Baca!! Pentingnya Berolahraga Bagi Kesehatan

Berolahraga banyak memiliki manfaat bagi kesehatan. Apa itu Olahraga?
https://mazriko.blogspot.com/2017/12/baca-pentingnya-berolahraga-bagi.html
Olahraga merupakan suatu kegiatan berupa aktivitas fisik sehingga melibatkan gerakan tubuh secara berulang – ulang untuk meningkatkan kebugaran jasmani, dan olahraga juga berupa rohani yaitu olahraga fikiran seperti permainan catur maupun kartu.

Orang yang rajin berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang sehat biasanya memilki postur tubuh yang baik serta memiliki kesehatan jasmani dan rohani yang baik.

Selain itu manfaat olahraga sangat baik untuk kesehatan Pria dan Wanita. Serta Manfaat Berolahraga pagi hari dapat Meningkatkan mood baik.

Beragam macam olahraga yang dapat dilakukan dengan mudah  untuk kesehatan seperti jalan santai, joging atau lari yang sangat mudah dilakukan pada pagi hari.

Berolahraga cukup 20 - 30 menit sehari dapat membuat Tubuh tetap bugar sepanjang hari.

Beberapa Pengertian Olahraga Menurut Para Ahli

                                                                                                        Ahli                                                Pengertian Olahraga
1.Hans Tandra
Pengertian Olahraga menurut Hans Tandra merupakan setiap gerakan tubuh yang teratur dan berirama yang ditujukan untuk memperbaiki dan meningkatkan kebugaran tubuh pelakunya.
2.Suryanto RukmonoSuryanto Rukomono berpendapat pengertian olahraga merupakan setiap kegiatan yang dilakukan untuk melatih tubuh manusia sehingga tubuh terasa lebih sehat dan kuat, baik secara jasmaniah maupun secara rohaniah.
3. Jessica Dolland Pengertian Olahraga menurut Jessica Dolland adalah media pereda stress yang terbaik yang pernah ada. Olahraga dapat mengalihkan pikiran manusia dari rasa khawatir dengan jalan meredakan berbagai ketegangan otot yang ada pada tubuh.
4. Kathryn Marsden Kathryn Marsden berpendapat bahwa olahraga merupakan salah satu sarana pengusir stress terbaik yang pernah ditemukan oleh manusia.
5. Cholik Mutoir Pengertian Olahraga menurut Cholik Mutoir adalah proses sistematik yang terdiri atas setiap kegiatan dan usaha yang dapat membantu perkembangan atau pun membina potensi-potensi jasmaniah dan rohaniah seseorang sebagai perorangan, atau pun anggota masyarakat.
6.Wikipedia                    Olahraga adalah aktivitas untuk melatih tubuh seseorang, tidak hanya secara jasmani tetapi juga secara rohani (misalkan catur).

Banyak orang yang beranggapan bahwa melakukan olahraga cuma hanya untuk membentuk otot tubuh. Anggapan tersebut memang benar namun berolahraga juga memiliki manfaat kesehatan lainnya seperti berikut ini :

1. Membakar Lemak Tubuh

Tubuh yang mengalami obesitas rentan terserang penyakit, rajin berolahraga dapat menghilangkan lemak dalam tubuh.

2. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Berolahraga secara teratur dapat meningkatkan metabolisme tubuh agar lebih optimal sehingga dapat menurunkan kelebihan berat badan.

3. Meningkatkan Kekuatan Tubuh

Dengan berolahraga tubuh akan terasa bugar dan memilki otot – otot tubuh yang kuat untuk menjalani aktivitas harian.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Tubuh yang sering Berolahraga memiliki sistem yang kuat dalam menangkal radikal bebas sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit berbahaya.

5. Menyehatkan Sistem Pernafasan

Berolahraga secara teratur dapat melatih dan memperbaiki sistem pernafasan sehingga sistem pernafasan lebih optimal dan baik.

6. Memperbaiki Postur Tubuh

Postur tubuh yang kurang baik dapat mempengaruhi penampilan. Bagi kaum pria berolahraga dapat menambah masa otot sedangkan kaum wanita mempercantik lekuk tubuh.

7. Mencegah Datangnya Penyakit

Dalam cuaca yang berubah ubah  dapat dengan mudah menimbulkan penyakit, rutin berolahraga serta istirahat yang cukup dapat menghindari datangnya penyakit.

8. Dapat Mengeluarkan Racun

Ketika orang berolahraga tubuh mendetoksifikasi atau mengeluarkan zat racun dalam tubuh sehingga dapat menghilangkan berbagai macam penyakit berbahaya.

9. Melancarkan Peredaran Darah

Tanpa disadari orang yang berolahraga dapat melancarkan peredaran darah sehingga kinerja tubuh akan lebih baik dan optimal.

10. Mencegah Stress

Stress dapat muncul karena beban fikiran ataupun masalah dengan teman / keluarga/ pekerjaan. Berolahraga seperti lari atau joging atau ditempat gym dapat mencegah stress.

11. Meningkatkan Daya Ingat

Rutin berolahraga dapat meningkatkan konsentrasi serta daya ingat. Seiring bertambahnya usia ingatan juga akan menurun (pikun), namun bila rajin berolahraga secara teratur dapat mencegah dan mengurangi pikun pada masa tua.

12. Meningkatkan Hubungan Bersosial

Berolahraga di luar rumah dapat meningkatkan hubungan bersosial.  Berolahraga Diluar rumah dapat berjumpa dengan teman atau komunitas yang akan mempererat hubungan sosial.

13. Menyehatkan Kerja Jantung

Orang yang berolahraga secara teratur dapat membantu meringankan kinerja jantung karena berolahraga dapat melancarkan aliran darah sehingga dapat memompa darah dengan baik dan mengalirkan ke seluruh tubuh.

14. Meningkatkan Pertumbuhan Tulang

Bagi orang yang sedang masa perumbuhan disarankan untuk sering berolahraga dan konsumsi makanan yang tinggi kalsium untuk memadatkan dan Meningkatkan pertumbuhan tulang.

15. Mencegah Obesitas

Mencegah obesitas dapat dilakukan dengan cara melakukan olahraga secara teratur sehingga lemak dan kolsterol dalam tubuh dapat hilang dan terhindar dari Obesitas.

16. Meningkatkan Gairah Seks

Bagi yang suka berolahraga dapat meningkatkan gairah seks karena hormon testosteron dan libido seseorang yang akan mudah meningkat.

17. Meningkatkan Kualitas Tidur

Seseorang yang memiliki gangguan tidur akan mudah terkena penyakit berbahaya karena kualitas tidur yang kurang. Miliki tidur yang berkualitas dengan berolahraga secara teratur untuk mendapatkan hidup sehat.

18. Mencegah Insomnia

Ketika orang yang sulit tidur dapat mencoba berolahraga ringan secara teratur sehingga tubuh akan terasa lebih rileks dan dapat Bangun lebih pagi.

19. Menjaga Kelenturan Otot

Otot yang jarang berolahraga dapat menjadi kaku, nyeri otot, kram. Namun bisa diatasi dengan berolahraga secara teratur sehingga otot menjadi fleksibel.

20. Membantu Keseimbangan Hormon

Hormon yang tidak seimbang dalam tubuh merupakan masalah terutama pada wanita saat menstruasi. Ketidak seimbangan hormon dapat menyebabkan berbagai macam penyakit berbahaya seperti kanker.

21. Meningkatkan Sistem Imun

Dengan berolahraga tubuh akan memproduksi sistem imun serta meningkatkan zat antibodi yang akan melawan berbagai macam penyakit yang masuk kedalam tubuh.

22. Membuat Awet Muda

Tubuh yang sering melakukan olahraga akan terlihat lebih segar dan awet muda dibanding yang malas berolahraga, karena berolahraga membuat otot tubuh menjadi lentur dan meregenerasi kulit dengan baik.

Nah itulah pentingnya berolahraga bagi kesehatan, dengan rajin berolahraga dari muda serta mengkonsumsi makanan sehat dan istirahat yang cukup dapat membuat awet muda.


17.48 - tanpa komentar