Tips Menjaga Kesehatan Tulang Agar Tetap Kuat

Masriko.Com -  Menjaga Kesehatan Tulang Agar Tetap Kuat dalam melakukan aktivitas. Menjaga kesehatan tulang perlu diperhatikan agar tulang dapat berfungsi sebagaimana fungsinya.

Tulang merupakan sistem alat gerak, tulang digerakan oleh otot – otot tubuh. Menjaga tulang agar tetap sehat sudah menjadi keawajiban agar tidak mengganggu aktivitas harian.

https://mazriko.blogspot.com/2017/11/tips-menjaga-kesehatan-tulang-agar.html
Menjaga tulang sangat disarankan mulai dari sejak dini agar tidak menyesal pada akhirnya. Banyak penyakit yang muncul bila kita tidak menjaga kesehatan tulang sejak dini misalnya rematik ataupun encok.

Tulang merupakan bagian tubuh yang sangat keras namun bila kita tidak menjaganya atau merawatnya tentu saja akan hancur pula. Tulang yang pernah patah terkena benda yang keras tentunya akan mempengaruhi sistem gerak, namun akan berangsur baik seiring berjalannya waktu dan pengobatan yang tepat.

Jenis – Jenis Penyakit Tulang 

Bila seseorang tidak menjaga atau merawat tulangnya sebagai sistem gerak akan mngalami gangguan atau penyakit tulang yang berbahaya. Berikut ini jenis – jenis penyakit tulang :

1. Asam Urat

Asam urat, asam urat biasanya sering terjadi pada persendian tulang, penyakit ini muncul akibat penumpukan zat pulin dan glukosa yang mengakibatkan sendi menjadi kaku, kram atau sejenisnya. Asam urat juga bisa disebabkan karena kurangnya konsumsi air putih, cek Manfaat air putih.

2. Rematik

Rematik merupakan tulang yang mengalami rasa ngilu akibat suhu yang dingin. Rematik juga menimbulkan pembengkakan akibat suhu yang dingin.

3. Radang Sendi

Biasanya terjadi akibat salah gerak dan berlebihan yang menimbulkan iritasi pada tulang persendian.

4. Nyeri Sendi

Nyeri sendi juga bisa disebabkan akibat salah gerak yang menyebabkan urat dan otot – otot menjadi tegang disekitar persendian.

5. Encok

Encok umumnya dialami oleh orang yang sudah lansia. Encok juga bisa disebabkan tutang yang terlalu bergerak/overacting yang dapat menimbulkan rasa ngilu dan nyeri.

6. Terkilir

Terkilir biasanya dialami saat seseorang yang terlalu bersemangat saat berolahraga. Penyakit ini dapat muncul akibat orang tersebut salah gerak atau salah pendaratan saat meloncat.

Sekeras – kerasnya tulang akan keropos seiring bertambah usia, namun kita dapat menjaga serta mencegah proses pengeroposan tulang tersebut dengan cara mengatur pola hidup sehat, seperti dibawah ini Tips Menjaga Kesehatan Tulang Agar Tetap Kuat. Simak!!

1. Olahraga Teratur

Berolahraga Teratur minimal 30 menit perharinya dapat menjaga tulang agar dapat bergerak bebas. berolahraga yang ringan seperti jalan kaki, joging, atau lari - lari kecil.

2. Lakukan Pemanasan Sebelum Berolahraga
https://mazriko.blogspot.com/2017/11/tips-menjaga-kesehatan-tulang-agar.html
Melakukan pemanasan dapat merilexkan otot dan melenturkan sendi dan hati –hati saat melakukan pendaratan saat melompat agar terhindar dari sendi terkilir.

3. Mengkonsumsi Makanan Yang Berkalsium

Makan dan minuman yang mengandung kalsium dapat membantu tulang terhindar dari pengeroposan, mengkonsumsi dalam hal sewajarnya atau secukupnya tidak secara berlebihan, bila mana berlebihan dapat mengakibatkan ganguan pada ginjal.

4. Mengatur Pola Makan

Seseorang yang mengalami obesitas akan kemungkinan besar mengalami ganguan pada tulang akibat bobot tubuh yang berat.

Menghindari makanan yang mengandung tinggi zat purin juga menjadi tips menjaga tulang agar tetap sehat. Zat purin yang terlalu banyak dapat menimbulkan penyakit asam urat. Zat purin biasanya terdapat pada jenis makanan yang berasal dari mahluk hidup seperti daging merah sea food dan Makanan Junk Food serta makanan lainnya.

5. Menghentikan Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk maksudnya kebiasaan sering membunyikan tulang dengan cara di pencet, ditekuk, dan dicabut. Hal ini dapat merusak tulang sendi dan dapat menimbulkan radang sendi.

6.  Menghindari Benturan Pada Tulang

Benturan yang keras dan mengenai tulang dapat menyebabkan gangguan pada tulang. Disarankan bagi pengendara untuk mengurangi kecepatan dan berhati- hati saat bepergian untuk menghindari terjadinya kecelakaan yang dapat membuat cidera pada tulang.

Sekian artikel mengenai Tips Menjaga Kesehatan Tulang Agar Tetap Kuat, semoga dapat bermanfaat bagi pengunjung silahkan kunjungi Masriko.Com jika ingin mengetahui informasi kesehatan lainnya.

06.18 - tanpa komentar