Obat Tradisional Untuk Meredakan Batuk Ringan

Masriko.Com - Obat tradisional untuk meredakan batuk ringan, batuk kering berdahak sangat mengganggu apalagi batuk berdahak dan gatal. Batuk bisa menyerang anak maupun orang dewasa.

Batuk biasanya termasuk penyakit yang disepelekan oleh kebanyakan orang, padahal batuk itu sendiri dapat mengganggu aktivitas harian bagi si penderitanya.

Tubuh yang kurang fit dan banyak nya debu atau polusi udara merupakan salah satu penyebab timbulnya batuk.
https://mazriko.blogspot.com/2017/11/obat-tradisional-untuk-meredakan-batuk.html

Batuk itu sendiri merupakan respon alami tubuh jika terjadi gangguan yang berhubungan dengan saluran pernafasan. Hal ini terjadi karena tubuh mengalami iritasi atau juga proses membersihkan kotoran seperti debu,asap ataupun lendir dalam tubuh.

Batuk juga biasanya pada umumnya akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari, tergantung tingkat keseriusan penyakit dan pengobatannya.

Jenis – jenis batuk 

Ada banyak jenis - jenis batuk yang bisa dialami oleh tubuh kita, selain kita selalu menjaga dan waspada terhadap penyakit disekitar kita seperti jenis - jenis batuk berikut ini:

 

1.Batuk Berdahak

Batuk berdahak biasanya disertai cairan lendir yang berasal dari tenggorokan, hal ini juga berfungsi mengeluarkan dahak. Batuk berdahak adalah batuk yang diikuti adanya lendir atau dahak. Keadaan ini umumnya bisa pulih sendirinya dalam saat yang cepat. Dalam kasus yang kronis, batuk berdahak bisa disebabkan karena beberapa keadaan, seperti pneumonia, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), bronkitis akut, bronkitis kronis, dan asma. Kecuali beberapa keadaan itu, batuk berdahak dapat terjadi pada bayi atau balita karena penyebab flu atau pilek.

2.Batuk Kering

Batuk kering biasanya akibat dari terkena paparan polusi yang menjadi iritasi sehingga muncul rasa gatal di tenggorokan yang akhirnya memicu batuk kering. Batuk kering ialah batu yang mengakibatkan rasa gatal di kerongkongan. 

Keadaan ini umumnya terjadi dalam waktu lama, karena infeksi aliran pernafasan atas yang dialami. Baik orang dewasa atau beberapa anak, batuk kering umumnya berjalan beberapa minggu. Beberapa keadaan yang mengakibatkan batuk kering, diantaranya radang kerongkongan, sakit kerongkongan, radang amandel, asma, radang selaput lendir, dan paparan pencemaran atau debu. 



3.Batuk Paroksismal  

Batuk paroksismal adalah tanda-tanda dari batuk rejan, yakni infeksi bakteri yang mengakibatkan batuk luar biasa pada pengidapnya. Resikonya, batuk ini akan membuat semua oksigen dalam paru-paru raib, hingga memunculkan bunyi mengi saat penderitanya bernapas. Beberapa keadaan kesehatan yang diikuti dengan batuk paroksismal, yakni gejala asma, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), pneumonia, TBC, atau terselak.

4.Batuk Croup

Batuk Croup adalah tipe batuk yang umumnya dirasakan oleh beberapa anak berumur di bawah 5 tahun karena infeksi virus. Keadaan ini akan mengakibatkan iritasi dan bengkak pada aliran napas sisi atas, hingga anak jadi susah bernapas. Batuknya akan paling dekat seperti gonggongan anjing, karena bengkak memunculkan suara napas melengking dan serak. Saat dirasakan dalam kasus yang kronis, batuk-batuk akan membuat penderitanya kebiruan atau pucat.

5.Batuk Rejan

Batuk rejan adalah keadaan yang dikenali dengan istilah pertusis, yakni tipe batuk yang dikarenakan oleh infeksi bakteri. Batuk ini benar-benar rawan dirasakan oleh beberapa anak yang masih belum memperoleh vaksinasi, yang diikuti dengan pilek atau flu, dari intensif enteng sampai parah. Pengidap bisa menyebarkan penyakit ini pada seseorang dua minggu sesudah terinfeksi.

6.Batuk Berdarah

Bila kamu alami batuk-batuk yang dibarengi dengan darah, selekasnya kontrol diri ke rumah sakit paling dekat, ya! Batuk tipe ini membutuhkan pengatasan yang pas, karena darah yang keluar peluang berawal dari paru- aliran udara atau paru. Batuk berdarah jadi tanda-tanda bila kamu mempunyai permasalahan klinis yang beresiko, seperti infeksi akut, bahkan juga tumor. 


Nah, selain batuk berdahak dan batuk kering dan batuk - batuk diatas terdapat juga batuk alergi. Batuk alergi biasanya batuk yang menyertai flu dan biasanya terkadang muncul seperti batuk berdahak maupun batuk kering.

Obat Tradisional Untuk Meredakan Batuk Ringan

Untuk mengatasi batuk dapat dilakukan secara tradisional bila masih tergolong batuk ringan namun bila tergolong batuk yang parah disarankan untuk konsultasikan pada dokter agar dapat penanganan yang serius. Nah, untuk mengatasi penyakit batuk ringan dapat dilakukan secara tradisional, dengan pengobatan yang benar akan mendapatkan hasil yang maksimal. Berikut obat Tadisional untuk meredakan batuk. Simak!!

1. Jahe dan Kunyit

Bahan seperti jahe dan kunyit ini sangat mudah didapat dan murah. Cara pembuatannya hanya siapkan :
1.  2 sdm air jahe,
2.  2 sdm air kunyit,
3.  1 sdm madu dan
4.  1 sdm perasan jeruk nipis
Campurkan semua bahan tersebut lalu siap diminum, cukup minum 2 X sehari saja.

2. Jahe Dan Kencur

Cara penyajiannya: Jahe dan kencur diparut hingga halus lalu di rebus ditambahkan 1 gelas air, rebus hingga mendidih. Setelah itu tunggu beberapa saat minum selagi hangat.

3. Jahe Dan Jeruk Nipis

Cara penyajiannya: jahe dicuci bersih lalu ditumbuk dan direbus  dengan 2 gelas air sampai mendidih lalu masukan kedalam gelas yang sudah berisi 1 sdm perasan jeruk nipis. Tunggu beberapa saat lalu minum selagi hangat.

4. Kecap dan Jeruk Nipis

Cara pembuatannya:
1. 1 buah jeruk nipis
2. 1 sachet/secukupnya kecap
Peras buah jeruk masukan kedalam wadah lalu masukan kecap secukupnya dan diaduk. Setelah itu minum ramuan tersebut menggunakan sendok.

5. Madu dan Lemon

Cara penyajiannya cukup gampang hanya memeras lemon secukupnya tambahkan 2 sdm madu lalu siap di minum. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal cukup diminum 2 X sehari saja.

Nah, jika batuk terus terjadi atau berkepanjangan atau menunjukan gejala yang serius anda disarankan harus berkonsultasi pada dokter yang ahli dibidangnya untuk menghindari batuk yang bertambah parah.

Sekian artikel Obat Tradisional Untuk Meredakan Batuk Ringan semoga bermanfaat bagi pengunjung dan harap kunjungi Masriko.Com untuk mengetahui informasi seputar kesehatan lainnya.

16.45