-->

Baca!! Pentingnya Berolahraga Bagi Kesehatan

Berolahraga banyak memiliki manfaat bagi kesehatan. Apa itu Olahraga?
manfaat olahraga

Olahraga merupakan suatu kegiatan berupa aktivitas fisik sehingga melibatkan gerakan tubuh secara berulang – ulang untuk meningkatkan kebugaran jasmani, dan olahraga juga berupa rohani yaitu olahraga fikiran seperti permainan catur maupun kartu.

Hidup Sehat mempunyai bermacam manfaat olahraga untuk kesehatan Fisik dan Mental. Ada bermacam manfaat olahraga yang dapat Anda dapatkan, dimulai dari memelihara peran organ penting tubuh sampai tingkatkan stamina dan ketahanan tubuh. Tidak cuman berguna untuk kesehatan fisik, olahraga bagus untuk kesehatan psikis Anda.

Olahraga sebagai salah satunya aktivitas kita dan sebagai langkah yang mudah, paling ringkas dan simpel untuk menjaga kesehatan tubuh, tapi realita sering kali kita mengabaikannya. Walau sebenarnya, dengan olahraga dan aktif bergerak dengan teratur, badan dapat fit dan kesehatanpun tetap terjaga.

Orang yang rajin berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang sehat biasanya memilki postur tubuh yang baik serta memiliki kesehatan jasmani dan rohani yang baik. Selain itu manfaat olahraga sangat baik untuk kesehatan Pria dan Wanita. Serta Manfaat Berolahraga pagi hari dapat Meningkatkan mood baik.

Beragam macam olahraga yang dapat dilakukan dengan mudah  untuk kesehatan seperti jalan santai, joging atau lari yang sangat mudah dilakukan pada pagi hari. Berolahraga cukup 20 - 30 menit sehari dapat membuat Tubuh tetap bugar sepanjang hari.

Pengertian Olahraga Menurut Para Ahli


                                                                                                        Ahli                                                Pengertian Olahraga
1.Hans Tandra
Pengertian Olahraga menurut Hans Tandra merupakan setiap gerakan tubuh yang teratur dan berirama yang ditujukan untuk memperbaiki dan meningkatkan kebugaran tubuh pelakunya.
2.Suryanto RukmonoSuryanto Rukomono berpendapat pengertian olahraga merupakan setiap kegiatan yang dilakukan untuk melatih tubuh manusia sehingga tubuh terasa lebih sehat dan kuat, baik secara jasmaniah maupun secara rohaniah.
3. Jessica Dolland Pengertian Olahraga menurut Jessica Dolland adalah media pereda stress yang terbaik yang pernah ada. Olahraga dapat mengalihkan pikiran manusia dari rasa khawatir dengan jalan meredakan berbagai ketegangan otot yang ada pada tubuh.
4. Kathryn Marsden Kathryn Marsden berpendapat bahwa olahraga merupakan salah satu sarana pengusir stress terbaik yang pernah ditemukan oleh manusia.
5. Cholik Mutoir Pengertian Olahraga menurut Cholik Mutoir adalah proses sistematik yang terdiri atas setiap kegiatan dan usaha yang dapat membantu perkembangan atau pun membina potensi-potensi jasmaniah dan rohaniah seseorang sebagai perorangan, atau pun anggota masyarakat.
6.Wikipedia                    Olahraga adalah aktivitas untuk melatih tubuh seseorang, tidak hanya secara jasmani tetapi juga secara rohani (misalkan catur).


 Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan

Banyak orang yang beranggapan bahwa melakukan olahraga cuma hanya untuk membentuk otot tubuh. Anggapan tersebut memang benar namun berolahraga juga memiliki manfaat kesehatan lainnya.
Tidak ada kata telat untuk berolahraga. Berapa pun umur Anda, rutinitas fisik dan olahraga dengan teratur dan baik dilaksanakan supaya tubuh lebih kuat dan sehat. Berikut ialah bermacam manfaat olahraga untuk kesehatan tubuh yang dapat Anda peroleh:

1. Membakar Lemak Tubuh

Tubuh yang mengalami obesitas rentan terserang penyakit, rajin berolahraga dapat menghilangkan lemak dalam tubuh. Berolahraga teratur bisa menjaga berat badan tetap ideal dan tentunya diiringi makanan yang bernutrisi.

2. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Berolahraga secara teratur dapat meningkatkan metabolisme tubuh agar lebih optimal sehingga dapat menurunkan berat badan.

3. Meningkatkan Kekuatan Tubuh

Dengan berolahraga tubuh akan terasa bugar dan memilki otot – otot tubuh yang kuat untuk menjalani aktivitas harian.  Rutin berolahraga bisa menjaga tubuh tetap fit dan kuat saat lanjut usia nanti. Tidak cuman bagus untuk orang yang berumur muda, olahraga juga bagus untuk kesehatan lansia.

Bermacam jenis olahraga, seperti jalan rileks, naik sepeda, berenang, dan senam lanjut usia, bisa dibuktikan bisa membuat lanjut usia lebih bugar. Disamping itu, olahraga dapat perkuat otot, tulang, dan persendian, dan menahan pikun atau demensia.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Menjaga daya tahan tubuh yang mudah yaitu sering berolahraga memiliki sistem yang kuat dalam menangkal radikal bebas sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit berbahaya.

5. Menyehatkan Sistem Pernafasan

Berolahraga secara teratur dapat melatih dan memperbaiki sistem pernafasan sehingga sistem pernafasan lebih optimal dan baik. Saat kita berolahraga dapat menghindari penyakit asma selain itu saat berolahraga otot - otot pada bagian paru paru akan semakin baik.

6. Memperbaiki Postur Tubuh

Postur tubuh yang kurang baik dapat mempengaruhi penampilan. Bagi kaum pria berolahraga dapat menambah masa otot sedangkan kaum wanita mempercantik lekuk tubuh.

7. Mencegah Datangnya Penyakit

Dalam cuaca yang berubah ubah  dapat dengan mudah menimbulkan penyakit, rutin berolahraga serta istirahat yang cukup dapat menjaga kesehatan tubuh dan menghindari datangnya penyakit apalagi diasaat musim pancaroba.

8. Dapat Mengeluarkan Racun

Ketika orang berolahraga tubuh mendetoksifikasi atau mengeluarkan zat racun dalam tubuh sehingga dapat menghilangkan berbagai macam penyakit berbahaya.

9. Melancarkan Peredaran Darah

Tanpa disadari orang yang berolahraga dapat melancarkan peredaran darah sehingga kinerja tubuh akan lebih baik dan optimal. Manfaat berolahraga dapat menjaga tekanan darah kita agar tetap stabil.

Pada orang yang sehat, olahraga dengan teratur dapat mencegah terjadinya hipertensi atau tekanan darah tinggi. Sedang pada pasien hipertensi, olahraga bisa turunkan tekanan darah dan mengontrolnya agar tetap stabil. Beberapa macam olahraga yang pas untuk turunkan tekanan darah ialah berenang, naik sepeda, joging, jalan rileks, dan yoga.

10. Mencegah Stress

Stress dapat muncul karena beban fikiran ataupun masalah dengan teman / keluarga/ pekerjaan. Berolahraga seperti lari atau joging atau ditempat gym dapat mencegah stress. Dalam menghindari terjadinya stres salah satunya manfaat olahraga yang bagus untuk kesehatan mental ialah mengurangi stres dan menghindari terjadinya depresi. Dengan teratur olahraga, tingkat hormon depresi seperti kortisol, adrenalin, dan norepinefrin bisa dikurangkan.

Saat itu, kandungan hormon serotonin dan dopamin yang dapat membenahi suasana hati akan bertambah, hingga Anda juga berasa good day dan lebih berbahagia dan santai.

11. Meningkatkan Daya Ingat

Rutin berolahraga dapat meningkatkan konsentrasi serta daya ingat. Seiring bertambahnya usia ingatan juga akan menurun (pikun), namun bila rajin berolahraga secara teratur dapat mencegah dan mengurangi pikun pada masa tua.

12. Meningkatkan Hubungan Bersosial

Berolahraga di luar rumah dapat meningkatkan hubungan bersosial.  Berolahraga Diluar rumah dapat berjumpa dengan teman atau komunitas yang akan mempererat hubungan sosial. Menumbuhkan rasa percaya diri saat bertemu banyak orang.

Olahraga yang dilaksanakan dengan teratur bisa jaga berat tubuh tetap ideal. Ini bisa membuat Anda lebih optimis pada performa diri dan tumbuhkan self-esteem.

13. Menyehatkan Kerja Jantung

Orang yang berolahraga secara teratur dapat membantu meringankan kinerja jantung karena berolahraga dapat melancarkan aliran darah sehingga dapat memompa darah dengan baik dan mengalirkan ke seluruh tubuh.

Manfaat berolahraga bisa mencegah penyakit stroke dan jantung. Olahraga teratur tiap hari atau minimum 3x /minggu bisa perkuat otot jantung, memperlancar aliran darah, dan tingkatkan kadar cholesterol baik (HDL) dan turunkan kadar cholesterol jahat (LDL). Ini yang bikin olahraga sebagai salah satunya cara penting untuk menghindari terjadinya penyakit kardiovaskular, seperti penyakit stroke dan jantung.

14. Meningkatkan Pertumbuhan Tulang

Bagi orang yang sedang masa perumbuhan disarankan untuk sering berolahraga dan konsumsi makanan yang tinggi kalsium untuk memadatkan dan Meningkatkan pertumbuhan tulang.

15. Mencegah Obesitas

Mencegah obesitas dapat dilakukan dengan cara melakukan olahraga secara teratur sehingga lemak dan kolsterol dalam tubuh dapat hilang dan terhindar dari Obesitas. Beraktivitas fisik dengan teratur dapat kurangi jaringan lemak tubuh dan turunkan berat tubuh dan menjaganya tetap stabil. Ini membuat olahraga dapat mengatasi serta mencegah terjadinya kegemukan (obesitas) dan perlu dijalankan. Tetapi, supaya manfaat olahraga yang ini dapat dirasa dengan optimal, Anda pun perlu menjaga berat tubuh tetap ideal dengan konsumsi makanan bergizi imbang sesuai kebutuhan tubuh.

16. Meningkatkan Gairah Seks

Untuk anda yang sudah bberumah tangga olahraga sangat bermanfaat untuk kehidupan seks. Bagi yang suka berolahraga dapat meningkatkan gairah seks karena hormon testosteron dan libido seseorang yang akan mudah meningkat. 

Dengan berolahraga secara teratur sangat bermanfaat untuk mengembalikan nafsu seksual.Untuk Anda yang kerap berasa kecapekan atau mungkin kurang bernafsu saat melakukan hubungan intim, coba lebih sering berolahraga. Rutinitas fisik atau olahraga dengan teratur bisa dibuktikan bisa tingkatkan nafsu seksual atau libido dan turunkan resiko terjadinya disfungsi ereksi.

Kecuali beberapa manfaat olahraga untuk kesehatan mental di atas, olahraga bisa juga jadi salah satunya langkah positif dan membahagiakan untuk habiskan waktu luang. Rutinitas fisik ini bisa juga membuat Anda tidak berasa kesepian, terlebih bila dilaksanakan dengan keluarga atau orang paling dekat Anda.

17. Meningkatkan Kualitas Tidur

Seseorang yang memiliki gangguan tidur akan mudah terkena penyakit berbahaya karena kualitas tidur yang kurang baik. Miliki tidur yang berkualitas dengan berolahraga secara teratur untuk mendapatkan hidup sehat.

18. Mencegah Insomnia
Sebagian orang susah bangun pagi yang disebabkan beberapa faktor salah satunya kurang berolahraga. Ketika orang yang sulit tidur dapat mencoba berolahraga ringan secara teratur sehingga tubuh akan terasa lebih rileks dan dapat bangun lebih pagiOlahraga membuat tidur lebih nyenyak. Apa Anda sedang susah tidur saat malam hari atau sering terjaga di tengah-tengah malam? Nach, olahraga dengan teratur menjadi jalan keluar untuk menanganinya. Rutinitas olahraga ini dapat menolong Anda tidur lebih lelap dan cepat.

Tetapi, untuk memperoleh manfaat olahraga yang ini, Anda dianjurkan untuk lakukan sleep hygiene dan tidak olahraga mendekati waktu tidur.

19. Menjaga Kelenturan Otot

Otot yang jarang berolahraga dapat menjadi kaku, nyeri otot, kram. Namun bisa diatasi dengan berolahraga secara teratur sehingga otot menjadi fleksibel.

20. Membantu Keseimbangan Hormon

Hormon yang tidak seimbang dalam tubuh merupakan masalah terutama pada wanita saat menstruasi. Ketidak seimbangan hormon dapat menyebabkan berbagai macam penyakit berbahaya seperti kanker.

21. Meningkatkan Sistem Imun

Dengan berolahraga tubuh akan memproduksi sistem imun serta meningkatkan zat antibodi yang akan melawan berbagai macam penyakit yang masuk kedalam tubuh.

22. Membuat Awet Muda

Tubuh yang sering melakukan olahraga akan terlihat lebih segar dan awet muda dibanding yang malas berolahraga, karena berolahraga membuat otot tubuh menjadi lentur dan meregenerasi kulit dengan baik.

23. Menjaga Kesehatan Mental

Manfaat olahraga untuk kesehatan mental, Olahraga tiap hari bukan hanya bisa tingkatkan kesehatan fisik, tapi bisa juga tingkatkan kesehatan mental Anda. Beberapa manfaat olahraga untuk kesehatan mental, Seperti memperbaiki suasana hati.

Olahraga bisa merangsang pembentukan zat kimia pada otak, seperti serotonin dan endorfin, yang bisa membuat Anda berasa lebih rileks dan berbahagia. Saat Anda berasa depresi atau mempunyai bad mood sesudah jalani hari yang penuh tekanan, coba olahraga untuk membenahi suasana hati. Supaya manfaat olahraga ini lebih optimal, pilih tipe olahraga yang Anda sukai.

24. Mengatur kadar gula darah 

Olahraga bisa mengontrol kadar gula darah selalu stabil, khususnya pada pasien diabetes type 2. Tidak itu saja, ruitn olahraga bisa juga mencegah terjadinya resistensi insulin yang bisa memacu diabetes. 

25. Mencegah dan meringankan nyeri punggung 

Nyeri punggung sebagai salah satunya keluh kesah yang umum dirasakan oleh orang lanjut usia dan dewasa. Keluhan ini dapat disebabkan karena beberapa hal, dimulai dari saraf terjepit, cidera, sikap tidur yang keliru, sampai rutinitas kurang bergerak.

Olahraga sebagai salah satunya cara yang dapat dilaksanakan untuk menghindari dan meredakan nyeri punggung. Dengan teratur olahraga, otot-otot tubuh seperti otot punggung, perut, dan kaki, akan jadi lebih kuat dan sanggup menyokong persendian dan menjaga kesehatan tulang belakang lebih baik.

Bermacam jenis olahraga yang bagus untuk nyeri punggung ialah yoga, berenang, naik sepeda, jalan pilates, atau kaki. Tetapi, bila nyeri punggung yang Anda alami tidak lebih baik atau makin kronis saat olahraga, seharusnya konsultasikan ke dokter anda.

26. Mengurangi resiko terjadinya osteoporosis 

Bermacam tipe olahraga, seperti jalan kaki, sepak bola, bola basket, atau aerobik, bisa perkuat otot, persendian, dan tulang. Beberapa penelitian juga menunjukkan jika olahraga dengan teratur berperan penting dalam mencegah terjadinya pengeroposan osteoporosis atau tulang.

Tetapi, untuk menjaga kesehatan tulang dan persendian selalu kuat, Anda pun perlu memenuhi konsumsi gizi yang perlu untuk kesehatan tulang, seperti vitamin D dan kalsium.

Berapa Lama Waktu Ideal Berolahraga

Banyaknya Waktu Olahraga yang Diperlukan pada umumnya, orang dewasa berumur 19-64 tahun dianjurkan untuk olahraga kira-kira 150 menit /minggu atau 30 menit setiap hari. Bila tidak pernah sempat olahraga, Anda bisa juga membagikan waktu olahraga jadi 2 sesion setiap hari, misalkan 15 menit pada pagi hari dan 15 menit pada sore hari.

Bila sejauh ini Anda tidak terbiasa olahraga dan kurang aktif bergerak, coba kerjakan olahraga secara bertahap. Anda dapat mengawalinya dengan olahraga yang simpel dan enteng, misalkan berjalan rileks atau turun-naik tangga. Tipe rutinitas ini dapat membuat detak jantung bertambah dan membuat tubuh banyak berkeringat.

Saat badan mulai terbiasa, Anda dapat tingkatkan intensif dan waktu olahraga seperti kekuatan badan. Olahraga dengan teratur baik dilaksanakan untuk orang yang sehat dan mempunyai keadaan klinis tertentu.

Tetapi, supaya semakin aman, orang dengan keadaan medis tertentu, seperti penyakit jantung atau kelebihan asam laktat, dianjurkan untuk konsultasi lebih dulu ke dokter buat pastikan jenis olahraga yang sesuai kekuatan fisik dan keperluan. Dengan begitu, manfaat olahraga juga bisa didapat secara maksimal.

Nah itulah pentingnya berolahraga bagi kesehatan, sangat banyak manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh yang kita dapat. Dengan rajin berolahraga dari muda serta mengkonsumsi makanan sehat dan istirahat yang cukup dapat membuat awet muda.

Masriko.Com sebuah website sebagai media informasi yang membahas tentang infomasi tutorial terbaru.