Tips Menjaga Kesehatan saat bekerja atau bermain di depan komputer / laptop


Mazriko.Com - Zaman sekarang ini, bekerja didepan komputer menjadi hal yang biasa bagi seorang blogger atau karyawan kantor perusahaan. Menjaga kesehatan mata saat didepan komputer hal yang perlu diperhatikan seperti menjaga jarak pandang mata, waktu maksimal di depan komputer dan pengaturan cahaya serti besar kecilnya tulisan. 

Di zaman teknologi semakin meningkat pesat di semua kalangan masyarakat luas. Dengan adanya teknologi semua pekerjaan bisa diselesaikan dengan cepat dan efektif seperti orang - orang pekerja kantor yang sehari - harinya berhubungan dengan teknologi.

Nah, manusia tidak lepas dari yang namanya teknologi baik itu anak - anak,pelajar, orang tua. Apalagi orang - orang yang bekerja atau hanya bermain di depan pc / laptop seperti para akuntan, blogger, gamer dan lain - lain. Kebiasaan seperti ini banyak menghabiskan waktunya hanya duduk dan diam didepan pc / laptop.

Terkadang kecanggihan teknologi dapat membuat kita akan lupa hal lain serta dapat juga membuat kita menjadi pemalas, padahal sebagian kita diharuskan melakukan aktifitas lainnya. Hal ini membuat kita akan ketergantungan terhadap kecanggihan teknologi.

Tips Menjaga Kesehatan saat bekerja atau bermain di depan pc / laptop

Nah, banyak orang yang rela menghabiskan uang hanya untuk mempunyai teknologi yang lebih canggih, padahal teknologi berupa layar monitor seperti pc / laptop / gadget atau apapun itu, dapat memberikan efek buruk untuk kesehatan kita terutama pada kesehatan mata, bila mana berhadapan dengan teknologi tersebut terlalu lama atau juga sudah menjadi candu.

Untuk hal diatas, pada artikel ini akan membahas Tips Menjaga Kesehatan saat bekerja atau Bermain Di Depan Pc / Laptop. simak!!

1. Mengatur Jarak Mata

https://mazriko.blogspot.com/2017/11/tips-sehat-bekerja-atau-bermain-di.html

Jarak mata ke laptop agar disesuaikan supaya tidak menyebabkan rabun mata, jarak yang dianjurkan para ahli minimal 50 - 70 cm. Selain mengatur jarak mata sering mengedipkan mata saat bekerja atau bermain deidepan pc / lapton dapat mencegah mata perih atau berair. Selain itu  Cara Menjaga Mata saat berada didepan laptop seperti setiap 20 - 30 menit usahakan mata kita melihat kearah lain seperti kearah luar ruangan, rileks kan mata 1 - 5 menit saja lalu kembali lagi aktifitas.

2. Mengatur Posisi Tubuh

Saat kita sedang memainkan pc / laptop hendaknya kita dapat mengatur posisi tubuh yang benar agar tidak menggangu kesehatan pada bagian tubuh. Untuk posisi yang benar ialah duduk dengan punggung tegak dan bahu tetap rilex serta mengatur jarak mata ke pc / laptop. Awal - awal untuk mengatur posisi tubuh yang baik memang agak kaku tetapi jika sudah terbiasa akan menjaga postur tubuh tetap baik.

3. Menggerakkan Bagian Tubuh

Bila kita sudah terlalu lama duduk dapat menyebabkan rasa tegang atau kesemutan pada bagian tubuh. Untuk mengatasi hal tersebut kita dapat mengantisipasinya setiap 20 - 30 menit lakukan sesekali perenggang dan menggerakkan bagian tubuh seperti memutarkan leher, kaki, tangan, atau merilekskan jemari bisa juga berjalan - jalan di sekitar.

Baca Juga : Banyak Manfaat Berolahraga Bagi Kesehatan

4. Mengatur Sesi Istirahat

Banyak orang tidak memperhatikan sesi istirahat, dengan mengatur waktu penggunaan didepan pc / laptop bertujuan untuk mendapatkan waktu yang berkualitas. Kita dapat mengistirahatkan tubuh sekurang - kurangnya 15 menit setelah sekitar 45 menit kita didepan pc / laptop.

5. Menjaga Pola Hidup Sehat

Seseorang yang menghabiskan waktu di depan pc / laptop akan cenderung jarang berolahraga sehingga berat badan akan bertambah drastis. Hal ini disarankan untuk mengatur pola makan serta meluangkan waktu untuk berolahraga baik itu pagi atau sore atau juga malam.

Selain mengatur pola makan dan olahraga yang cukup disarankan Minum air putih secukupnya untuk menghindari dehidrasi yang bisa membahayakan kesehatan.

6. Menggunakan Perangkat Yang Tepat

Menggunakan perangkat yang tepat dan benar bisa mencegah hal buruk bagi kesehatan. Gunakanlah perangkat yang tepat seperti monitor, keyboard, mouse dan kursi yang nyaman. Pada monitor kita dapat memasang  filter atau alat pendukung mata agar tidak terkena radiasi layar. Pada keyboard kita dapat menggunakan keyboard tambahan atau eksternal, Hal ini bertujuan agar tubuh dapat mensesuaikan dengan posisi yang baik dan benar. Pada mouse gunakanlah alat pendukung pergelangan tangan agar mendapatkan posisi yang nyaman.

Nah, kemajuan teknologi memang tidak dapat dipungkiri bila kita tidak mau menerima kemajuan teknologi kita bisa ketinggalan informasi karena pada dasarnya teknologi dapat memberikan informasi serta kita dapat menjalin silahturahmi dengan masyarakat luas. Nah sampai disini artikel mengenai Tips Sehat Bekerja Atau Bermain Di Depan Pc / Laptop.

Semoga artikel bermanfaat jika ingin mengetahui informasi seputar kesehatan lainnya langsung kunjungi Masriko.Com ya.

09.09 - tanpa komentar