-->

Khasiat Buah Mentimun Bagi Kesehatan Tubuh

Khasiat Buah Mentimun Bagi Kesehatan TubuhBuah Mentimun memiliki ciri yang khas warnanya yang hijau muda/tua dengan sedikit putih. Bentuk dari buah Mentimun ialah memanjang lonjong. Buah timun yang didalamnya memilki banyak kandunga air sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh.
khasiat timun, timun, manfaat timun, bahaya timun, manfaat ketimun, masker timun, mentimun adalah, makanan untuk vitalitas pria
Nah buah mentimun bisa juga untuk lalapan saat makan, selain itu potongan buah mentimun sebagai lalapan dapat juga Buah mentimun untuk wajah. Selain itu manfaat jus buah mentimun juga dapat sebagai menu diet.

Nah selain itu konsumsi buah mentimun rebus juga dapat mengatasi penyakit darah tinggi.

Kandungan Buah Timun

Kandungan                Jumlah
Energi 15 kcal 1%
Karbohidrat3,63 g 3%
Protein0,65 g 1%
Lemak0,11 g 0,5%
Serat0,5 g 1%
Folat7 mg 2%
Niacin0,098 mg 1%
Asam Pantotenat0,259 mg 5%
Pyridoxine0,040 mg 3%
Riboflavin0,033 mg 3%
Thiamin0,027 mg 2%
Vit. A 105 IU 3,5%
Vit. C2,8 mg 4,5%
Vit. E0,03 mg 
Vit. K16,4 mg 13,6%
Sodium2 mg
Kalium147 mg 3%
Kalsium16 mg 1,6%
Besi0,28 mg 3,5%
Magnesium13 mg 3%
Mangan0,079 mg 3,5%
Fosfor24 mg 3%
Seng0,20 mg 2%

Buah mentimun memiliki kandungan lainnya seperti Vitamin A,B1,B2,B6,B12,C, dan D, dan Natrium. Pada biji buah mentimun juga dapat mengatasi penyakit cacingan.

Manfaat Buah Mentimun

Nah di Indonesia Buah mentimun sudah banyak dikenal sebagai menu makan atau sebagai lalapan, namun tidak banyak orang tahu manfaat lain dari buah mentimun. Khasiat dan Manfaat mentimun dapat dirasakan untuk pria ataupun bagi wanita. Berikut ini Khasiat Buah Mentimun Bagi Kesehatan Tubuh, cek!!

1. Menghilangkan Jerawat

Manfaat timun untuk wajah seperti masalah jerawat. Untuk menghilangkan jerawat kita bisa menggunakan buah mentimun caranya, ambil timun yang masih segar dan di cuci bersih. Lalu di iris – iris dan tempelkan / digosok – gosok pada area yang berjerawat. Cara ini dapat dilakukan setiap hari untuk hasil yang maksimal.

2. Membantu Menghilangkan Flek Hitam Pada Kulit

Caranya,  ambil bagian ujung mentimun sedang lalu diparut. Dan masukan wadah lalu campurkan setengah sendok makan air parutan kunyit. Dan oleskan pada area yang ada flek hitam. Cara ini dapat dilakukan setiap hari sampai mendapatkan hasil yang memuaskan.

3. Melegakan Tenggorokan

Caranya cukup masukan biji mentimun kedalam wadah lalu tambahkan sedikit garam serta air dan gunakan untuk berkumur kemudian diminum.

4. Mengatasi Sariawan

Buah mentimun dapat mengatasi penyakit sariawan, caranya cukup mengkonsumsi buah mentimun setiap hari dengan rutin.

5. Menurunkan / Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

Apakah mentimun dapat menurunkan tekanan darah tinggi? Buah mentimun dapat menurunkan / mengontrol tekanan darah tinggi. Caranya cukup mengkonsumsi Jus mentimun atau mentimun  rebus atau juga konsumsi mentimun langsung.

Selain itu manfaat mentimun untuk hipertensi yaitu dapat memberikan dukungan dalam menjaga kesehatan jantung kita. Mentimun memiliki kandungan kalium seputar 152mg per cangkir, yang bisa membantu turunkan tekanan darah. Sebuah riset mengenai konsumsi kalium memperlihatkan jika konsumsi yang semakin tinggi dihubungkan dengan tingkat penyebab stroke yang lebih rendah dan mungkin saja kurangi resiko penyakit kardiovaskular.

Karena kurang dari 2 % orang dewasa A.S. konsumsi 4,700 mg kalium yang direferensikan setiap hari, makan mentimun ialah langkah gampang untuk mulai tingkatkan konsumsi kalium Anda.

6. Melancarkan Pencernaan

Bagi yang sedang mengalami gangguan pada pencernaan dapat mencoba mengkonsumsi buah mentimun. Kandunga serat yang baik dalam buah mentimun dapat mengatur dan mengatasi masalah pencernaan.

7. Menjaga Kesehatan Ginjal

Mengkonsumsi langsung atau dibuat jus timun mampu menjaga kesehatan dan membantu kinerja ginjal.

8. Mengatur Kadar Gula Dalam Darah

Seorang yang mengalami diabetes bisa mencoba mengkonsumsi mentimun. Buah mentimun juga dapat mengatur serta Menurunkan kadar gula dalam darah karena mentimjun mengadung mineral mangan yang berperan selama proses sintesa hormon insulin dalam tubuh.

Manfaat timun bisa turunkan gula darah, Beberapa riset pada hewan eksperimen mendapati jika manfaat mentimun bisa menolong kurangi kandungan gula darah dan menahan beberapa kompleksitas diabetes. Salah satunya riset yang mempelajari efek bermacam tanaman terhadap gula darah. Mentimun bisa dibuktikan secara efisien kurangi dan mengatur kandungan gula darah.

Riset yang dilaksanakan yaitu pada hewan yang menginduksi diabetes pada tikus dan menambahnya dengan konsentrat kulit ketimun. Kulit mentimun kurangi sejumlah besar pengubahan berkaitan diabetes dan mengakibatkan penurunan gula darah.

Tetapi, bukti sekarang ini terbatas pada riset hewan. Riset selanjutnya dibutuhkan untuk tentukan bagaimana mentimun bisa memengaruhi gula darah pada manusia.

9. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Pada cuaca yang tidak menentu sehingga menurunkan daya tahan tubuh. Mengkonsumsi mentimun yang memiliki kandungan Vitamin C dapat berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh dan sistem kekebalan tubuh.

10. Mencegah Dehidrasi

Buah mentimun yang banyak memilki kandungan air dapat mencegah tubuh mengalami Dehidrasi. Cek Manfaat konsumsi air putih 
 
Manfaat timun dapat menjaga tubuh selalu terhidrasi. Manfaat timun bisa jaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Karena mentimun terbagi dalam seputar 96% air, mereka benar-benar efisien dalam tingkatkan hidrasi dan bisa membantu kita penuhi keperluan cairan harian yang dibutuhkan. Pasalnya air penting untuk peranan tubuh kita, dan mainkan banyak peranan penting dalam kesehatan badan. Air berperanan pada proses seperti penataan temperatur dan perputaran gizi dan tubuh.

Kenyataannya, hidrasi yang pas bisa mempengaruhi segala hal, dimulai dari performa fisik sampai metabolisme. Kecuali penuhi sejumlah besar keperluan cairan kita sama air minum atau cairan lain, sebagian orang kemungkinan memperoleh sekitar 40% dari keseluruhan konsumsi air dari makanan.

Buah-buahan dan sayur, terutamanya, menjadi sumber air yang bagus di dalam makanan kita.

Dikutip dari Healthline, dalam sebuah study, status hidrasi dipandang dan catatan makanan dihimpun dari 442 anak-anak. Mereka mendapati jika kenaikan konsumsi buah dan sayur dihubungkan dengan kenaikan status hidrasi.

11. Mencegah Kanker

Kandungan yang baik seperti Lariciresol, pinoresol, dan secoisolariciresinol dalam buah mentimun dapat menghambat dan mencegah kanker dalam sistem tubuh.

Manfaat timun membantu melawan infeksi dalam tubuh dan kurangi resiko kanker. Manfaat timun bisa membantu turunkan respons infeksi dalam badan. Buah timun memiliki kandungan polifenol yang disebutkan lignan, yang mempunyai potensi kurangi resiko kanker dan penyakit kardiovaskular tertentu.

Mentimun memiliki kandungan gizi tanaman yang disebutkan cucurbitacins, yang mempunyai karakter anti-kanker. Beberapa periset sudah memperlihatkan jika keberlangsungan hidup sel kanker bisa dihambat oleh rutinitas cucurbitacins.

12.  Menjaga Kesehatan Mata

Menjaga kesehatan mata dapat mengkonsumsi Vitamin A. Pada buah mentimun juga memilki kandungan Vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Jadi manfaat timun untuk mata sangat bagus sehingga mata tetap sehat dan segar.

13. Menjaga Kesehatan Gigi

Mengkonsumsi mentimun dapat menetralkan asam dan basa dalam mulut sehingga dapat menjaga gigi dan gusi tidak mudah terserang virus.

14. Menjaga Kesehatan Kulit

Mengkonsumsi langsung atau dibuat masker mentimun dapat memberikan efek baik pada kesehatan kulit. Selain itu mentimun dapat menjadi obat tradisional untuk masalah kulit.

Manfaat timun dipercaya dapat menenangkan kulit kita loh. Memakai beberapa potongan timun pada mata bengap sesungguhnya benar-benar masuk akal. Bubur mentimun khususnya terbagi dalam air, vitamin C, dan asam caffeic, sebagai bahan kimia alami yang mempunyai karakter anti-inflamasi.

Kandungan pada timun memacu dampak menenangkan di kulit, dan kurangi iritasi dan bengkak kulit. Untuk ini mentimun sudah lama dioleskan sebagai obat rumahan untuk kulit terbakar dan jerawat.

15. Membantu Menurunkan Panas Demam

Caranya, Ambil buah mentimun yang bersih lalu diparut dan parutan mentimun letakan pada dahi. Cara ini mampu membantu menurunkan Panas Demam.

16. Tingkatkan Kesehatan Tulang

Timun mempunyai gizi paling dominan dari mentimun ialah vitamin K, sebagai kunci dalam mempertahankan kesehatan tulang. Secangkir/ mangkok mentimun dan kulitnya sebagai 20% dari sasaran harian yang dianjurkan untuk pemenuhan vitamin K untuk badan.

Manfaat timun ini dibutuhkan untuk pembangunan tulang, dan sudah dijumpai riset menyambungkan kandungan vitamin K yang rendah dengan osteoporosis dengan tingginya resiko patah tulang.

17. Menjaga Kesehatan Otak

Manfaat timun dipercayai bisa membuat perlindungan Otak dari penyakit seperti penyakit Neurologis. Zat anti-inflamasi yang disebutkan fisetin ada dalam mentimun, dan anggur dan strobery. /

Belakangan ini sudah dianjurkan jika fisetin mainkan peranan penting dalam kesehatan otak. Karena fisetin mempunyai kekuatan untuk kurangi resiko penyakit neurologis yang terkait dengan umur pada peranan otak, dan itu akan menolong menjaga peranan kognitif ke orang dengan penyakit Alzheimer

18. Menjaga Berat Badan yang Ideal

Mentimun benar-benar rendah kalori yakni seputar 16 kalori per cangkirnya. Buah hijau panjang itu memiliki kandungan serat pada kulitnya. Dan makanan yang memiliki kandungan serat bisa membantu jaga berat tubuh yang ideal dan sehat.

Ada beberapa langkah Anda dapat nikmati mentimun, yakni dapat dimakan mentah dalam salad sebagai makanan tambahan, maupun difermentasi sebagai acar, dan sebagai juice sayur. Upayakan pilih mentimun yang ditanamam secara organik karena mentimun tempati rangking kesembilan makanan yang paling mudah tercemar oleh Kelompok Kerja Lingkungan.

19. Kurangi Berbau Mulut

Manfaat timun bisa menolong anda dalam menangani permasalahan bau mulut. Bau mulut umumnya disebabkan karena bakteri dalam mulut. Serat dan sayur yang kaya air seperti mentimun bisa tingkatkan produksi air liur mulut Anda, yang pada gilirannya menolong hilangkan bakteri yang mengakibatkan berbau di mulut.

20. Mengatasi Asam Lambung

Apakah timun bisa menyembuhkan asam lambung? Timun dipercayai dapat kurangi rasa sakit yang disebabkan asam lambung, bahkan juga dapat mengobati bila dimakan secara teratur.Buah timun memiliki kandungan vitamin B dan C. disamping itu timun sisi buahnya memiliki kandungan saponin, isoquercitrin, cucurbaticin, karoten, asam amino, kalisum, enzim pencernaan, dan fosfor. Sedang timun sisi daunnya memiliki kandungan cucurbitacin C dan stigmasterol. Timun sisi bijinya banyak terkandung minyak karoten dan lemak.

Manfaat timun untuk asam lambung atau menyembuhkan asam lambung, sisi timun yang digunakan ialah buahnya.

Awas! Anda tidak boleh sembarangan konsumsi timun untuk menurunkan asam lambung. Karena, ada ketentuan dan langkah konsumsi ketimun supaya efisien menurunkan asam lambung. Pilihlah timun yang fresh, lalu Anda bersihkan sampai bersih timun di bawah air mengucur. Anda kupas kulit dan buang biji timun. Anda potong timun memanjang dengan ketebalan seputar 1 cm. Anda makan timun itu sekitar dua potong tiap dua jam.

21. Baik untuk pertumbuhan janin

 Manfaat mentimun untuk ibu hamil bagus untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan janin. Timun memiliki kandungan Vitamin C, B1, B2, B3, asam folat, seng, kalium, magnesium, dan zat besi - yang semua penting untuk kemajuan janin, hingga menahan abnormalitas pertumbuhan. Disamping itu timun mencegah dan menangani sembelit pada ibu hamil. Timun mempunyai kandungan serat yang tinggi. Maknanya, dapat bantu permasalahan sembelit atau wasir yang kerap ada selama saat kehamilan.

Apakah mentimun aman untuk ibu hamil? Resiko timun untuk ibu hamil, Beberapa resiko yang dapat dirasakan ibu hamil jika kebanyakan konsumsi timun seperti Gas usus (Intestinal gas) yakni permasalahan umum jika ibu hamil kerap konsumsi timun sepanjang kehamilan. Anda pun kemungkinan alami masalah sendawa dan pencernaan. Lalu, Kerap buang air kecil, Karena timun berkadar air yang tinggi, Anda kemungkinan perlu berkunjung kamar mandi sering karena kerap buang air kecil. Ini bisa mengakibatkan tidak nyamannya bergantung pada trimester kehamilan. 

 So, Bolehkah hamil muda makan timun mentah? Ya, konsumsi timun saat hamil memang diperbolehkan, tetapi tidak boleh mengkonsumsinya terlalu berlebih, apa lagi bila Mama mempunyai alergi pada sayur yang satu ini. Lepas dari itu, konsumsi timun memang rupanya memberi banyak manfaat untuk ibu hamil.

 Efek Samping Timun

Konsumsi timun terlalu berlebih dapat memunculkan efek samping yang beresiko untuk kesehatan. Untuk menghindari bahaya timun, ketahui bermacam efek samping timun ini. Efek samping timun yang perlu diperhatikan, Timun sesungguhnya ialah sayur yang relatif aman untuk dimakan setiap hari. Tetapi, saat kita kebanyakan mengkonsumsinya, ada efek yang dapat muncul. Berikut ialah efek samping timun yang penting Anda diperhatikan.

1. Mengganggu proses pembekuan darah

Ketimun memiliki kandungan vitamin K yang cukup tinggi. Saat Anda mengkonsumsinya dalam jatah yang banyak, proses pembekuan darah pada tubuh bisa terganggu karena kandungan vitamin K yang begitu tinggi dalam badan. Bila Anda sedang konsumsi beberapa obat pencair darah seperti warfarin, sebaiknya tidak konsumsi banyak ketimun. Bila perlu, konsultasilah pada dokter saat sebelum konsumsi ketimun.

2. Mengakibatkan alergi

Efek samping timun bisa undang alergi sebagian orang pernah ketahuan alami alergi pada timun. Bila Anda diantaranya, seharusnya jauhi timun berbentuk apa pun. Bermacam tanda-tanda alergi timun mencakup:
Berhati-hati, efek samping timun yang ini bisa memunculkan anafilaksis atau reaksi alergi yang paling berbahaya. Cepatlah tiba ke dokter bila Anda alami napas sesak sesudah makan ketimun.

3. Memiliki kandungan senyawa yang dapat beracun

Menurut bermacam study, kandungan buah timun, seperti cucurbitacin dan tetracylic triterpenoid, bisa memunculkan dampak toksin dalam badan. Ke-2 senyawa berikut yang memberi sedikit rasa pahit saat Anda konsumsi timun.

Beberapa pakar bahkan juga mengatakan jika konsumsi timun terlalu berlebih bisa memberikan ancaman nyawa. Oleh karena itu, awasi jatah ketimun Anda dan tidak boleh terlalu berlebih dalam memakannya.

4. Mengakibatkan hilangnya cairan dari pada tubuh

Ketimun jadi salah satunya sayur yang memiliki kandungan kandungan air terbanyak. Tetapi siapa kira, efek samping timun bisa mengakibatkan hilangnya cairan pada tubuh?

Biji timun memiliki kandungan cucurbitin, yaitu senyawa yang mempunyai karakter diuretik hingga intensif buang air kecil makin meningkat. Namun, karakter diuretik timun termasuk enteng. Itu kenapa saat konsumsi timun dengan jumlah yang lumrah dipandang aman.

Tetapi, saat Anda konsumsi timun kebanyakan, cucurbitin akan mengakibatkan badan kehilangan cairan hingga kesetimbangan elektrolit tidak terjaga.

5. Kelebihan vitamin C

Timun memiliki kandungan kandungan vitamin C yang cukup melimpah. Gizi ini benar-benar sangat penting untuk jaga mekanisme imun badan dari penyakit, seperti penyakit flu atau pilek. Vitamin C sebuah anti-oksidan yang dapat menantang radikal bebas.

Tetapi, saat Anda konsumsi ketimun kebanyakan, kandungan vitamin C yang terlalu berlebih itu justru dapat serang badan. Ini dapat mengakibatkan timbulnya radikal bebas yang sanggup menyebabkan hadirnya penyakit.

6. Mengakibatkan perut kembung

Efek samping kelebihan timun bisa akibatkan kekembungan. Sama seperti yang telah diterangkan di atas, ketimun memiliki kandungan cucurbitacin. Senyawa ini bisa mengakibatkan terganggunya mekanisme pencernaan, khususnya mereka yang mempunyai mekanisme pencernaan sensitif. Bahkan juga, konsumsi cucurbitacin kebanyakan dipercayai bisa mengakibatkan perut kembung.

Bila Anda pernah merasakan perut kembung karena konsumsi bawang, kubis, sampai brokoli, dianjurkan tidak untuk konsumsi timun dengan jumlah yang tinggi.

Tips pilih timun di pasar

Saat ingin beli ketimun, pasti Anda ingin ketimun yang sedap dan fresh untuk dimakan. Untuk mendapatkan manfaat optimal, kamu harus pandai saat menentukan timun. Ditambah lagi jika ingin menjadikan sebagai menu reguler dalam diet. Berikut ialah panduan pilih ketimun supaya Anda memperoleh yang terbaik.

Warna hijau gelap, Belilah ketimun dengan warna hijau gelap karena ketimun yang warna hijau muda mengisyaratkan umurnya yang telah tua dan tidak fresh lagi. Ketimun warna jelas memiliki kualitas yang lebih baik dibanding sama yang warna gelap. Seharusnya kamu tidak pilih timun dengan warna yang telah kelihatan kusam.

Memiliki ukuran ramping dan kecil, Ketimun yang memiliki ukuran ramping dan kecil dipercayai mempunyai biji yang lebih sedikit. Oleh karena itu, jauhilah beli timun yang memiliki ukuran begitu besar karena dipandang memiliki kandungan jumlah biji yang banyak.

pilih timun organik, Beberapa timun yang dipasarkan di pasar sudah dibalurkan pengawet makanan. Oleh karenanya, seharusnya Anda tentukan timun yang organik.

Hindari pilih timun yang ujungnya sudah berkerut. Hal itu memperlihatkan bila ketimun alami dehidrasi dan umumnya rasanya pahit.

Tentukan timun yang keras saat digenggam. Bila berasa benyek itu bermakna kandungan air didalamnya banyak berkurang.

Cara Mengupas Timun

Langkah kupas timun supaya tidak pahit bagus untuk makan langsung/ untuk hiasan atau lalapan. Rasa pahit pada ketimun dapat disebabkan karena bermacam factor. Dimulai dari permasalahan pemupukan timun tersebut sampai masalah irigasi dan temperatur. Tetapi juga bisa karena langkah mengupas timun yang salah. Nach, langkah yang ini kerap dipercayai sebagai langkah yang paling baik supaya ketimun tidak pahit. Gampang kok triknya,langsung ya turuti cara-caranya di sini.

Langkah-Langkahnya mengupas timun:

1. Dengan pisau yang tajam, potong pangkal sisi atas ketimun. Gosok sisa potongan sampai getahnya keluar. Kupas timun dengan pisau pada ujung timun sebagai tempat perkembangan bunga. Selanjutnya irislah kulit timun sampai dekati akhir tangkai dan stop kupas saat tinggal 1 inch dari Batang.

2. Potong pangkal sisi bawah. Kupas lebih tebal di bagian dekat ujung tangkai ketimun di mana sejumlah besar rasa pahit terpusat. Bersihkan kembali sampai bersih.

3. Kupas kulit timun searah dari pangkal sisi bawah sampai sisi atas. Basuh pisau sama air mengucur untuk hilangkan sari pahit. Kupas kembali ketimun, diawali pada ujung pertumbuhan bunga ke ujung batang selanjutnya kerjakan sampai semua kupasan tuntas. Basuh pisau setiap anda kupas tiap sisi timun.

Potong timun jadi dua bagian. Mengeluarkan bijinya dengan memakai sendok. Timun yang telah tua kerap memiliki biji yang pahit dan dapat memengaruhi rasa timun.

4. Potong timun dan bersihkan kembali sampai bersih.

Alternative Mengupas timun yang lain dengan menaburkan garam. Triknya potong timun jadi dua sisi memanjang, tabur garam lalu gosokkan. Nanti zat berbuih warna putih akan keluar, baru kemudian bersihkan sama air sampai bersih.

Sekian informasi Khasiat Buah Mentimun Bagi Kesehatan Tubuh. Semoga bermanfaat
Masriko.Com sebuah website sebagai media informasi yang membahas tentang infomasi tutorial terbaru.