Tips Mencegah Dan Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat dalam darah

Tips Mencegah Dan Menurunkan Kolesterol Jahat dalam darah
https://mazriko.blogspot.com/2018/03/tips-mencegah-dan-menurunkan-kadar.html
Kebanyakkan masyarakat Indonesia tidak memperhatikan penyakit yang satu ini. Kolesterol Tinggi merupakan suatu penyakit yang mudah dijumpai karena kebiasaan dan pola hidup yang tidak baik.

Mayoritas masyarakat Indonesia tidak lepas dari makanan seperti gorengan, berminyak, hati, jeroan dan makanan lainnya yang dapat memicu penyakit ini. Mengkonsumsi makanan tersebut memang memiliki rasa yang enak dan menggugah selera, namun mengkonsumsi dalam jumlah yang berlebih akan menimbulkan penyakit pada tubuh.

Kolesterol tinggi merupakan sebuah kehawatiran bagi kesehatan tubuh, Kolesterol itu sendiri dibutuhkan oleh tubuh dan dapat dihasilkan oleh organ tubuh secara alami, namun Kolesterol yang tinggi dapat menimbulkan penyakit berbahaya seperti penyakit jantung.

Bahaya Kolesterol Tinggi

Salah satu ciri seseorang yang mengalami Kolesterol tinggi yaitu merasakan rasa sakit di dada depan ketika melakukan suatu kegiatan fisik yang berat. Hal ini disebabkan karena kolesterol yang berlebih akan mengendap di dinding arteri.

Ketika endapan pada dinding arteri bertambah banyak maka akan menghambat aliran darah dari jantung ke seluruh bagian tubuh. Akibat dari penyempitan arteri ini dapat menimbulkan  penyakit seperti stroke.

Mencegah Kolesterol Tinggi

Cara mencegah kolesterol tinggi dalam tubuh dapat dilakukan sedini mungkin dan untuk mencegah kolesterol tinggi ini dapat dilakukan secara alami, berikut diantaranya;

1. Menghindari Makanan berlemak

Makanan berlemak jenuh seperti jeroan, santan, gorengan, kambing, sapi, dll. Dapat memicu meningkatnya kolesterol jahat dalam darah. Untuk itu konsumsilah makanan lemak tak jenuh seperti alpukat, kacang – kacangan, Minyak zaitun, ikan salmon, ikan tuna. Lemak tak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah dan membantu mengurangi penyumbatan dalam arteri sehingga sangat baik untuk kesehatan.

2. Mengkonsumsi makanan kaya serat

Konsumsi sayuran dan buah kaya serat dapat mencegah dan menurunkan kolesterol jahat sehingga tubuh selalu sehat dan bugar.

3. Menghindari Rokok

Rokok merupakan poblema di negara kita. Nah sebisa mungkin jauhi rokok karena didalam rokok terdapat zat kimia akrolein yang dapat menghancurkan kolesterol baik dalam darah dan mengakibatkan penyempitan pada arteri yang akan beresiko mengalami penyakit jantung.

4. Rutin Olahraga

Berolahraga secara teratur dapat mencegah terjadinya peningkatan kolesterol jahat, selain itu berolahraga dapat membuang lipatan lemak dalam tubuh.

Berolahraga dapat dilakukan kapan saja, berolahraga ringan saja joging atau bersepeda sudah cukup untuk membuat tubuh selalu fit.

5. Mencukupi kebutuhan air

Mencukupi kebutuhan air dapat memperlancar aliran darah sehingga dapat mengurangi tumpukan lemak dan penyumbatan pada arteri.

Menurunkan Kolesterol Tinggi

Beberapa makanan yang dipercaya para ahli yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat seperti buah alpukat, minyak ikan seperti tuna, salmon yang kaya akan omega 3. Berikut bebarapa makanan yang membantu menurunkan kolesterol tinggi;

1. Omega3

Mengkonsumsi makanan yang mengandung omega3 secara rutin dua kali seminggu dapat membantu menurunkan kolesterol jahat. Omega3 baik untuk masa pertumbuhan, Namun Mengkonsumsi omega 3 secara berlebihan dapat mengakibatkan obesitas.

2. Oatmeal

Makanan yang mengandung serat ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah, selain itu kandungan serat dapat mengurangi lemak dalam tubuh.

3. Alpukat

Buah yang berwarna hijau ini dimanfaatkan orang untuk menjalani diet karena dalam alpukan terdapat kandungan serat sehingga menjadi kenyang lebih lama. Selain itu buah yang diambil dagingnya saja ini juga membantu menurunkan kolesterol tinggi dalam darah.

4. Anggur merah

Angur merah merupakan buah yang memilki rasa yang enak dan harga nya yang cukup mahal, namun dibalik harga yang mahal juga sebanding dengan manfaat yang ada didalamnya yaitu dapat membantu menurunkan kadar koleseterol jahat.

5. Minyak Zaitun

Mengkonsumsi minyak zaitun terbukti ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Nah bagi yang ingin menurunkan kolesterol tinggi anda dapat mengganti minyak goreng anda dengan menggunkan minyak zaitun.

6. Kacang-kacangan

Kacang- kacangan memiliki kandungan serat dan protein yang baik untuk tubuh. Mengkonsumsi kacang – kacangan juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Nah itulah tips mencegah dan menurunkan kolesterol jahat dalam darah secara alami. Dengan melakukan kiat seperti diatas semoga dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

Semoga bermanfaat, 

20.46 - 2 komentar