-->

Suka Buah Mangga? Lihat Manfaatnya Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan, Buah mangga memilki manfaat yang baik untuk kesehatan. Bila anda suka mengkonsumsi buah mangga maka anda akan merasakan manfaat baiknya.
Buah mangga dapat berManfaat untuk diet, selain itu manfaat buah mangga untuk kecantikan.
manfaat mangga bagi manusia, manfaat mangga, jus mangga, kalori jus mangga, kegunaan mangga, khasiat mangga, mangga mengandung, diat mangga, kalori dalam buah mangga, manfaat mangga muda, manfaat mangga muda untuk diet, cara diet buah mangga, kandungan mangga, mangga,

Apa itu buah mangga dan manfaat buah mangga? Siapa yang tidak mengenal buah mangga?

Mangga adalah buah bergizi tinggi yang nikmat disantap. Ada beberapa ratus jenis mangga dengan rasa, wujud, warna, dan ukuran yang berbeda di beberapa belahan dunia.

Di beberapa tempat, buah namanya latin Mangifera indica ini dipanggil "Raja Buah ".Panggilan itu tidak terlalu berlebih, ingat mangga tidak cuman nikmat tetapi juga mempunyai deretan gizi yang baik untuk kesehatan.

 

Buah mangga merupakan buah yang dapat hidup di daerah tropis seperti di Indonesia. Buah ini memilki jenis – jenis ukuran dari yang kecil sampai yang besar. Bagian luar buah mangga memilki warna yang berbeda – beda tergantung pada jenis mangganya. Bagian dalam / daging buah mangga yaitu berwarna kuning / orange bila sudah masak.

Buah mangga merupakan buah favorit sebagian masyarakat Indonesia karena  buah ini memilki musim panen yang dinanti – nanti.

Untuk menemukan buah mangga sering kita jumpai di pinggir jalan dan pasar. Tergantung pada anda suka beli di pasar atau di pinggir jalan, tentunya buah mangga memiliki manfaat yang sama.

Dikutip dari Healthline, secangkir atau 165 gr mangga mempunyai 99 kalori dan 2,6 gr serat. Makan satu porsi mangga bisa menyuplai beberapa vitamin seperti vitamin C, B6, A, E, B5, dan K.

Disamping itu, mangga memiliki kandungan zat nutrisi penting seperti tembaga, folat, niasin, kalium, riboflavin, mangan, tiamin, magnesium, dan anti-oksidan lain dengan deretan nutrisinya dan manfaat mangga untuk kesehatan:

Kandungan Buah Mangga


Kandungan                 Jumlah
Energi272 kj
Karbohidrat17,00 g
Gula14,8 g
Serat1,8 g
Lemak0,27 g
Protein0,51 g
Vitamin A 38 mg 4%
Vitamin C 60%
Vitamin B60,134 mg 10%
Vitamin B10,058 mg 4%
Vitamin B20,057 mg 4%
Vitamin B30,584 mg 4%
Vitamin B914 mg 4%
Beta karoten 44 mg 4%
Asam Pantotenat(B5)0,160 3%
Kalsium10 mg 1%
Besi0,13 mg 1%
Magnesium9 mg 2%
Fosfor11 mg 2%
Kalium156 mg 3%

Buah mangga memiliki kandungan lainnya seperti Tembaga, Potasium, Magnesium, Selenium, Mangan, Zat Besi, Karbohidrat, Vitamin E dan K serta Gula alami. Selain itu zat Zeaxanthin dan betakaroten sebagai antioksidan tubuh, dan senyawa Cryptoxanthin pada buah mangga dapat membantu menghilangkan sel –  sel kanker. Kandungan lain seperti Asam Galat juga baik untuk menjaga sistem pencernaan serta kandungan Ribovlavin sangat baik menjaga kesehatan Mata, Mulut dan Tenggorokan.

Jenis – Jenis Buah Mangga


Jenis jenis Mangga Di Indonesia
Mangga Golek
Mangga Arum Manis
Mangga Apel
Mangga Gadung
Mangga Gedong
Mangga Manalagi
Mangga Lalijiwo
Mangga Kemang
Mangga Kweni
Mangga Pakel
Mangga Indramayu
Mangga Endog
Mangga Pir
Dll

Manfaat Mangga Untuk Kesehatan

1. Mengatasi Diabetes

Kandungan Glikemik yang ada pada buah mangga tidak akan meningkatkan kadar gula dalam darah. Mengkonsumsi buah mangga beberapa iris dapat menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat buah mangga berpotensial mencegah diabetes. Buah mangga dipercobakan untuk menunjukkan, binatang yang dikasih daun mangga resikonya terserang diabetes menurun. Kandungan beberapa senyawa dalam daun mangga bisa turunkan berat tubuh, kandungan gula darah, sekalian lemak dalam darah.

Walau janjikan, diperlukan riset selanjutnya tentang dampaknya pada manusia. Tetapi, ada study yang lain mendapati makan mangga yang dipeti-eskan terbukti turunkan kadar gula darah pasien obesitas.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga kesehatan jantung merupakan hal yang utama. Bila jantung sehat maka tubuh anda akan terasa sehat dan bugar. Kandungan serat, Vitamin dan kalium dapat menjaga kesehatan jantung.

 

Manfaat buah mangga dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Manfaat mangga untuk kesehatan yang lain yaitu turunkan resiko penyakit jantung. Mangga memiliki kandungan serat, kalium, dan beberapa vitamin yang dapat jaga pembuluh darah arteri jantung supaya masih sehat.

Kecuali makan mangga, seorang perlu jalani skema makan sehat dan olahraga teratur untuk mencegah penyakit jantung.

3. Mencegah Kanker

Kandungan Senyawa yang baik pada buah mangga seperti Asam Galat, fisetin serta Cryptoxanthin dapat mencegah dan menghilangkan sel – sel kanker dalam tubuh.

Manfaat buah mangga dapat mencegah kanker. Manfaat mangga untuk kesehatan yang sayang dilewati lainnya yaitu mencegah kanker. Merilis Medical News Today, study dari Jepang menunjukkan, buah yang memiliki kandungan karotenoid seperti mangga dapat kurangi resiko kanker usus besar. Disamping itu, kandungan beta karoten dalam mangga prospektif mencegah kanker kulit.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Menjaga kesehatan tulang perlu dilakukan sejak dini agar tulang tetap kuat. Kandungan Kalsium dan Vitamin K dapat membantu pertumbuhan dan memperkokoh stuktur tulang.

5. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Mengkonsumsi serat dapat melancarkan sistem pencernaan. Didalam buah mangga terdapat kandungan serat yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan dan melindungi dari berbagai penyakit pencernaan.

 

Manfaat buah mangga dapat membantu mengatasi sembelit. Riset yang mengikutsertakan pasien sembelit akut menunjukkan, makan mangga efisien menurunkan sembelit. Hal yang harus diingat, mangga ialah makanan yang bisa memacu gas dan kembung pada beberapa orang. Khususnya untuk pasien sindrom iritasi usus besar dan orang yang alergi getah. Tetapi, biasanya makan mangga dalam porsi yang wajar tidak menimbulkan masalah kesehatan.

6. Mengatasi Kolesterol

Mengkonsumsi buah mangga secara rutin dapat membantu Menghilangkan kolesterol jahat dalam tubuh. Kandungan vitamin C dan Serat mampu mengontrol kadar Kolesterol dalam tubuh.

7. Mengatasi Anemia

Zat besi merupakan asupan baik untuk penyakit anemia. Mengkonsumsi buah mangga secara rutin dapat membantu mengatasi anemia karena zat besi yang baik pada mangga.

8. Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin A pada buah mangga sangat baik untuk asupan gizi bagi Mata supaya tetap sehat dan bening. Vitamin A dapat diperoleh dari buah mangga, rutin mengkonsumsi buah mangga dapat menjaga kesehatan mata.

Manfaat buah mangga dapat menjaga kesehatan mata. Dikutip dari Health, mangga mempunyai anti-oksidan zeaxanthin dan lutein. Ke-2 senyawa itu berperanan dalam mempertahankan kesehatan mata, terhitung menahan degradasi makula dan katarak.

Lutein dan zeaxanthin bisa membuat perlindungan retina dan lensa dari cahaya ultraviolet yang berbahaya. Ke-2 senyawa ini dapat tingkatkan capaian visual, kurangi ketaknyamanan karena silau, tingkatkan kontras visual.

9. Meningkatkan Energi

Kandungan seperti Karbohidrat, Vitamin dan Protein pada buah mangga dapat meningkatkan energi dalam tubuh secara alami sehingga dapat membuat Tubuh tetap bugar sepanjang hari.

10. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan gizi dan senyawa alami pada buah mangga sudah tidak diragukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sebagai antioksidan alami tubuh.

Manfaat buah mangga dapat tingkatkan daya tahan tubuh kita. Manfaat mangga untuk kesehatan yang lain ialah tingkatkan daya tahan tubuh. Secangkir mangga dapat penuhi seperempat keperluan vitamin A setiap hari. Gizi ini penting untuk daya tahan tubuh. Kurangnya vitamin A bisa tingkatkan resiko infeksi.

 

11. Menyehatkan Kulit dan Rambut

Manfaat buah mangga dapat membantu mendukung kesehatan kulit dan rambut kamu. Di dalam buah mangga ada kandungan vitamin A dalam mangga dapat mendukung kesehatan rambut dan kulit. Manfaat mangga untuk wajahmu bisa karena vitamin A bisa membantu melembabkan kulit dan rambutmu.

Disamping itu, mangga kaya vitamin C. Zat nutrisi ini bisa jaga kolagen yang dapat jaga kulit dan rambut supaya terus prima.

 

12. Sumber Vitamin

Kandungan vitamin a, c dan folat sangat bagus untuk kesehatan terutama untuk ibu hamil yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin seperti jantung, paru- paru dan ginjal. Apa  Manfaat Buah Mangga Untuk Ibu Hamil? Buah mangga mengandung banyak vitamin dan mineral yang penting bagi ibu hamil dan bayinya dalam kandungan, seperti vitamin C, vitamin A, asam folat, vitamin B, kalium, kalsium, zat besi, dan magnesium. 

 

Selain itu, buah ini juga menyediakan protein, serat, kalori, dan lemak sehat sehingga mangga aman untuk ibu hamil karena Mangga termasuk buah tinggi kalori yang tepat dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan kalori ibu hamil yang meningkat pada kehamilan trimester ketiga. Selain itu, mangga mengandung beberapa nutrisi yang diperlukan selama kehamilan.

Efek Samping Buah Mangga

Terlalu Banyak Makan Buah Mangga meningkatkan Risiko gula darah. Mangga matang merupakan sumber gula yang kaya sehingga biasanya menjadi alasan meningkatnya kadar gula darah, Diare, Reaksi alergi,  selain itu gejala lainnya akibat kebanyakan makan mangga seperti gejalanya bisa berupa mata berair, pilek, masalah pernapasan, sakit perut, bersin, bahkan syok dalam kasus ekstrim. Mengonsumsi mangga berlebihan terutama mangga mentah, bisa menyebabkan masalah gastrointestinal, seperti gangguan pencernaan.

Demikian artikel Suka Buah Mangga? Lihat Manfaatnya Untuk Kesehatan. Menjaga pola hidup sehat merupakan hal yang utama untuk mendapatkan kesehatan yang berkualitas untuk masa depan. Semoga bermanfaat.

Masriko.Com sebuah website sebagai media informasi yang membahas tentang infomasi tutorial terbaru.