-->

Dapatkan Khasiat Terbaik Buah Nanas

Khasiat Terbaik Buah Nanas, Tanaman nanas ialah tanaman asli Paraguay dan namanya berasal dari bahasa Spanyol piña, yang bermakna biji pinus. Buah nanas ini dipandang seperti tanaman paling berarti secara ekonomi dalam keluarga tanaman Bromeliaceae. Buah Nanas (Ananas comosus) ialah buah tropis yang paling sehat dan sedap. Buah nanas bisa mempunyai berat sampai delapan kg dan mempunyai rasa yang manis dan asam, teksturnya yang kenyal pada buah yang memiliki kandungan pektin seperti serat.

Mengkonsumsi buah nanas dapat memberikan memberikan manfaat bagi kesehatan seperti dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta baik untuk kesuburan pria. Selain itu manfaat buah nanas antara lain manfaat nanas untuk kolesterol, manfaat nanas untuk diet serta manfaat nanas untuk kecantikan.

Nanas merupakan buah yang dapat tumbuh di daerah tropis seperti di Indonesia. Mengkonsumsi buah nanas dapat langsung dimakan atau bisa dibuat jus ataupun salad.

Buuah nanas memiliki beberapa jenis seperti buah nanas madu dan buah nanas biasa. Keduanya tidak banyak memiliki perbedaan dan memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Meningkatkan energi dalam tubuh untuk melakukan aktivitas perlu asupan gizi yang baik seperti salah satunya Mengkonsumsi buah nanas, merupakan salah satu gaya hidup sehat yang dapat diterapkan dalam sehari – hari.

Buah nanas merupakan buah yang selalu ada sepanjang tahun, tumbuhan buah nanas dapat tumbuh mencapai 150 cm, pada bagian daun berwarna hijau seperti pelepah berbentuk pedang tebal melancip dan memiliki duri di sekitarnya.

Buah nanas itu sendiri berwarna hijau saat mentah dan berwarna kuning saat masak sehingga memiliki rasa yang manis dan segar. Buah nanas sering dapat kita jumpai seperti di pinggir jalan, di pasar ataupun supermarket.

Kandungan Buah Nanas

Kandungan       Jumlah
Energi 52 kal
Protein 0,4 g
Lemak 0,2 g
Serat  0,4 g
Karbohidrat 23,7 g
Air 85,3 g
Fosfor 11 mg
Zat Besi 0,3 mg
Kalsium 16 mg
Vitamin C 24 mg
Vitamin B1 0,08 mg
Vitamin A 130 IU
Magnesium 3 %
Potassium 109 mg 3%


Selain itu ada beberapa Kandungan yang baik dapat ditemukan pada buah nanas seperti Vitamin A,B1,B2,B3,B5,B6,C, Kalsium, Serat, Fosfor, Magnesium, Zat Besi, Kalium, Natrium, Dekstrosa, Sukrosa, dan Enzim Bromelain.


Manfaat Buah Nanas

Sejumlah besar kemampuan pengobatan buah ini berawal dari enzim pencerna protein yang disebutkan kandungan bromelain. Bromelain ialah enzim, terutamanya enzim protease, yang diketemukan di buah nanas dan tangkai. Disamping itu, nanas ialah sumber fitokimia, terhitung tanin dan bioflavonoid. Berikut manfaat buah nanas untuk kesehatan badan kita:
https://mazriko.blogspot.com/2017/12/dapatkan-khasiat-terbaik-buah-nanas.html
1. Menyehatkan Lambung
 
Buah nanas dapat menyehatkan sistem lambung dari berbagai penyakit seperti maag. Buah nanas sangat baik dalam membantu melunakkan makanan dan mengatasi rasa penuh pada lambung akibat maag.

2. Menyehatkan Pencernaan

Kandungan serat yang baik pada buah nanas dapat membantu melancarkan Buang Air Besar yang diakibatkan kekurangan serat. Buah nanas memiliki kandungan Enzim yang mengatur sistem pencernaan kita.

Manfaat buah nanas yang cukup penting adalah dapat mengatur kesehatan pencernaan. Buah Nanas memiliki kandungan sekumpulan enzim pencernaan yang dikenali sebagai bromelain. Senyawa itu berperan sebagai protease, yang merusak molekul protein jadi asam peptide dan amino.

Sesudah molekul protein diperpecah, mereka lebih gampang diserap di usus kecil. Ini bisa benar-benar membantu untuk beberapa orang dengan kekurangan pankreas, satu keadaan di mana pankreas tidak bisa membuat enzim pencernaan yang cukup baik. Kandungan Bromelain sering dipakai sebagai pelunak daging komersil karena kekuatannya untuk merusak protein daging yang keras.

3. Menyehatkan Tulang

Salah satu menjaga tulang tetap sehat yaitu rajin berolahraga dan mengkonsumsi kalsium. Pada buah nanas terdapat kandungan kalsium dan magnesium yang mampu untuk membantu Memperkuat serta menyehatkan tulang.

4. Menyehatkan Kulit

Kandungan Vitamin C yang baik dalam buah Nanas dapat menjadi asupan nutrisi pada kulit sehingga kulit tampak segar dan sehat. mencukupi Asupan air putih juga dapat menjaga kesehatan kulit.

5. Menyehatkan Jantung

Vitamin C yang cukup dalam tubuh dapat mengurangi terjadinya pembekuan dalam darah sehingga memperlancar kinerja jantung dan menurunkan resiko penyakit jantung. Manfaat buah nanas dalam melindungi terhadap penyakit kardiovaskular.

Manfaat buah nanas untuk kesehatan yakni seperti menjaga kesehatan jantung karena kandungan serat, kalium, vitamin C dan antioksidannya. Buah nanas membantu meningkatkan kesehatan jantung karena dampak bromelain yang kuat, yang bisa melawan dan mencegah terjadinya pembekuan darah dan sebagai jawaban alami untuk mereka yang konsumsi aspirin setiap hari untuk turunkan resiko serangan jantung.

Bromelain sudah bisa dibuktikan dalam menghentikan trombosit darah sama-sama menempel atau menimbun di sepanjang dinding pembuluh darah - ke-2 nya dijumpai sebagai pemicu serangan stroke atau jantung. Salah satunya manfaat jus nanas ialah mempunyai kekuatan kardioprotektif yang menyimpulkan jika manfaat jus nanas bisa kurangi resiko penyakit jantung koroner dan membantu membuat penyerapan dan pencernaan.

6. Menyehatkan Mata

Mata merupakan organ penting dalam tubuh, mata memerlukan asupan gizi seperti Vitamin A dan C untuk tetap sehat dan segar. Untuk Menjaga kesehatan mata agar tetap sehat dan bening dapat memenuhi asupan Vitamin salah satunya konsumsi buah nanas.

7. Menyehatkan Gigi Dan Gusi

Kandungan Vitamin C dalam buah nanas dapat mengurangi peradangan pada gigi / gusi serta mencegah timbulnya penyakit pada mulut.

8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Pada cuaca yang berubah – ubah dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh dan mudah sering terkena penyakit seperti batuk, flu, sakit tenggorokan. Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dapat mencoba mengkonsumsi buah nanas karena memiliki kandungan Vitamin C yang tinggi sebagai antioksidan yang berfungsi menangkal radikal bebas. Selain itu kandungan bromelain dalam buah nanas dapat mencegah tubuh dari panyakit kanker. 

Manfaat buah nanas mingkatkan kekebalan dan mencegah Infeksi. Manfaat buah nanas sudah jadi sisi dari penyembuhan tradisionil sepanjang berabad-abad. Sisi kuning buah nanas itu memiliki kandungan bermacam jenis vitamin, mineral dan enzim seperti bromelain yang secara kelompok bisa meningkatkan kekebalan tubuh yang mencegah terjadinya infeksi.

Beberapa anak yang mengonsumsi buah nanas mempunyai resiko infeksi bakteri serta virus yang lebih rendah. , beberapa anak yang sangat banyak makan nanas mempunyai nyaris 4x lipat sel darah putih (granulosit) yang melawan penyakit dibanding dua barisan lainnya. Beberapa anak dengan infeksi sinus sembuh secara berarti bisa lebih cepat saat ambil suplemen bromelain, dibanding dengan penyembuhan gabungan ke-2 nya atau standard. Ini memperlihatkan jika bromelain bisa kurangi pertanda terjadinya infeksi. Yakni sifat anti-inflamasi ini membantu mekanisme kekebalan tubuh.

9. Meningkatkan Kesuburan Pria

Jus buah nanas memilki kandungan seperti Vitamin C, Beta Karoten, Seng, Tembaga, Folat dan mampu meningkatkan kesuburan pria sehingga mengakibatkan terjadinya kehamilan. Buah nanas dalam meningkatkan kesuburan, Sama seperti yang dikutip dari situs Dr. Axe, menurut Academy of Nutrition and Dietetics, riset memperlihatkan jika konsumsi makanan yang kaya anti-oksidan bisa membantu mencegah kemandulan. Karena radikal bebas bisa menghancurkan mekanisme reproduksi, makanan dengan rutinitas anti-oksidan tinggi seperti nanas disarankan untuk orang yang berusaha untuk hamil.

Anti-oksidan dalam buah ini, seperti vitamin C, beta-karoten dan mineral dan vitamin yang lain ada, termasuk juga  tembaga, memengaruhi kesuburan wanita dan pria. Dalam soal manfaat nanas untuk pria, anti-oksidan sudah bisa dibuktikan membantu tingkatkan aliran darah dan kembalikan pembentukan jaringan yang pas di organ genital mereka dan bisa menolong tingkatkan jumlah sperma.

Demikian juga, manfaat nanas untuk seorang wanita termasuk kurangi mencegah infeksi dan mendukung pengobatan jaringan ikat.

10. Meningkatkan Energi

Kandungan Vitamin B1 dan C dalam buah nanas dapat menjadi sumber energi yang alami serta memberikan efek segar pada tubuh sehingga dalam melakukan aktivitas sehari – hari dapat memberikan yang terbaik.

11. Meningkatkan Proses Penyembuhan

Pada proses penyembuhan luka anda dapat mencoba menggunakan buah nanas. Kandunga pada buah nanas yang anti imflamasi dapat mempercepat penyebuhan. Caranya buah nanas dapat dibuat jus atau di oleskan pada area yang luka.

12. Dapat Menurunkan Berat Badan

Orang Yang meiliki berat badan berlebih cenderung mudah terkena penyakit. Menurunkan berat badan dan melakukan gaya hidup sehat merupakan hal utama mendapatkan tubuh yang sehat. Rutin melakukan olahraga ringan serta mengkonsumsi jus buah nanas dapat membantu menurunkan berat badan.

13. Dapat Menghilangkan Ketombe

Menghilangkan ketombe dapat menggunakan nanas, caranya kupas dan parut buah nanas lalu saring airnya dan tambahkan 1 sdk perasan jeruk nipis. Lau aplikasikan pada kulit kepala yang berketombe. Biarkan 15 – 30 menit lalu bilas dengan air bersih. Anda dapat melakukan cara ini 2 – 3 x seminggu.

14.  Kaya anti oksidan

Kaya nutrisi, kandungan buah nanas kuat dengan anti-oksidan sehat. Anti-oksidan ialah molekul yang membantu badan Anda melawan depresi oksidatif. Kandungan buah nanas benar-benar kaya anti-oksidan yang dikenali sebagai asam fenolik dan flavonoid.

Depresi oksidatif ialah kondisi di mana terdapat kebanyakan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas ini berhubungan dengan beberapa sel badan dan mengakibatkan kerusakan yang berkaitan dengan infeksi akut, mekanisme kebal yang menurunkan kekebalan tubuh dan banyak penyakit berbahaya.

15.  Menjaga kesehatan Mental

Satu lagi manfaat buah nanas ialah nutrisi-nanasnya bisa membantu membenahi suasana hati dan melawan stres dan kecemasan. Kandungan buah nanas ialah sumber asam amino triptofan yang bagus, sebuah riset memperlihatkan nanas hasilkan serotonin yang disebut salah satunya hormon bahagia khusus kita.

Konsumsi cukup asam amino ini, kecuali gizi lain seperti vitamin B, penting untuk menyuport sistem neurologis Anda, dan untuk memproduksi hormon mood yang baik.

16.  Mencegah Asma

Beta-karoten yang diketemukan pada makanan nabati seperti nanas bisa membantu turunkan resiko infeksi asma dan pernafasan.

Toksin, nutrisi jelek, pencemaran, penyimpangan antibiotik, dan depresi memainkan peranan besar dalam perkembangan asma. Semua factor ini mengakibatkan infeksi, tapi untungnya salah satunya manfaat nanas ialah bisa membantu kurangi infeksi lewat kemampuan detoksifikasi

17.  Membantu Melawan Kanker

Tidak itu saja, manfaat buah nanas yang tidak kalah penting adalah mampu melawan kanker. Kandungan bromelain pada buah nanas mempunyai beberapa kemampuan antikanker dan meningkatkan kematian sel apoptosis. Bromelain sudah diketemukan mempunyai sitotoksisitas selective dan bisa membantu membunuh sel kanker pada proses perombakan diri yang disebutkan apoptosis, sambil membebaskan beberapa sel yang sehat tidak terluka.

Efek Samping Konsumsi Nanas

Efek Samping Konsumsi Nanas Secara Berlebihan, Konsumsi buah nanas tidak disarankan untuk anda sedang konsumsi obat tertentu seperti pencair darah, obat insomnia, atau antidepresan bisa mengakibatkan interaksi dan efek seperti diare, mual, muntah, sakit sakit di kepala dan perut.

Apakah nanas baik dikonsumsi tiap hari? Kita dapat konsumsi buah nanas tiap hari, tetapi sebenarnya itu tidak disarankan. Sama seperti yang disebut sebelumnya, kandungan buah nanas mempunyai gula alami yang tinggi sekali, tetapi bila dimakan secara berlebihan bisa tingkatkan kadar gula dalam darah kita.

Disamping itu walau khasiat buah nanas ialah buah yang sehat dan sedap, nanas dapat mengakibatkan desensitisasi kerusakan gigi atau gigi. Buah-buahan seperti nanas yang paling asam akan bereaksi kimia saat mulut. Kemudian mengakibatkan enamel tergerus dan mengakibatkan kerusakan gigi. Hal itu nanti akan mengakibatkan ngilu gigi dan sensitivitas berlebihan saat konsumsi makanan dingin atau panas.

Efek samping buah nanas lainnya:
1. Dapat menimbulkan rasa gatal pada lidah dan tenggorokan pada kulit orang yang alergi.
2. Mengkonsumsi buah nanas tidak boleh/dilarang pada Ibu hamil karena dapat menyebabkan keguguran.
3. Dapat menimbulkan Penyakit Rematik Bagi seseorang yang memiliki riwayat penyakit tersebut.
4. Tidak dianjurkan pada penderita diabetes untuk mengkonsumsi nanas karena akan memperparah keadaan karena kandungan gula yang terlalu tinggi.

Sekian artikel Dapatkan Khasiat Terbaik Dari Buah Nanas, konsumsilah nanas setiap hari dan dapatkan manfaatnya dan jangan konsumsi berlebihan. Semoga bermanfaat.

Masriko.Com sebuah website sebagai media informasi yang membahas tentang infomasi tutorial terbaru.