-->

Cek Manfaat Konsumsi Buah Jambu Biji Bagi Kesehatan

Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan, Manfaat yang baik dari buah jambu biji dapat menjaga kesehatan tubuh dari berbagai radikal bebas.
jambu biji, manfaat jambu biji, efek samping jambu biji, manfaat jambu air, manfaat buah jambu,kalori jambu air, manfaat jambu, manfaat daun jambu, buah jambu, daun jambu klutuk, jambuair, jambu,manfaat daun jambu biji, manfaat jambu kristal, jambu batu
Jambu biji atau dalam bahasa latinnya Psidium Guava, dapat tumbuh subur di tanah air Indonesia. Buah yang satu ini memilki rasa yang enak dan memiliki biji didalamnya. Daging buah jambu biji yang lunak dan enak sehingga menjadi favorit banyak orang.

Mengkonsumsi jambu biji juga dapat dikreasikan seperti di jus atau juga bisa langsung dimakan.

Apa Manfaat dan Kandungan Buah Jambu Biji



Kandungan                Jumlah      %
Asam pantotenat 0.451 mg  9%
Air 86 gram -
Besi 0,26 mg  3%
Crypto-xanthin-ß 0 mcg -
Energi 68 Kcal  3,5%
Folates 49 mcg  12,5%
Fosfor 11 mg  2%
Thiamin 0,067 mg  5,5%
Total Lemak 0,95 g  3%
Vitamin A 624 IU  21%
Vitamin B6 - 5%
Vitamin B12 - -
Vitamin C 228 mg  396%
Vitamin D --
Vitamin E 0,73 mg  5%
Vitamin K 2.6 mcg  2%
Kalium  417 mg  9%
Kalsium 18 mg  2%
Karbohidrat 14,3 g  11,5%
Kolesterol 0 mg  0%
Lycopene 5204 mcg -
Magnesium 22 mg  5,5%
Mangan 0,150 mg  6,5%
Natrium 2 mg  0%
Niacin 1,084 mg  7%
Protein 2,55 g  5%
Potassium 417mg 11%
Pyridoxine 0,110 mg  8,5%
Riboflavin 0,040 mg  3%
Selenium 0.6 mcg  1%
Seng 0,23 mg  2%
Serat 5.4 g  14%
ß-karoten 374 mcg -
Tembaga 0,230 mg  2,5%
Elektrolit - -
Mineral- -
Phyto-nutrisi--


Manfaat Jambu Biji

Selain rasanya yang enak buah jambu biji memiliki manfaat kebaikan bagi kesehatan. Buah ini lebih banyak disukai orang karena rasanya yang beri kesegaran dan harga termasuk murah. Ini karena, dibalik rasanya yang beri kesegaran, buah jambu biji bisa dibuktikan menyimpan bermacam kegunaan untuk kesehatan.Cek Manfaat Konsumsi Jambu Biji Bagi Kesehatan berikut ini:

1. Menjaga Kesehatan Mata

Semakin menua maka kesehatan mata juga akan menurun, nah dengan rutin mengkonsumsi Jambu  biji yang kaya vitamin A dan C dapat mencegah serta menjaga kesehatan mata dari kerusakan. Kekurangan minum air putih juga dapat merusak kesehatan mata.

Dalam 100 g jambu biji mengandung vitamin A 25 SI.  Health Line, vitamin A terhitung gizi penting yang berperan dalam banyak proses tubuh, salah satunya yaitu:

- Peranan kekebalan tubuh
- Kesehatan reproduksi
- Kesehatan kulit
- Perkembangan tubuh
- Mempertahankan kesehatan mata atau peranan penglihatan

Baca Juga  :
*  Tips menjaga kesehatan mata

Salah satu jambu biji yang dapat menyehatkan mata seperti jambu biji kristal. Manfaat jambu biji kristal untuk kesehatan yang dapat menyehatkan mata. Hal ini tak lain karena didalam jambu biji kristal memiliki kandungan vitamin A yang bermanfaat untuk mencegah infeksi mata dan penyakit mata.

2. Mengobati Diare

Jambu biji dapat membantu mengobati gangguan pada perut seperti Diare. Mengkonsumsi jambu biji dapat membantu mengurangi pertumbuhan bakteri yang menyebabkan diare.

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Rutin mengkonsumsi buah jambu dapat menjaga kesehatan kulit sehigga kulit lebih sehat dan cerah. Pada buah jambu memilki Vitamin A dan Vitamin C yang dibutuhkan oleh kulit. Anda bisa menggunakan daging dan biji jambu sebagai scrub dan masker wajah. Apa saja khasiat jambu biji bagi kulit, apa manfaat jambu biji untuk wajah? Manfaat Jambu Biji bagi Kecantikan seperti:

  • Mengencangkan kulit wajah. 
  • Toner.
  • Anti-Penuaan.
  • Melindungi kulit dari sinar UV.
  • Meningkatkan warna kulit.
  • Mengobati jerawat dan bintik-bintik hitam.
  • Mengatasi komedo dan gatal di kulit.


4. Mencegah Sakit Flu

Pada perubahan cuaca yang tidak menentu dapat menurunkan kekebalan tubuh sehingga tubuh gampang terkena penyakit seperti flu. Rutin mengkonsumsi jambu biji dapat mencegah tubuh dari serangan virus flu.

Baca Juga :
* Obat Tradisional Meredakan Batuk Ringan

5. Dapat Melangsingkan Tubuh

Bagi orang yang sedang diet, jambu biji bisa menjadi pilihan yang tepat karena jambu biji memiliki kandungan yang baik seperti Serat, Protein, Vitamin yang dibutuhkan tubuh saat diet. Kandungan serat dalam jambu biji dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama sehingga dapat menunda anda untuk ngemil.

Merilis Medical News Today, kandungan gizi dalam 100 g buah jambu biji diantaranya:

KalorI: 68 kkal

Karbohidrat: 14.32 gr

Gula: 8.92 gr

Lemak: 0.95 gr

Serat: 5,4 gr

Potasium: 417 miligram

Vitamin C: 228.3 miligram

Vitamin A: 624 international units (IU)

Karena rendah kalori dan memiliki kandungan serat tinggi, jambu biji jadi bahan makanan yang ramah untuk orang yang jalani diet dan program penurunkan berat tubuh. Serat dalam jambu biji dapat membuat Anda kenyang lebih lama.

Dalam kata lain, buah ini dapat jadi opsi bila Anda sedang cari cemilan yang pas untuk turunkan berat tubuh.

5. Membuat Awet Muda 

Zat antioksidan dan Vitamin C dalam jambu biji dapat membuat awet muda. Rutin Mengkonsumsi jambu biji dapat membuat tubuh terlihat segar dan tampak muda. Vitamin C dan Lycopene dalam jambu biji juga dapat mempercepat regenerasi kulit serta meningkatkan daya tahan tubuh.

6. Membantu menyembuhkan demam berdarah (DBD)

Demam Berdarah (2008) oleh dr. Genis Ginanjar, walau riset tentang manfaat jambu biji dan daunnya belum kebanyakan dites secara medis, tidak ada salahnya memberi jambu biji ke pasien DBD.

Karena, buah tropis, manfaat jambu biji ini terhitung makanan yang memiliki kandungan vitamin C tinggi. kandungan vitamin C dalam jambu biji dapat capai 3-6 kali lipat semakin banyak daripada jeruk dan 10 kali lebih semakin banyak dari pepaya.

Kandungan vitamin C yang ada dalam daging buah jambu biji bisa berguna sebagai pencegah kerapuhan (fragilitas) kapiler pembuluh darah, dan langsung kurangi resiko pendarahan pada pasien gejala DBD.

Sudah diketahui, aktualisasi pendarahan pada pasien demam berdarah bergantu pada tiga factor, yaitu:

- Factor jumlah trombosit
- Factor kerapuhan pembuluh kapiler darah
- Factor komponen pembekuan darah

7. Menjaga Tekanan Darah

Disamping itu, jambu biji berperanan dalam jaga tekanan darah pada keadaan maksimal. Karena, jambu biji sebagai sumber potasium yang baik.  yang berat, peranan potassium bisa menahan berlangsungnya terguncang karena pengurangan tekanan darah yang tidak terkontrol.

Jika tekanan darah kita normal yang terjadi yaitu jantung akan berdetak normal. Manfaat jambu biji untuk jantung yaitu jaga keteraturan detak jantung. Jambu biji memiliki kandungan kalium yang bisa berperan tingkatkan kedisiplinan detak jantung, aktifkan kontraksi otot, mengantur pengangkutan beberapa zat nutrisi ke sel badan, dan turunkan kandungan cholesterol keseluruhan dan mencegah tekanan darah tinggi (hipertensi).

8. Menyembuhkan Sariawan

Manfaat jambu biji dipercaya bisa menyembuhkan sariawan, secara ilmiah jambu biji memiliki kandungan vitamin C tinggi, jambu biji dapat digunakan untuk menolong menyembuhkan sariawan atau gusi lebam.  karena, vitamin C berperanan pada proses pengobatan cedera dan membuat daya tahan tubuh melawan infeksi.

Kandungan vitamin C jambu biji mencapai pucuknya saat mendekati matang. mengkonsumsi jambu biji saat masak akan lebih bagus bila dibandingkan dengan saat sebelum terlalu masak atau masak.

Diperkuat oleh sebuah buku dari: Budaya dan Ragam Pemafaatnnya (2007) oleh Primin, SP, sejumlah besar vitamin C jambu biji terpusat di kulit dan daging sisi luarnya yang tebal dan lunak.

9. Membuat lancar sistem pencernaan

Jambu biji memiliki kandungan senyawa tanin yang memunculkan rasa sepat pada buah, tapi berguna membuat lancar sistem pencernaan dan perputaran darah, dan serang virus.

10. Turunkan Cholesterol

Disamping itu, jambu biji kaya serat, terutamanya pektin atau serat larut air yang berguna untuk turunkan cholesterol dengan mengikat cholesterol dan asam empedu pada tubuh dan menolong pengeluarannya.

11. Jaga daya tahan tubuh sampai mencegah kanker

Dalam jambu biji ditemukan likopen, yaitu zat karotenoid (pigmen penting dalam tanaman) yang mempunyai aktivitas anti-oksidan dalam meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan kanker. Jambu biji yang banyak terkandung likopen khususnya jambu biji yang mempunyai daging merah.

12. Mencegah Anemia

Vitamin C yang terdapat dalam jambu biji bisa membantu tubuh dalam penyerapan zat besi. zat besi dibutuhkan badan untuk banyak kepentingan, tanpa zat besi yang cukup, badan tidak bisa menghasilkan cukup hemoglobin, protein dalam sel darah merah yang berfungsi bawa oksigen ke jaringan badan.

Akibatnya, seorang kemungkinan berasa kecapekan, muda tersinggung, sesak nafas, dan jantung berdebar-debar sebagai tanda-tanda anemia.

13. Turunkan kandungan gula darah

Merilis Buku Jamu Ajaib Penakluk Diabetes (2013) oleh Ning H dr dan armanto. Prapti Khusus, jambu biji memiliki kandungan banyak serat dan anti-oksidan (vitamin A, vitamin C, betakaroten, dan asam folat) yang bisa membantu turunkan kandungan gula darah.  itu saja, jambu biji kaya kalsium, kalium, zat besi, dan vitamin B yang bermanfaat untuk badan.

Salah satu jambu yang membantu mengatasi gula darah seperti jambu biji putih. Apa manfaat jambu biji putih? Manfaat jambu biji putih, kontrol gula darah hingga cegah infeksi, meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C dalam jambu air membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Efek Samping Jambu Biji Merah

Sesudah ketahui bermacam manfaat jambu biji, selanjutnya ada banyak efek samping jambu biji yang penting diperhatikan. Efek samping jambu biji ini berkaitan pada beberapa keadaan kesehatan tertentu, dimulai dari ibu hamil atau menyusui, pasien eksim, sampai diabetes.

Anda yang memiliki beberapa resiko ini perlu memerhatikan efek samping jambu biji secara baik supaya masih aman dimakan dan tidak memunculkan masalah parah. Berikut sejumlah efek samping jambu biji yang penting Anda pahami :

1. Mengakibatkan Mual
Jambu biji dapat memunculkan reaksi mual bahkan juga sakit di perut pada sebagian orang saja. Bila diminum dengan lumatkan atau langsung dikonsumsi atau diekstrak sebagai obat baik dan aman bila dimakan dalam periode saat yang pendek saja.

2. Mengakibatkan Iritasi Kulit
Jambu biji yang dipakai untuk penyembuhan kulit dengan diektrak lebih dulu lalu diterapkan di kulit bisa mengakibatkan irtasi kulit pada beberapa orang atau mereka yang mempunyai kulit yang sensitif. Manfaat daun jambu biji yang dikonsentrat memiliki kandungan bahan kimia yang bisa mengakibatkan iritasi kulit, khususnya pada pasien keadaan kulit seperti eksim. Bila Anda alami eksim, pakai ekstrak daun jambu biji dengan hati-hati.

3. Turunkan Gula Darah
Jambu biji dipercayai bisa turunkan gula darah, namun kamu harus berhati - hati dalam konsumsi jambu biji sebagai penurun gula darah. Tanyakan lebih dulu ke dokter specialist supaya lebih terjaga keamanan, bila tidak dapat memunculkan persoalan lainnya.

4. Tingkatkan Pendarahan
Jambu biji bisa tingkatkan risiko pendarahan dan menggangu gula darah. Bila kamu dalam jalankan proses pembandinghan operasi tidak disarankan konsumsi jambu biji sekurang minimnya dua minggu saat sebelum agenda operasi.

5. Untuk ibu Kehamilan dan menyusui
Jambu biji aman jika dimakan sebagai makanan. Tetapi tidak ada cukup info yang bisa dipercayai untuk ketahui apa jambu biji aman dipakai sebagai obat saat menyusui atau hamil. Anda dapat konsumsi jambu biji seperlunya untuk konsumsi setiap hari.

Sekian artikel Cek Manfaat Konsumsi Jambu Biji Bagi Kesehatan yang mudah didapat disekitar kita. Semoga bermanfaat.

Masriko.Com sebuah website sebagai media informasi yang membahas tentang infomasi tutorial terbaru.