Tips Bangun Tidur pagi - Manfaat Bangun Tidur Pagi Bagi Kesehatan

Masriko.Com - Oke sobat semua kali ini saya akan membahas tentang Bangun Tidur Pagi.

Bagun Pagi; tidur-malam; tidur nyenyak; cara cepat tidur malam; makanan agar tidur nyenyak; cara tidur nyenyak menurut islam; bangun pagi; mimpi; obat tidur; ciri tidur berkualitas; doa agar tidur nyenyak; tidur nyenyak bayi, orang dewasa;

banyak Manfaat Bangun pagi bagi kesehatan, bangun pagi merupakan kebiasaan yang sehat, namun di sebagian orang bangun pagi merupakan hal yang terbilang sulit dilakukan. Meskipun telah mengatur jam alarm.
Manfaat Bangun pagi supaya kita bisa menghirup udara segar. Bangun pagi mungkin sulit bagi sebagian orang sehingga orang yang bangun siang biasanya selalu terburu – buru, suka telat bepergian. Orang yang tidak terbiasa bangun pagi juga biasanya melupakan sarapan sehingga aktivitas harianya dapat terganggu.

Manfaat Bagun Pagi bagi orang yang terbiasa tidak akan terburu – buru dan dapat melewati harinya dengan lebih produktif. Bangun pagi juga dapat membuat mood anda lebih baik.

Banyak hal dimana yang dapat membuat orang itu sulit bangun pagi misalnya habis bergadang, kebiasaan bangun siang, dan tidur yang kurang berkualitas.

Nah dari penjelasan diatas dengan mengubah kebiasaan pola hidup, dapat membantu anda bangun pagi, ubahlah kebiasan suka bergadang dan tidurlah lebih awal maka dapat membantu anda dalam kesulitan bangun pagi.

Nah selain suka bergadang dan tidur lebih awal, ada tips lain yang dapat membantu anda bangun pagi agar hari anda lebih mennyenangkan, berikut Tips Dan Manfaat Bangun Pagi. Simak!!

1. Membuat Alarm

Membuat Alarm berbunyi dapat membangunkan kita, namun ada sebagian orang yang sudah menhidupkan  atau menyetel alarm namun tak juga lekas bangun..
Meskipun cara ini tidak begitu tepat, anda dapat mensiasatinya dengan membuat alarm lebih banyak dan dapat berbunyi lama serta dengan memberinya volume yang keras, dan letakkan juga alarm tersebut agak jauh dari tempat kita tidur. Sehingga saat alarm berbunyi kita akan berusaha untuk mematikannya, bila tidak dimatikan maka akan menggangu tetangga..hehe

Nah bila anda sudah terbangun jangan hanya mematikan alarm dan tidur lagi hal ini akan sia – sia. Namun segeralah Minum air putih agar tubuh terasa segar dan rasa kantuk juga hilang.

2.  Tidak Minum Berkafein

Menghindari minuman berkafein seperti kopi atau sejenisnya dapat membantu anda bangun lebih pagi. Meminum minuman berkafein dapat menyebabkan anda sulit tidur yang dapat menggangu tidur anda. Minum kafein pada malam hari bisa menimbulkan rasa tidak enak pada perut.

Untuk bangun bangun pagi anda harung menghindari minuman yang berkafein agar tidur anda terasa lebih nyeyak dan dapat bangun lebih pagi.

3. Tidur Yang Berkualitas

Good mood pagi hari bisa didapatkan karena tidur yang berkualitas. Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas anda dapat melakukan seperti berikut ini :
1. tidak minum berkafein sebelum tidur
2. anda dapat mengatur posisi tidur, pilihlah tempat tidur yang nyaman, pilihlah bantal yang empuk.
3. hindari menyalakan kipas saat tidur atau anda dapat menyetel batas waktu kipas menyala/berhenti  agar selama anda tidur tidak selamanya kipas menyala yang membuat suhu tubuh anda terasa dinggin. Ac pun demikian.
4. Tidur lebih awal, usahakan tidur minimal 7 – 8 jam untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

4. Membuat Jadwal

Membuat jadwal dapat membantu anda bangun pagi. Misalnya, setiap harinya anda melakukan aktivitas tambahan sebelum bepergian seperti melakukan olahraga atau yang lainnya. Hal ini akan membuat anda berusahan bangun lebih pagi. Melakukan ativitas sebelum pergi dapat membuat / Menjaga tubuh anda tetap bugar dan fit.

5. Pikirkan Akibat Telat bangun

Berfikir akan akibat dari telat bangun dapat membuat susah anda. Misalnya saja pelajar jika telat tentunya mendapat hukuman, nah namun bila para pekerja kantor yang telat tentunya akan menggangu pekerjaan atau yang lebih parah dapat kehilangan pekerjaan tersebut. Nah ada kata yang saya dengar “hewanpun tidak akan masuk lubang yang sama”. Nah jadi kita pun tidak akan mengulangi kesalahan sama seperti misalnya telat.

6. Melaksanakan Kewajiban

Bagi yang Islam melaksanakan sholat 5 waktu merupakan kewajiban. Bila yang sudah terbiasa melakukan kewajiban sholat subuh tentu tidak akan kesiangan yang membuat anda telat.

Nah seringkan orang mengalami Kenapa Saya Sering Lemas Saat Bangun Tidur Pagi

Sobat semua, setelah kita bekerja seharian, mungkin bagi anda yang pelajar sudah belajar seharian, kemudian mungkin membantu orang tua bekerja, dan istirahat malam adalah obat paling mujarab  untuk mengembalikan tubuh kita pada kondisi prima kembali.


Tapi terkadang ketika kita sudah cukup tidur di malam hari, misalnya anda tidur jam 9-10 malam dan bangun jam 6 pagi. Tapi ternyata badan anda masih lemas, rasanya tidur anda kurang cukup.


Ketika bangun, badan masih terasa lemas. Mungkin ada yang merasa badannya pusing.


saya akan sharing kepada anda semua tentang mengapa hal tersebut bisa terjadi. Siapa disini yang ketika bangun tidur, badannya terasa tidak segar? Malah makin malas-malasan. Mau bangun malas, lalu ada yang ketika bangun kepalanya terasa pusing. kira-kira apa penyebabnya.

Jadi, disini saya akan sharing kepada anda tentang 9 penyebab mengapa saat bangun tidur badan anda masih terasa lemas.


Penyebab Lemas Saat bangun tidur pagi

Penyebab yang pertama adalah karena anda membawa pekerjaan anda ke tempat tidur. Siapa disini yang ketika mau tidur, sambil mengerjakan tugas? Mungkin pakai laptop atau masih main HP.


Atau anda yang tidak bawa apa-apa, tetapi pikiran anda masih membawa pekerjaan anda di kantor. Jadi, orang-orang seperti ini biasanya matanya sudah tertutup, tetapi pikirannya masih kesana kemari. Apalagi anda yang tidur sambil bekerja dengan laptop. Bisa-bisa saat anda bangun pagi, posisi tidur anda salah.


Anda tidur di keyboard laptop. Akhirnya ketika bangun pagi, pipi anda mengecap keyboard di pipi. Jadi, hal-hal seperti ini juga bisa membuat kualitas tidur anda tidak baik. Akhirnya pada keesokan harinya ketika anda bangun, anda masih merasa lemas. Mungkin ada juga yang merasakan pusing.


Lalu yang kedua, anda terlalu banyak mengkonsumsi kafein sehingga anda terjaga di malam hari.


Ketika anda ingin menutup mata/tidur, jantung anda berdebar terus dan akhirnya tidak bisa tidur. Akhirnya, anda baru bisa tidur saat larut malam. Jadi pada keesokan harinya yang harusnya anda bangun tidur dengan segar, akhirnya ketika anda bangun pagi, badan terasa lemas dan tidak  bertenaga.


Kemudian yang ketiga, anda makan berlebihan atau terlalu banyak sebelum tidur. Siapa disini yang suka makan pada jam 11 malam, atau masih makan pada jam 12 malam? Dan makanan apa yang biasa anda makan?


Kebanyakan, kita makan junkfood di malam hari. Saya tidak menyebutkan mereknya, tetapi biasanya itu semua yang anda makan. Benar ‘kan?


Jika anda makan terlalu banyak di malam hari, akhirnya ketika anda tidur, usus anda tetap bekerja  mencerna makanan, yang seharusnya saat malam organ tubuh kita ikut beristirahat.


Tetapi karena bekerja terus, akhirnya keesokan harinya pada saat bangun tidur kita tidak bisa merasa lebih segar. Mungkin salah satu faktor penyebabnya adalah karena yang buka di malam hari, yang buka 24 jam itu adalah makanan junkfood atau makanan instan.


Oke, kita lanjutkan. Kemudian yang keempat adalah karena anda jarang berolahraga. Jadi, ketahuilah bahwa olahraga dapat memperbaiki sirkulasi darah anda dan memperbaiki metabolisme sehingga anda bisa tidur lebih lelap.


Percuma anda tidur jika anda tidak bisa tidur lelap. Akhirnya, kualitas tidur anda tidak baik dan anda bangun dalam kondisi tidak prima.


Kemudian penyebab selanjutnya. Penyebab nomor lima adalah karena anda mengalami dehidrasi. Jadi, saran saya adalah perhatikan asupan cairan juga. Apabila anda dehidrasi, asupan cairan kurang, maka sirkulasi darah anda juga tidak baik.


Yang perlu anda ingat, 70% dari tubuh kita adalah cairan. Jadi apabila anda dehidrasi, anda  kekurangan cairan, maka metabolisme tubuh anda tidak dapat berjalan dengan baik. Sirkulasi darah anda juga tidak dapat berjalan dengan baik. Akhirnya, ketika anda bangun pagi tidak bisa terasa segar.


Lalu, yang keenam adalah anemia. “bagaimana cara mengetahui saya ini anemia atau tidak?”.


Untuk anda semua yang ingin periksa, silahkan ke lab. Jadi, anda bisa cek Hb anda berapa. Kalau di bawah normal, itu artinya anda mengalami anemia. Atau pemeriksaan paling gampang yang bisa anda lakukan sendiri di rumah adalah cek di bawah mata anda atau konjungtiva.


Jadi, lihat di depan cermin. Apakah warnanya lebih pucat?


Jadi, anda bisa bandingkan dengan teman anda yang sehat atau keluarga anda yang sehat.


Kemudian, anda juga bisa cek di kuku. Jadi, anda buka kuku anda seperti ini, kemudian anda cek. Apakah warnanya putih pucat? Jika iya, berarti anda mengalami anemia. Dan untuk memastikannya, silahkan anda cek di laboratorium.


Mengapa anemia bisa menyebabkan anda lemas ketika bangun tidur? Karena sel darah merah yang berfungsi untuk mengangkut oksigen di dalam tubuh anda kurang. Jadi ketika anda tidur maupun ketika anda melakukan aktivitas, tubuh anda tetap membutuhkan yang namanya oksigen.


Kemudian, yang ketujuh adalah hipotensi.


‘Apa itu hipotensi?’. Hipotensi adalah tekanan darah rendah.


Jadi untuk anda yang ingin tahu, silahkan anda cek ke dokter anda atau ke perawat. Jadi anda bisa minta tolong tensikan diri anda. ‘Lalu, apa yang harus saya lakukan kalau seandainya tensi saya rendah?’. Perbaiki pola makan anda.


Coba anda perhatikan. Apakah makanan anda sudah cukup karbohidrat, protein, dan zat besi lainnya? Jika belum, segera diperbaiki. Lalu tambahkan dengan olahraga.


Lalu, yang kedelapan adalah hipoglikemia.


Hipoglikemia ini merupakan kondisi dimana kadar gula darah anda drop atau terlalu rendah. Hal ini biasanya terjadi pada mereka yang menderita kencing manis, atau yang kita sebut dengan diabetes yang mengkonsumsi obat. Mungkin pola makannya tidak teratur, lupa makan lalu minum obat. Dan pada keesokan harinya, kadar gula darahnya drop.


Hal ini juga dapat menyebabkan badan lemas dan kepala pusing. Tolong anda cek, bagi anda yang memiliki penyakit diabetes. Atur pola makan anda, dan segera konsultasi ke dokter.


Kemudian yang kesembilan adalah efek samping obat atau alkohol. Jadi, obat-obatan tertentu juga dapat membuat anda lemas pada keesokan harinya. Misalnya obat penenang yang diminum dengan dosis terlalu tinggi. Atau anda habis mabuk karena pada malam harinya minum alkohol.


Oke, semoga informasi singkat ini dapat bermanfaat untuk anda semua.



Nah sekian artikel mengenai Tips Dan Manfaat Bangun Pagi, bangun pagi dapat merubah hari – hari anda yang lebih baik. Semoga artikel ini bermanfaat dan jika ingin melihat informasi seputar kesehatan lainnya bisa mengunjungi Masriko.Com ya.

16.36 - tanpa komentar