas tentang infomasi tutorial terbaru.