Baca Yuk.. Manfaat Yang Didapat Mengkonsumsi Buah Semangka

Baca yuk.. Manfaat Yang Didapat Mengkonsumsi Buah Semangka


Khasiat Buah Semangka Bagi Kesehatan, Buah semangka merupakan buah yang dapat menghilangkan rasa dahaga rasanya yang segar dan manis.

Buah semangka memiliki beberapa jenis di Indonesia seperti buah semangka kuning dan buah semangka merah. Kedua jenis semangka tersebut memilki manfaat yang sama bagi kesehatan.

Jenis buah semangka diatas juga dapat bermanfaat untuk diet, selain itu juga buah semangka bermanfaat untuk kesuburan bagi pria.

Nah buah semangka ini sebagian besar isinya adalah air yang baik sehingga berdampak besar bagi kesehatan tubuh.

Kandungan Dalam Buah Semangka
https://mazriko.blogspot.com/2017/11/baca-yuk-manfaat-yang-didapat.html
Kandungan                Jumlah
Energi30 kcal 1,5%
Karbohidrat7,6 g 6%
Protein0,6 g 1%
Niacin0,178 1%
Thiamin0,033 mg 3%
Pantothenic acid0,221 mg 4,5%
Pyridoxine0,045 mg 3,5%
Vit. A569 IU 19%
Vit. C8,1 mg 13,5%
Vit. E0,05 mg 0,5%
Sodium1 mg
Potassium112 mg 2,5%
Kalsium7 mg 0,7%
Magnesium10 mg 2,5%
Mangan0,038 mg 1,5%
Zinc0,10 mg 1%
Iron0,24 mg 3%
Buah semangka memiliki kandungan gizi yang baik lainnya seperti Mineral, Karotenoid, fitonutien, Likopen, Vitamin A,B1,B6 dan C. Selain itu zat sitrulin pada buah semangka dapat merilekskan pembulu darah dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Khasiat Buah Semangka Bagi Kesehatan

1. Sebagai Antioksidan

Vitamin C yang ada pada buah semangka dapat membantu sel – sel dalam tubuh tetap sehat, karena memilki unsur sebagai antioksidan tubuh.

2. Sebagai Makanan Diet

Konsumsi buah semangka dapat dapat menyegarkan tubuh karena memiliki air yang berlimpah sehingga tubuh juga dapat merasa cepat kenyang lebih lama. Dan mengurangi rasa ingin makan banyak sehingga dapat menurunkan berat badan.

3. Mengatasi Sariawan

Mengkonsumsi Buah semangka dapat mengatasi Sariawan. Bagian yang baik untuk mengobati sariawan yaitu bagian hijau dekat dengan kulitnya.

4. Mengatasi Hipertensi

Penyakit hipertensi sebaiknya segera diobati karena penyakit tersebut tergolong bahaya. Mengkonsumsi buah semangka dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

5. Membersihkan Ginjal

Konsumsi buah semangka dapat menjaga kesehatan ginjal. Karena buah semangka dapat menstimulasi produksi air yang yang banyak dan meningkatkan jumlah urin yang keluar sehingga dapat membersihkan serta menjaga kesehatan Fungsi Ginjal.

6. Menjaga Keseburan Pria

Menjaga kesuburan pria dapat meningkatkan resiko kehamilan. Didalam buah semangka terdapat zat likopen yang baik sehingga dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma pria.

7. Mengatasi Cacingan

Caranya, biji semangka yang sudah kering sebanyak 5 gram dan dicuci bersih lalu tumbuk hingga halus. Lalu diseduh setengah gelas air panas, lalu diminum selagi hangat.

8. Mencegah Dehidrasi

Kandungan air yang berlimpah pada buah semangka dapat menyegarkan tubuh sehingga dapat mencegah dehidrasi akibat cuaca panas. berikut Manfaat mengkonsumsi air putih

9. Mencegah Diabetes

Buah semangka yang rasanya segar dan manis merupakan sebagian bersarnya adalah air dan serat. Kandungan lain seperti vitamin dan mineral pada buah semangka dapat membantu fungsi insulin dalam tubuh sehingga dapat Mengontrol gula dalam darah.

10. Dapat Meningkatkan Energi

Vitamin B1,B6 dan C merupakan sumber energi tubuh. Dengan mengkonsumsi buah semangka dapat meningkatkan energi yang baik dan alami sehingga membuat anda tetap bernergi dan Bugar sepanjang hari.

11. Mencegah Kanker

Kandungan Likopen dalam buah semangka berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh dan mencegah kanker. Selain itu Vitamin A dan C dapat mencegah radikal bebas dan membantu memperbaiki sel – sel dalam tubuh.

12. Menjaga Kesehatan Jantung

Menghindari lemak dan kolesterol dan mengkonsumsi makanan kaya antioksidan merupakan upaya menjaga kesehatan jantung. Vitamin C yang dimiliki buah semangka dapat membantu mengurangi kolesterol sehingga dapat mencegah masalah pada jantung.

13. Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin A dan C pada buah semangka dapat menjaga kesehatan mata sehingga Mata selalu cerah dan bening.

14. Menjaga Suasana Hati

Suasana hati / mood dapat kita kontrol dengan salah satu caranya yaitu rutin mengkonsumsi beberapa iris semangka setiap hari. Vitamin B dan C yang baik dapat meningkatkan good mod, mengurangi stess dan depresi dan rasa cemas.

Sekian informasi mengenai Manfaat Yang Didapat Mengkonsumsi Buah Semangka. Semoga bermanfaat.

16.56 - tanpa komentar