CARA MENCEGAH DAN MENGURANGI KONSUMSI JUNK FOOD

Junk Food, Fast Food, Junk food itu apa, junk food artinya, junk food adalah, cara mencegah junk food, cara mengurangi junk food
Junk Food
Masriko.Com - JUNK FOOD, pada kali ini saya akan membahas mengenai makanan Junk Food dan Fast Food.

Junk Food Adalah jenis makanan yang tidak sehat karena makanan ini tidak memiliki cukup banyak niali gizinya atau rendah gizi untuk tubuh, bahkan lebih banyak lemaknya dibanding nutrisinya.

Junk food Artinya Makanan Sampah kalau Fast Food Artinya makanan cepat saji, mengkonsumsi junk food merupakan kebiasaan yang buruk.

Mengkonsumsi makanan cepat saji dapat memperburuk kondisi kesehatan tubuh. Orang yang biasa mengkonsumsi junk food atau makanan cepat saji akan mudah mengalami gangguan psikologisnya.

Dalam sebuah penelitian oleh beberapa ahli, orang yang sering mengkonsumsi makanan cepat saji atau junk food memiliki kemungkinan mudah mengalami depresi dibanding orang yang tidak suka mengkonsumsi junk food.

Orang yang suka mengkonsumsi makanan cepat saji biasanya memiliki gaya hidup yang tidak sehat seperti pola makan yang buruk, tidak mengkonsumsi sayuran, buah serta jarangnya bergerak aktif. 

Jika gaya hidup seperti ini berjalan dalam waktu yang lama maka dapat menimbulkan berbagai macam penyakit yang lebih besar. Dan biasanya para pesuka makanan junk food ialah anak kosan ataupun orang yang lajang.

Nah membahas mengenai junk food, mengapa orang suka mengkonsumsi junk food ?

Selain makanan junk food ini mudah dalam penyajiannya dan enak sehingga banyak orang yang memilih makanan jenis ini, makanan junk food memiliki banyak kandungan yang dapat memicu pertumbuhan penyakit dalam tubuh. 


Bahaya Makanan Junk Food

Biasanya makanan junk food terkandung bahan kimia seperti pengawet, pewarna, perasa, serta bahan yang dirancang untuk menimbulkan efek ketagihan para konsumen. 

Hal inilah yang menyebabkan seseorang kecanduan atau ketagihan untuk mengkonsumsi makanan junk food ini.

Padahal makanan junk food kurang mengandung gizi atau tidak seimbang. Namun sebagian orang tidak memperdulikan efek dari makanan junk food, hal ini juga karena disebabkan kesibukan masing masing orang sehingga membuat mereka lebih memilih makanan junk food atau cepat saji.

Zat – zat yang tidak baik dalam makanan junk food dapat menimbulkan masalah kesehatan seperti berikut ini:

Masalah psikis seperti depresi, Obesitas, Kolesterol, hipertensi(darah tinggi), penyakit jantung, kanker, arritis, asma, diabetes, stroke, liver dll.


Cara Mengurangi Konsumsi Junk Food

Nah bagi kamu yang gemar mengkonsumsi junk food dan ingin menguranginya berikut ini tips yang dapat kamu coba sehingga dapat memperbaiki kebiasaan buruk ini :

1. Cek kandungan gizinya

Dengan mengetahui kandungan gizi dalam makanan tersebut maka kamu dapat menyimpulkan bahwa seberapa sehatnya makanan tersebut untuk dikonsumsi.

2. Membandingkan manfaat makanan

Maksudnya ialah membandingkan dua jenis makanan dan mengetahui manfaatnya. Contoh, pilih mengkonsumsi salad dengan selai kacang dan makanan instan/cepat saji. Nah salad dengan selai kacangnya yang dapat menyehatkan sistem tubuh serta menyehatkan otak sedangkan makanan instan/cepat saji yang dapat membahayakan kesehatan seperti obesitas hingga hipertensi. Nah disini anda dapat memilih makanan yang sehat atau buruk ?

3. Mengetahui efek buruk dan resiko penyakit yang di timbulkan junk food

Mengkonsumsi makanan junk food memang tidak baik untuk kesehatan seperti masalah kesehatan diatas, dengan mengetahui efek buruk dan resiko penyakit yang ditimbulkan dari junkn food maka akan membuat kesan anda menjadi lebih memilih makanan sehat.

4. Memotivasi diri sendiri

Bila kamu sedang ingin mengkonsumsi dan ingin mengurangi makanan junk food maka kamu harus memiliki motivasi diri untuk mengurangi makanan junk food, seperti dengan mencari info tentang makanan yang sehat sehingga dapat menambah wawasan anda untuk menambah semangat dalam menghindari kebiasaan yang tidak sehat ini.

5. Memiliki tekad yang kuat

Untuk menghindari kebiasaan yang buruk bagi kesehatan, maka anda perlu tekad yang kuat bila mana anda memiliki tekad yang kuat bukan tidak mungkin kebiasaan ini akan hilang dalam hidup anda.

6. Memilki kekonsistenan

Selain memiliki tekad yang kuat anda perlu kekonsistenan untuk menghilangkan kebiasaan buruk ini. Biasanya untuk berhenti mengkonsuimsi junk food tidak mudah jadi cobalah perlahan dan konsisten. Hal ini dilakukan untuk membuat usaha anda tidak sia – sia.

7. Menghindari makan bersama orang kecanduan junk food

Biasanya bila melihat orang yang sedang makan junk food maka tekad yang ada akan goyah segera ingin mengkonsumsinya, nah disarankan untuk menghindari makan bersama orang yang sedang mengkonsumsi junk food.

8. Mendekat dengan orang yang suka makanan sehat

Nah ini kebalikan no7, bila anda disarankan untuk menghindari makan bersama orang yang kecanduan junk food maka yang satu ini disarankan untuk mendekati makan bersama dengan orang yang suka mengkonsumsi makanan sehat. Dengan cara satu ini maka anda dapat terpengaruh juga untuk mengkonsumsi apa yang mereka lahap dan membuat anda semakin bersemangat untuk menghilangkan konsumsi junk food.

9. Mencoba beralih makanan sehat

Beralih kemakanan sehat merupakan pola makan yang sehat, sering mengkonsumsi sayuran, buah dan makanan sehat lainnya  dapat mengurangi rasa ingin mengkonsumsi junk food.

10. Menghindari tempat – tempat makanan junk food

Menghindari tempat atau restoran cepat saji merupakan salah satu langkah yang baik untuk menghentikan kebiasaan tidak baik.

11. Belajar masak makanan sendiri

Dengan anda belajar memasak sendiri maka anda dapat memilih bahan makanan yang sehat untuk dikonsumsi sendiri. Untuk belajar anda dapat mencari tutorial memasak di internet.

12. Memilih cemilan sehat

Ada sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang lebih suka mengkonsumsi makanan yang memiliki warna berbeda – beda. Jadi pilihlah cemilan anda yang sehat seperti kacang kacangan, buah buahan, coklat. Dengan itu anda dapat memperoleh warna makanan yang berbeda – beda.

13. Membuat jadwal makanan sehat

Saat baru memulai mengubah kebiasaan mengkonsumsi junk food anda perlu jadwal yang pas. Seperti mengatur pagi atau siang atau malam atau seminggu 3-4 kali untuk mengkonsumsi makanan sehat. Dengan anda menjadwalkan seperti ini anda dapat konsisten serta memiliki waktu untuk pergi mencari bahan sayuran atau buahan.

14. Mengajak teman atau keluarga

Mengajak teman atau keluarga untuk menjalani gaya hidup sehat. Dengan mengajak teman atau keluarga dapat membantu semangat anda dalam menghindari makanan cepat saji/junk food.

15. Berolahraga

Berolahraga merupakan gaya hidup sehat sehingga dapat mengurangi efek junkfood dan beralih mengkonsumsi makanan sehat.


Makanan Mengurangi Bahaya Junk Food



Nah bagi anda yang terlanjur dan ingin mengurangi dampak negatif dari junk food, berikut ini diungkapkan oleh beberapa ahli gizi untuk makanan yang dapat mengurangi bahaya junk food, Namun Bukan berarti anda seenaknya terus mengkonsumsi junk food.

1. Teh hijau

Teh hijau merupakan minuman yang kaya anti oksidan sehingga dapat membantu menstabilkan kadar gula darah serta mencegah kerusakan sel akibat junk food.

2. Yogurt

Yogurt memiliki kandungan bakteri baik yang dapat membantu memperbaiki memperbaiki metabolisme tubuh serta memperbaiki sistem pencernaan akibat makanan junk food.

3. Air putih

Mengkonsumsi Air putih secukupnya dapat mengurangi dehidrasi dan merawat sistem pencernaan serta membuang racun dalam tubuh.

4. Sayuran

Sayuran yang kaya serat seperti bayam, tomat, dll dapat membantu mnyehatkan pencernaan sehingga dapat bekerja dengan optimal.

5. Telur

Telur merupakan sumber protein dan asam amino yang baik untuk kesehatan tubuh, namun kuning telur terdapat kolesterol yang jahat disarankan untuk mengkonsumsi telur putihnya saja.

6. Jahe dan Kunyit

Jahe dan kunyit merupakan obat alami keduanya dapat menyehatkan tubuh kandungan jahe membantu menghangatkan serta mengendorkan otot – otot dan kunyit dapat menyehatkan sistem pencernaan.

7. Pisang

Buah Pisang merupakan buahan yang banyak mengandung kalium untuk mengatasi kembung dan pusing akibat konsumsi junk food berlebihan sehingga sangat baik untuk kesehatan.

8. Oatmeal

Bila anda merasa mual akibat junk food, oatmeal ditambah irisan buah pir dapat menghasilkan makanan sehat bagi perut anda.

Nah itu tadi ulasan CARA MENCEGAH DAN MENGURANGI KONSUMSI JUNK FOOD, cara – cara yang dapat memberikan pencerahan tentang makanan junk food. Makanan junk food memang tidak sehat sehingga dapat berakibat buruk bagi kesehatan. semoga bisa bermanfaat ya.

20.30 - tanpa komentar