Khasiat Buah Mentimun Bagi Kesehatan Tubuh

Khasiat Buah Mentimun Bagi Kesehatan TubuhBuah Mentimun memiliki ciri yang khas warnanya yang hijau muda/tua dengan sedikit putih. Bentuk dari buah Mentimun ialah memanjang lonjong. Buah timun yang didalamnya memilki banyak kandunga air sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh.
Nah buah mentimun bisa juga untuk lalapan saat makan, selain itu potongan buah mentimun sebagai lalapan dapat juga Buah mentimun untuk wajah. Selain itu manfaat jus buah mentimun juga dapat sebagai Diet.

Nah selain itu konsumsi buah mentimun rebus juga dapat mengatasi penyakit darah tinggi.

Kandungan Buah Timun

Kandungan                Jumlah
Energi 15 kcal 1%
Karbohidrat3,63 g 3%
Protein0,65 g 1%
Lemak0,11 g 0,5%
Serat0,5 g 1%
Folat7 mg 2%
Niacin0,098 mg 1%
Asam Pantotenat0,259 mg 5%
Pyridoxine0,040 mg 3%
Riboflavin0,033 mg 3%
Thiamin0,027 mg 2%
Vit. A 105 IU 3,5%
Vit. C2,8 mg 4,5%
Vit. E0,03 mg 
Vit. K16,4 mg 13,6%
Sodium2 mg
Kalium147 mg 3%
Kalsium16 mg 1,6%
Besi0,28 mg 3,5%
Magnesium13 mg 3%
Mangan0,079 mg 3,5%
Fosfor24 mg 3%
Seng0,20 mg 2%

Buah mentimun memiliki kandungan lainnya seperti Vitamin A,B1,B2,B6,B12,C, dan D, dan Natrium. Pada biji buah mentimun juga dapat mengatasi penyakit cacingan.

Nah di Indonesia Buah mentimun sudah banyak dikenal sebagai menu makan atau sebagai lalapan, namun tidak banyak orang tahu manfaat lain dari buah mentimun. Berikut ini Khasiat Buah Mentimun Bagi Kesehatan Tubuh, cek!!

1. Menghilangkan Jerawat


Untuk menghilangkan jerawat kita bisa menggunakan buah mentimun caranya, ambil timun yang masih segar dan di cuci bersih. Lalu di iris – iris dan tempelkan / digosok – gosok pada area yang berjerawat. Cara ini dapat dilakukan setiap hari untuk hasil yang maksimal.

Baca Juga :
* Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan Alami

2. Membantu Menghilangkan Flek Hitam Pada Kulit


Caranya,  ambil bagian ujung mentimun sedang lalu diparut. Dan masukan wadah lalu campurkan setengah sendok makan air parutan kunyit. Dan oleskan pada area yang ada flek hitam. Cara ini dapat dilakukan setiap hari sampai mendapatkan hasil yang memuaskan.

3. Melegakan Tenggorokan


Caranya cukup masukan biji mentimun kedalam wadah lalu tambahkan sedikit garam serta air dan gunakan untuk berkumur kemudian diminum.

4. Mengatasi Sariawan


Buah mentimun dapat mengatasi penyakit sariawan, caranya cukup mengkonsumsi buah mentimun setiap hari dengan rutin.

5. Menurunkan / Mengontrol Tekanan Darah Tinggi


Buah mentimun dapat menurunkan / mengontrol tekanan darah tinggi. Caranya cukup mengkonsumsi Jus mentimun atau mentimun  rebus atau juga konsumsi mentimun langsung.

6. Melancarkan Pencernaan


Bagi yang sedang mengalami gangguan pada pencernaan dapat mencoba mengkonsumsi buah mentimun. Kandunga serat yang baik dalam buah mentimun dapat mengatur dan mengatasi masalah pencernaan.

7. Menjaga Kesehatan Ginjal


Mengkonsumsi langsung atau dibuat jus timun mampu menjaga kesehatan dan membantu kinerja ginjal.


8. Mengatur Kadar Gula Dalam Darah


Seorang yang mengalami diabetes bisa mencoba mengkonsumsi mentimun. Buah mentimun juga dapat mengatur serta Menurunkan kadar gula dalam darah karena mentimjun mengadung mineral mangan yang berperan selama proses sintesa hormon insulin dalam tubuh.

9. Menjaga Daya Tahan Tubuh


Pada cuaca yang tidak menentu sehingga menurunkan daya tahan tubuh. Mengkonsumsi mentimun yang memiliki kandungan Vitamin C dapat berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

10. Mencegah Dehidrasi


Buah mentimun yang banyak memilki kandungan air dapat mencegah tubuh mengalami Dehidrasi. Cek Manfaat konsumsi air putih 

11. Mencegah Kanker


Kandungan yang baik seperti Lariciresol, pinoresol, dan secoisolariciresinol dalam buah mentimun dapat menghambat dan mencegah kanker dalam sistem tubuh.

12.  Menjaga Kesehatan Mata


Menjaga kesehatan mata dapat mengkonsumsi Vitamin A. Pada buah mentimun juga memilki kandungan Vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Sehingga mata tetap sehat dan segar.

13. Menjaga Kesehatan Gigi


Mengkonsumsi mentimun dapat menetralkan asam dan basa dalam mulut sehingga dapat menjaga gigi dan gusi tidak mudah terserang virus.

14. Menjaga Kesehatan Kulit


Mengkonsumsi langsung atau dibuat masker mentimun dapat memberikan efek baik pada kesehatan kulit.

Baca Juga :
* Cara Mengatasi Panu Secara Tradisional

15. Membantu Menurunkan Panas Demam


Caranya, Ambil buah mentimun yang bersih lalu diparut dan parutan mentimun letakan pada dahi. Cara ini mampu membantu menurunkan Panas Deman.

Sekian informasi Khasiat Buah Mentimun Bagi Kesehatan Tubuh. Semoga bermanfaat.

19.44 - tanpa komentar